4 Langkah dan Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam saat #DirumahAja

31/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
4 Langkah dan Cara Menghilangkan Baret Mobil yang Dalam saat #DirumahAja
Meskipun menyebalkan, terkadang goresan pada mobil tak bisa dihindari. Berikut 4 langkah dan cara menghilangkan baret mobil yang dalam dengan mudah tanpa keluar rumah.

Pasti sangat menyebalkan ketika menemukan goresan yang membekas pada mobil. Terlebih ketika goresan atau baret tercetak cukup dalam. Sebagian pergi ke bengkel untuk perbaikan, tetapi Anda juga bisa menghilangkan baret dengan mudah di rumah. Berikut cara menghilangkan baret mobil yang dalam melalui beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan di rumah.  

1. Bersihkan daerah di sekitar goresan

Sebelum Anda mencoba memperbaiki atau mengerjakan baret pada mobil, bersihkan atau cuci baret atau goresan serta area di sekitarnya. Lakukan pembersihan dan pencucian dengan lembut agar tidak memperparah kerusakan. Sangat penting untuk membersihkan goresan dan area di sekitarnya agar terlepas dari kotoran atau partikel debu pada bodi mobil.

tangan yang sedang membersihkan mobil dengan kain microfiber
Jangan lupa untuk mencuci dan membersihkan area sekitar baret

Cuci area tersebut dengan sabut yang ditujukan khusus untuk bodi mobil. Karena sabun dengan tingkat bahan kimia yang keras dapat merusak lapisan pelindung mobil Anda. Setelah itu, keringkan area tersebut dengan handuk berbahan lembut atau kain microfiber. Memastikan area tersebut bersih, Anda bisa mengoleskannya dengan alcohol untuk menghilangkan kotoran atau debu yang tersisa.

>>> 5 Bahan Ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Jamur dan Baret di Kaca Mobil

2. Gunakan scratch remover

Ada banyak produk yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki dan menghilangkan baret pada bodi mobil tanpa harus ke bengkel. Seperti scratch remover yang bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp50ribu hingga ratusan ribu. Anda tinggal mengoleskan scratch remover pada kain microfiber dan mengusapnya pada baret yang ada di bodi mobil.

3. Tambahkan rubbing compound

Untuk memberikan kesan mulus pada bodi mobil, Anda bisa menggunakan sedikit rubbing compound pada kain handuk atau kain microfiber. Jangan gunakan terlalu banyak karena sifat abrasif yang ada pada rubbing compound yang bisa berakibat fatal pada bodi mobil. Karena itu, lebih baik menggunakan sedikit compound dan gosok bodi mobil secara perlahan.

meletakkan scratch remover pada kain microfiber
Gunakan scratch atau rubbing compound pada kain microfiber

>>> Inilah Alasannya Mengapa Lap Kanebo Dan Kemoceng Haram Digunakan Untuk Bersihkan Mobil

Setelah mengoles sedikit compound pada kain yang akan Anda gunakan, perlahan gosok pada goresen dengan gerakan memutar, kencang, dan cepat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, senyawa ini bersifat abrasif ringan. Dengan menggosoknya ke area yang tergores, compound bisa merusak tepi kasar dari goresan dan membuat permukaan menjadi lebih mulus.

Perhatikan tingkat kekerasan serta cara menggosok menggunakan bahan rubbing compound. Senyawa compound bisa menghilangkan cara. Menggosok terlalu kerasa akan menghilangkan cara mobil. Jadi perhatikan kain atau alas yang Anda gunakan untuk berjaga akan tanda-tanda rusaknya cat mobil.

