4 Tanda Transmisi Otomatis Mobil Bermasalah

Share this post:
4 Tanda Transmisi Otomatis Mobil Bermasalah
Kebocoran cairan transmisi, mobil bergetar, sulit mengganti posisi transmisi, mencium bau terbakar adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa sistem transmisi otomatis mobil bermasalah.

Transmisi di mobil ada dua jenis yaitu manual dan otomatis. Fungsi sistem transmisi adalah  memindahkan tenaga dari mesin menuju ke roda. Kadang-kadang kedua transmisi ini juga bermasalah. Masalah transmisi manual tidak serumit seperti transmisi otomatis. Sistem transmisi otomatis dianggap sebagai salah satu bagian yang paling kompleks dari mesin mobil. Jadi tanda apa yang memperlihatkan transmisi otomatis mengalami masalah?
 

Gambar transmisi otomatis mobil
Sebelum rusak transmisi otomatis ada tanda - tanda

1. Kebocoran cairan transmisi

Jika melihat genangan cairan transmisi berwarna merah muda di bawah mobil, itu berarti ada kebocoran. Kebocoran transmisi bukan hal yang rumit. Beberapa tipe kebocoran bisa diperbaiki dengan mudah. Jika tidak yakin tentang penyebab kebocoran, segera membawa mobil Anda ke bengkel percaya untuk memeriksanya.

2. Mobil bergetar

Jika mobil terasa bergetar saat berkendara dengan kecepatan tinggi mungkin itu karena tune mesin yang kurang bagus atau transmisi bermasalah. Untuk mengetahui asal-usul masalahnya  membawa mobil Anda  ke bengkel  untuk memeriksanya.
>>> Baca juga: 4 tanda sistem transmisi mengalami masalah

 

wanita ini mengalami kesulitan saat mengganti posisi transmisi
Sulit mengganti posisi transmisi 

3. Sulit mengganti posisi transmisi

Jika Anda merasa sulit saat mengganti posisi gigi , ini bisa menjadi salah satu indikasi kerusakan pada transmisi. Masalah mungkin disebabkan minyak atau pelumas gear box yang sudah mulai berkurang atau adanya bagian-bagian yang perlu disetel ulang.
>>> Klik sini untuk membaca tips dan trik merawat mobil lainnya

4. Bau terbakar

Jika Anda mencium bau hangus, mungkin transmisi mobil terlalu panas atau oli transmisi bocor ke knalpot. Kondisi ini membutuhkan perbaikan segera dari montir.
>>> Untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil, klik sini

Share this post:
 
back to top