5 Hal Berfaedah Untuk Petrolheads Kala PPKM Darurat

15/07/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
5 Hal Berfaedah Untuk Petrolheads Kala PPKM Darurat
Rumor PPKM Darurat segera diperpanjang kian mencuat berikut ini tim Cintamobil.com berikan tips untuk 'memanfaatkan' kegiatan dikala PPKM agar lebih berfaedah

Pertumbuhan kasus angka aktif penderita virus Covid19 yang terus meningkat seakan memaksa pemerintah untuk segera melakukan perpanjangan PPKM Darurat. Tak pelak rumor perpanjangan PPKM Darurat segera kian mencuat.

Gambar penyekatan jalan

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berpotensi diperpanjang

Apalagi dengan makin diperbanyaknya penyekatan jalan oleh aparat terkait yang membuat orang harus betah di rumah saja. Tapi, bukan berarti aturan tersebut tak bisa 'diakali', apalagi bagi kaum petrolheads. So, berikut ini tim Cintamobil.com berikan tips untuk 'memanfaatkan' kegiatan dikala PPKM agar lebih berfaedah

1. Servis Berkala Kendaraan

Hal pertama yang dapat dilakukan saat menghabiskan waktu kala Work From Home (WFH) selain bekerja adalah melakukan servis berkala. Lho kok? Eits kami tak mengada-ada, hal ini bisa Anda lakukan dengan mudah tapi ada syarat tertentu.

Foto bengkel Astra Daihatsu

Ke bengkel harus booking dulu ya saat PPKM Darurat

Contohnya pabrikan Daihatsu yang tetap membuka bengkelnya dengan format 25%, "Tapi konsumen harus booking dulu," tutur Hendrayadi Lastiyoso, selaku Division Head Marketing & Customer Relation, Astra International- Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) kepada Cintamobil.com.

Gambar Bengkel Astra Daihatsu

Bengkel relatif sepi pengerjaan bisa lebih cepat

Selain melakukan booking servis, konsumen juga harus 'melacak' bengkel terdekat dari lokasi tinggalnya. Tujuannya agar dalam perjalanan menuju ke bengkel tidak terkendala penyekatan oleh petugas PPKM Darurat.

Foto Daihatsu Zebra Master sedang servis

Petrolheads bisa memanfaatkan 'momen' ini

Ada beberapa keuntungan yang didapat ketika melakukan servis berkala kendara kala PPKM seperti ini. Pertama kendaraan Anda bisa dihandle lebih cepat karena sebelumnya sudah booking sehingga bebas antri. Namun kekurangannya, jika ada part tertentu yang tak ready stock, berpotensi untuk telat datang.

2. Membersihkan Kendaraan

Membersihkan kendaraan bisa jadi kegiatan yang jamak yang dilakukan di masa PPMK seperti ini. Kami juga telah menginfokan beberapa tips dan cara membersihkan kendaraan yang benar. Dan hal tersebut ternyata juga direkomendasikan oleh pabrikan.

Gambar merawat kendaraan Suzuki

Merawat kendaraan bisa jadi solusi mengisi 'waktu luang' kala PPKM Darurat

Menurut Hariadi, selaku Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mobil yang lama tidak dipakai tetap memerlukan perhatian dan perawatan. Beberapa metode perawatan dapat dilakukan oleh pemilik mobil saat di rumah.

3. Pelajari Buku Manual

Membeli sebuah mobil baik dalam keadaan baru maupun bekas, memang terkadang memberikan efek euforia tersendiri. Bahkan, tak jarang efek euforia orang setelah membeli mobil baru maupun bekas seringkalu melupakan keberadaan buku manual kendaraan.

Gambar buku manual Toyota Avanza dan buku servis Toyota Avanza

Buku manual sama pentingnya dengan STNK dan BPKB

Padahal keberadaan buku manual kendaraan itu sangat penting. Karena dalam buku tersebut terdapat berbagai informasi penting yang harus diketahui oleh pemilik kendaraan. Namun sayangnya, kesadaran orang akan pentingnya buku manual kendaraan ini masih rendah.

Gambar tutup radiator Honda Jazz GD3

Banyak informasi penting di buku manual

Padahal banyak informasi yang tersedia didalam buku manual kendaraan atau buku panduan pemilik kendaraan. Selain spesifikasi lengkap teknis kendaraan, juga diberikan langkah-langkah troubleshooting jika mobil Anda terjadi masalah ringan yang tidak diinginkan. Maka, sempatkan untuk baca buku manual ya...

4. Cek Cairan-Cairan Di Mobil

Saat mobil digunakan, cairan-cairan yang ada di mobil selain volume bahan bakar biasanya kerap terlupakan. Padahal, fluida tersebut sangat krusial untuk menunjang operasional kendaraan. Seperti oli mesin, minyak rem, air aki, oli power steering, air radiator dan air wiper.

Gambar master rem

Cek cairan-cairan di mobil saat 'libur' PPKM Darurat

Perlu diketahui part berbentuk cairan termasuk part yang vital. Fungsinya membuat kendaraan bisa dikendarai dengan nyaman dan aman. Perhatian serius dibutuhkan mengingat kualitas dan kuantitasnya semakin menurun seiring pemakaian. Dan kala 'libur' PPKM ini bisa Anda manfaatkan untuk mengecek semua cairan tersebut.

5. Klaim Asuransi

Hal terakhir yang dapat dilakukan oleh para petrolheads untuk mengisi kegiatan pasca WFH adalah dengan memanfaatkan waktu untuk klaim asuransi. Yes, klaim asuransi saat PPKM menurut kami adalah momen yang tepat.

Foto klaim Asuransi Intra Asia

Klaim asuransi bisa lebih cepat saat PPKM Darurat

Sebab bengkel tetap buka karena termasuk industri penunjang, meski kapasitasnya hanya 25%. Selain itu, bengkel bodi repair yang tak terlalu ramai saat PPKM akan memberi benefit tambahan seperti pengerjaan yang lebih cepat dan ahli bodi repair bisa mengerjakan secara lebih rapi serta teliti.

>>> Langkah Sederhana Merawat Mobil di Garasi saat PPKM Darurat

Tags: PPKM Darurat
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Head of Content di Cintamobil.com   About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebe
 
back to top