Terus gosok sampai sebagian besar compound pada kain menghilang. Periksa goresan dan ulangi proses ini jika perlu. Menggosok dengan compound seharusnya bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan baret mobil yang dalam.

jenis scratch remover dengan tangan yang sedang membersihkan mobil
Ada banyak produk scratch remover atau rubbing compound di bengkel atau toko daring

Rubbing compound bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp25 ribu hingga ratusan ribu. Dalam keadaan darurat, pasta gigi sering dikaitkan sebagai bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan goresan yang ada pada bodi mobil. Namun penggunaannya tidak terlalu kami rekomendasikan.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

4. Selesaikan dengan touch-up paint

Cat touch-up atau dikenal juga dengan touch-up paint dapat menjadi aksi terakhir untuk menutupi baret yang terdapat pada mobil. Tersedia dengan cat semprot dan hampir semua warna cat kendaraan, Anda bisa membeli touch-up paint dengan mudah. Namun sebelum penggunaannya, ujilah pada area yang tak mencolok pada bodi mobil untuk mengetahui kecocokannya dengan warna bodi.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, perlu kehati-hatian dalam memperbaiki baret atau goresan yang cukup dalam. Jika goresan pada mobil sangat dalam sehingga lapisan logam yang ada pada bodi mobil terlihat, Anda bisa menggunakan touch-up primer sebelum menggunakan touch-up paint.

tangan yang sedang menggunakan touch-up paint pada mobil
Selesaikan pengerjaan dengan touch-up paint atau touch-up primer

>>> Jika merasa bingung saat merawat mobil, klik sini untuk simak tips dan trik merawat mobil dari para ahli otomotif di Indonesia

Sebelum menggunakan touch-up paint atau primer, penting untuk mempersiapkan permukaan bodi terlebih dahulu, Pastikan untuk membersihkan bodi. Setelah itu, Anda bisa mengoleskan cat dasar atau cat pembersih. Setelah itu, Anda bisa menggunakan coating atau waxing untuk memastikan bodi mobil benar-benar bersinar dan (hampir) sepert baru.

Cara menghilangkan baret mobil yang dalam tergantung pada tingkat keparahan goresan atau baret pada mobil. Anda bisa membeli berbagai bahan dan memperbaiki di rumah. Tapi selain menghemat uang, bukan ide buruk untuk melaju ke bengkel dan menghilangkan goresan pada mobil dengan sentuhan professional.

Jangan lupa untuk memperhatikan bahan dan alat yang tersedia di rumah. Jika tidak, menggunakan bantuan professional yang berspesialisasi dalam pengecatan dan perbaikan bodi mobil sangat dianjurkan. Tertarik mendapatkan tips perbaikan ketika sedang #DirumahAja? Dapatkan berbagai tips dan trik dari Cintamobil.com lainnya.

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik menarik lainnya di sini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

5 Bahan Ini Terbukti Ampuh Menghilangkan Jamur dan Baret di Kaca Mobil

28/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Jika ada jamur dan baret di kaca mobil ternyata untuk menghilangkannya tidak sulit kok. Setidaknya ada lima bahan yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah ini.

Lihat juga

Bisa Dilakukan di Rumah, Ini Cara Menghilangkan Baret Pada Mobil Hitam

15/11/2019

Perawatan dan service

3 menit

Cara menghilangkan baret pada mobil hitam tidak harus dilakukan dengan mengecat ulang permukaan eksterior mobil tersebut. Berikut langkah kecil untuk mengatasi masalah ini.

Lihat juga

Kaca Mobil Anda Baret? Tenang, Perawatannya Tidak Mahal Kok

14/10/2019

Perawatan dan service

4 menit

Kaca mobil Anda baret memang sangat menggangu secara fungsi dan estetika. Namun tak perlu khawatir, Anda dapat menghilangkan baret tersebut dengan mudah dan tanpa biaya mahal.

Lihat juga

Kembalikan Kilau Cat Mobil Anda Dengan Tips Hilangkan Baret Swirl Pada Bodi Mobil

Meski hanya baret halus, namun baret swirl pada bodi mobil akan sangat mengganggu penampilan mobil Anda. Namun jangan khawatir, karena menghilangkan baret swirl cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah

Lihat juga

Agar Visibilitas Tidak Terganggu, Inilah Tips Menjaga Kondisi Kaca Dari Baret

Kondisi kaca yang baret-baret tentu tidak hanya merusak penampilan tapi juga bisa menganggu pandangan pengemudi.

Lihat juga