5 Cara Membuat Kabin Mobil Wangi, Jangan Parkir di Tempat Lembab!

10/02/2021

Perawatan dan service

4 menit

Cara membuat kabin mobil wangi bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Salah satunya adalah Anda bisa menghindari untuk memarkir mobil di tempat yang lembab.

Kenyamanan di dalam mobil ditunjang oleh kondisi kabin yang wangi. Bagi mereka yang mencintai kebersihan, tentunya melihat kabin kotor akan sangat menganggu perjalanan. Tak cuma itu, ada juga bau yang akan ditimbulkan sehingga mengurangi kenyamanan Anda sepanjang jalan. 

Bau di dalam kabin mobil disebabkan oleh berbagai hal dan sebenarnya bisa diantisipasi. Berikut 5 cara membuat kabin mobil wangi dikutip Cintamobil dari laman Hyundai Indonesia, Rabu (10/2/2021). 

kabin

Kabin mobil harus dijaga agar pengendara bisa nyaman

>>> Modifikasi Kabin Pakai Jok Mobil Sport? Sebaiknya Perhitungkan Hal Ini

1. Hindari Parkir di Tempat Lembab

Kondisi tempat parkir yang lembab rupanya juga memberikan dampak ke keharuman kabin. Jangan heran kalau kabin Anda bau meski sudah menggunakan pengharum sekaligus menjaga kebersihannya. Ada baiknya untuk memastikan tempat parkir Anda tidak lembab. 

Memarkir di tempat lembab dapat memicu jamur di panel mobil hingga setir bisa tumbuh. Serangga-serangga kecil yang berdiam di bawah karpet dasar, dan bau tidak sedap dari bagian yang basah dan didiamkan cukup lama dalam suhu lembab. Untuk mengembalikan kesegaran kabin, sebaiknya dibawa ke salon mobil untuk dibersihkan secara mendetail.

2. Jangan Merokok di Dalam Mobil

merokok dalam mobil

Hindari merokok di dalam mobil

Selain memarkir di tempat lembab Anda juga bisa menghindari untuk merokok di dalam mobil. Asap rokok akan menempel di seluruh kabin mobil, dan lama kelamaan akan menimbulkan bau yang cukup mengganggu. Ketika asap dari rokok ini disirkulasikan oleh A/C, akan membuat kabin menjadi bau apek. Abu yang terjatuh pun juga bisa mengotori kabin.

>>> Trik Membuat Jok Mobil Innova Makin Mewah

3. Tak Makan di Dalam Mobil

Makan di dalam mobil juga bisa menyisakan bau tak sedap. Untuk itu sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan di dalam mobil. Bau makanan yang terhisap oleh AC, lama kelamaan bau tak sedap itu akan semakin menjadi. Selain itu remah-remah sisa makanan yang terjatuh akan mengundang serangga-serangga kecil untuk masuk ke dalam kabin mobil. Sisa makanan seperti dari biskuit dan roti juga bisa terhisap oleh A/C dan bisa menurunkan performanya. Sebaiknya hindari kebiasaan makan di mobil.

makan di mobil

Jangan makan di dalam mobil

4. Rutin Bersihkan Filter AC

Perangkat AC akan memutar udara di dalam kabin selama terus menerus. Lama kelamaan akan terjadi penumpukan kotoran atau debu di perangkat filter AC. Kotoran menumpuk inilah yang bisa menimbulkan bau tidak sedap. Tak cuma itu, AC juga bisa tak dingin dibuatnya. Terlebih Anda memiliki kebiasaan untuk membuka kaca jendela ketika berkendara. Sebaiknya rajin bersihkan filter A/C dengan interval minimal setahun sekali.

AC mobil

Rutin bersihkan filter AC mobil

5. Jangan Gunakan Pengharum Berbahan Cair

Hindari penggunaan pengharum kabin yang berbasis zat cair. Pengharum dengan zat cair menggunakan bahan kimia yang mudah menguap bila terkena panas. Ketika menguap, uap kimia ini masuk ke dalam jalur A/C yang bersuhu lembab. Kelembaban ini mengakibatkan zat kimia pengharum mengeluarkan bau asam yang cukup tajam. Semakin parah apabila mobil kerap didiamkan di dalam garasi. Solusinya, bersihkan jalur A/C dan jemur beberapa bagian kabin mobil, seperti jok dan karpet dasar.

Itu tadi sederet cara membuat kabin mobil wangi yang bisa Anda lakukan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kabin, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Hal itu dilakukan agar Anda terhindar dari penularan virus corona. 

>>> Membuat Kabin Mobil Cepat Dingin usai Parkir di Bawah Sinar Matahari

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top