4 Cara Perawatan Mobil Supaya Panjang Umur

27/08/2021

Perawatan dan service

4 menit

Memiliki mobil yang awet dan panjang umur tentu menjadi idaman setiap pemilik mobil. Supaya bisa awet, ada sejumlah perawatan mobil yang bisa Anda lakukan.

Tak semua pengendara menyadari bahwa kebiasaan ketika menyetir turut berpengaruh terhadap keawetan dari mesin mobil itu sendiri. Kalau ada dari Anda yang sering melakukan kebiasaan buruk berkendara, jangan heran bila umur mobil cenderung lebih singkat. 

Ditambah lagi dengan sejumlah hal yang terjadi di luar kuasa kita. Misalnya kondisi jalan yang dilalui sehari-hari kurang baik, tentu akan membuat mobil juga lebih cepat rusak. Selain kebiasaan buruk berkendara, perawatan mobil pun tak kalah penting. Sebisa mungkin jangan mengabaikan perawatan mobil kalau mau kendaraan Anda panjang umur. 

>>> Perawatan Mobil Kilat Ala Daihatsu Rapid Service

1. Perawatan Aki Mobil

Mengutip Car From Japan, aki merupakan komponen vital pada mobil Anda tapi tak jarang juga diabaikan. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Banyaknya pembatasan yang dilakukan, membuat aktivitas lebih banyak dilakukan di rumah. Mobil pun akhirnya kebanyakan terparkir di garasi. 

perawatan aki

Aki merupakan komponen vital pada mobil

Tapi jangan salah, meski mobil hanya berdiam diri di garasi perawatan akinya tetap perlu dilakukan. Mungkin ada sebagian yang menganggap bahwa semakin sering mobil dikendarai maka fungsinya akan semakin menurun. Padahal, dengan membiarkannya terparkir di rumah saja pun juga bisa membuat fungsi aki menurun. 

Untuk mencegahnya, Anda bisa memanaskan mobil setidaknya satu minggu sekali. Anda bisa mengendarai mobil di sekeliling rumah sekaligus untuk menghindari flat spot. 

2. Mengganti Filter

Seiring dengan berjalannya waktu dan pemakaian, filter udara dan juga filter oli bisa saja tersumbat kalau tak pernah diganti. Bila Anda melakukan perawatan secara rutin, biasanya penggantian filter akan dilakukan bersamaan dengan waktu servis. 

Filter udara kertas

Ganti filter bila memang dibutuhkan

Atau bila Anda merasa filter udara dan filter oli belum perlu diganti, maka bisa 'menambah' sedikit umurnya dengan mencucinya. Untuk menghindari kerusakan saat mencuci filter sendiri, sebaiknya cek petunjuk di buku manual yang tersedia. 

Sedangkan bila Anda memilih untuk mengganti kedua filter tersebut, pastikan barangnya asli dan memang sesuai untuk tipe mobil Anda. Penggunaan filter dengan kualitas buruk dapat merusak mesin Anda. 

>>> 7 Tips Perawatan Mobil di Rumah Buat Para Wanita

3. Mengisi Ulang Cairan yang Dibutuhkan Mobil

Perawatan mobil selanjutnya yang bisa membuat umurnya panjang adalah mengisi dengan cairan yang dibutuhkan ibaratnya sama dengan membuat tubuh Anda terhidrasi. Atau ibaratkan saja cairan yang ada di mobil itu seperti darah pada manusia. Tanpa perawatan yang baik dan benar, Anda mungkin saja mendapatkan banyak masalah. 

Perawatan mobil

Untuk itu, pastikan mobil Anda sudah diisi dengan cairan yang memang dibutuhkan. Oli misalnya, Anda bisa mengeceknya setiap dua minggu sekali. Pastikan oli berada di batas antara garis minimum dan maksimum. 

Perhatikan pula warnanya. Oli yang baik punya warna kuning kecoklatan. Bila Anda menemukan warnanya gelap dan kotor, itu artinya harus segera diganti. 

4. Berkendara dengan Baik

Tak perlu tergesa-gesa saat berkendara. Ini merupakan salah satu perawatan mobil yang paling mudah dilakukan oleh pengendara. Untuk membuat mobil panjang umur, berkendaralah dengan halus.. Halus di sini artinya Anda mengoperasikan mobil sesuai anjuran, misalnya mengganti gigi dengan perlahan. Jangan terlalu sering mengerem. Bila kondisi jalanan lancar, hindari untuk mengebut untuk menghindari pengereman yang berlebih ketika jarak mepet dengan kendaraan di depan. Dengan begitu efisiensi mesin dapat terjaga sekaligus melakukan perawatan mobil supaya bisa panjang umur. 

>>> Cara Merawat Mobil Matik Biar Bisa Awet

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top