4 Cara Mudah Mengurangi Polusi Udara Hanya dengan Satu Sentuhan

29/06/2019

Perawatan dan service

2 menit

4 Cara Mudah Mengurangi Polusi Udara Hanya dengan Satu Sentuhan
Polusi udara menjadi masalah yang dialami oleh di berbagai kota besar di seluruh dunia, tidak hanya di Jakarta. Tapi, apakah Anda tahu bahwa ada cara mudah untuk turut berkontribusi mengurangi polusi udara di daerah Anda?

Dilansir dari Environmental Defense Funds, salah satu cara mengurangi polusi udara adalah dengan menghindari idling. Idling adalah ‘pemalasan kendaraan” dimana kendaraan dibiarkan hidup tanpa bergerak/ketika berhenti. Sebagian besar pengemudi melakukan idling karena malas menghidupkan kendaraan dengan alasan akan membuat mesin dan baterai rusak lebih cepat.

1. Matikan mobil ketika menunggu

Matikan kunci kontak ketika Anda menunggu lebih dari 10 detik. Berlawanan dengan anggapan masyarakat umum, menyalakan mobil tidak akan membakar lebih banyak bahan bakar dibandingkan membiarkannya menyala. Faktanya, idling dalam 10 detik membuang lebih banyak gas/bahan bakar dibandingkan menghidupkan ulang mesin.

larangan Idling dalam bahasa Inggris dengan rambu berwarna putih
Sebisa mungkin hindari idling untuk mengurangi polusi udara

>>> Dapatkan tips perawatan mobil hanya dari Cintamobil.com

2. Panaskan mesin sambil berjalan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak perlu waktu lama untuk memanaskan kendaraan. Bahkan Anda bisa memanaskan kendaraan sambil berjalan perlahan. Cara terbaik menghangatkan mesin adalah dengan berkendara dan menghindari putaran mesin yang berlebihan. Dengan begitu, mesin kendaraan menghangat dua kali lebih cepat. Cukup efisien jika dibandingkan menunggu mesin panas dengan membuang-buang bahan bakar dan menambah polusi, bukan?

3. Jangan biasakan menunggu di dalam mobil

Jika memungkinkan, hindari berlama-lama di dalam mobil. Berada di dalam mobil dengan kondisi idle berarti Anda menghirup lebih banyak udara kotor ke kabin mobil. Terlebih jika Anda tidur di dalam mobil dengan mesin menyala. Jika Anda memarkirkan mobil dan menunggu, lebih sehat untuk keluar mobil dan menunggu di toko atau gedung.

>>> Menyalakan Mesin Mobil Penting Untuk Kesehatan Aki

wanita yang menggunakan headset tertidur di dalam mobil

Hindari berlama-lama di dalam mobil dengan kondisi mesin menyala

>>> Sedang mencari mobil berbagai merek? Kami punya daftarnya!

4. Kurangi idling untuk melindungi mesin

Me-restart mesin tidak lagi memberikan tekanan besar pada mesin dan baterai mobil. Keausan tambahan pada mesin karena sering mati-hidup lebih murah dibandingkan bahan bakar yang terbuang karena idling. Bahkan idling sebenarnya meningkatkan keausan mobil secara keseluruhan dengan menyebabkan mobil beroperasi lebih lama daripada yang diperlukan.

Idling tidak hanya berbahaya bagi lingkungan, tetapi juga bagi saku Anda. Selain menghabiskan bahan bakar, idling juga disebut tidak sehat bagi mesin. Untuk itu, selalu gunakan kendaraan dengan efisien untuk mengurangi polusi udara di sekitar Anda. Sekali-sekali, tidak ada salahnya untuk bersepeda dan berjalan kaki, bukan?

>>> Tips dan trik seputar otomotif lainnya bisa ditemukan disini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top