4 Kelebihan Android Auto Dibandingkan Apple CarPlay

15/03/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
4 Kelebihan Android Auto Dibandingkan Apple CarPlay
Dengan kehadiran pembaharuan 6.1 dan berbagai fitur baru, berikut beberapa kelebihan Android Auto dibandingkan Apple CarPlay untuk kenyamanan di dalam mobil.

Android Auto dan Apple CarPlay merupakan sistem asisten pada kendaraan yang memungkinkan Anda mengakses fitur tertentu dari smartphone melalui sistem infotainment atau interface smartphone Anda. Namun sayangnya tak semua model memiliki Apple CarPlay pada mobilnya. Tapi jangan khawatir, Android Auto juga sudah dilengkapi keunggulan. Berikut beberapa kelebihan Android Auto yang bisa Anda dapatkan.

1. Pembaharuan rutin

Salah satu kelebihan Android Auto adalah siklus pembaharuan bulanan yang digunakan Google. Sebagai perbandingan, Apple hanya memperbaharui CarPlay sebagai bagian dari pembaruan iOS yang tentu saja lebih jarang terjadi.

upgrade Android Auto pada mobil baru
Pembaharuan Android lebih sering dibandingkan Apple yang harus mengikuti iOS

Seringkali CarPlay mendapatkan fungsi baru ketika Apple mengirimkan pembaruan iOS utama, seperti iOS 14 yang baru saja diperkenalkan beberapa waktu lalu. Di sisi lain, Android Auto diperbaharui melalui Google Play Store. Dan setiap pembaharuan menghadirkan ubahan baru kepada pengguna.

>>> Fitur Baru dan Google Maps Dark Mode di Update Anyar Android Auto

2. Integrasi asisten

Kedua sistem ini hadir dengan integrasi asisten (atau assistant integration). Tapi dalam banyak kasus, Google Assistant dipercaya jauh lebih andal daripada Siri. Dengan penyempurnaan yang dilakukan secara berkala, Google Assistant semakin mudah digunakan, bahkan mampu mengaktifkan berbagai pengoperasian tanpa menyentuh layar.

asisten Android Auto pada pembaruan terbaru Android Auto
Pembaruan anyar meningkatkan sistem integrasi asisten Google

Apple tak tinggal diam. Pembaruan iOS berikutnya diprediksi memperkenalkan kemampuan baru yang memungkinkan asisten untuk mengingat pemutar musik yang digunakan. Tapi beberapa masalah pada Google masih harus diperbaiki, seperti sistem perintah suara yang rusak tanpa alasan.

>>> Ini Dia Tips Mengatur Android Auto dan Apple CarPlay Wireless Honda

3. Dynamic Bar

Dynamic bar memang baru diperkenalkan pada pembaharuan anyar Google dan bisa dibilang sebagai salah satu fitur terbaik yang bisa Anda dapatkan. Bilah navigasi pada bagian bawah secara otomatis menyesuaikan dengan aplikasi yang sedang digunakan. Misalnya menjadi petunjuk arah ketika Anda beralih dari Google Maps ke Spotify, atau menampilkan kontrol pemutar media ketika sedang menjalankan aplikasi navigasi.

dynamic bar Android Auto dan berbagai kelengkapan lain
Ada dynamic bar yang bisa ditemukan pada bagian bawah

Bilah di bagian bawah ini sangat berguna, ketika Anda sedang berada di dalam kabin. Anda bisa mengoperasikan dua sistem secara bersamaan tanpa harus mengeluarkan tampilan yang sudah ada. Jika tidak diperlukan, fitur ini bisa disembunyikan layaknya mode bar yang ada pada Windows.

>>> 5 Cara Memilih Kabel untuk Koneksi Android Auto yang Bagus

4. Dukungan untuk downgrade

Terkait dengan pembaharuan yang disebutkan sebelumnya, pengguna Android Auto juga diizinkan untuk menurunkan sistem ke versi sebelumnya. Anda hanya perlu mengunduh installer APK yang tersedia secara online.

Mengapa orang ingin melakukan downgrade sistem? Yang pertama adalah ketika ada bug yang merusak fitur tertentu pada pembaharuan terbaru. Jadi secara teoritis, dengan menurunkan ke versi sebelumnya, fitur yang terdampak bug akan kembali normal.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top