4 Cara Merawat Mobil Mesin Diesel

07/09/2020

Perawatan dan service

4 menit

4 Cara Merawat Mobil Mesin Diesel
Merawat mobil secara berkala merupakan keharusan bagi Anda pemilik kendaraan. Maka dari itu perhatikan tips di bawah ini cara merawat mobil mesin diesel.

Jika sebelumnya mesin diesel banyak digunakan oleh kendaraan berdimensi besar seperti seperti truk, bus, dan sebagainya. Kini beberapa mobil pribadi juga mulai menggunakan mesin ini juga tak kalah banyaknya. Teknologi terus berkembang setiap waktu, beberapa mobil mesin diesel juga telah mendapatkan teknologi canggih, seperti common rail direct injection yang berfungsi membuat sistem pembakaran pada mesin diesel jauh lebih efisien.

Sama seperti mobil dengan mesin lain, mobil diesel pun membutuhkan perawatan agar tetap awet. Bagi pemilik mobil dengan mesin diesel, dilansir dari laman Gardaoto berikut ini beberapa cara untuk merawat mobil mesin diesel.

>>> Ford F1 1949 Pecahkan Rekor Kendaraan Diesel Tercepat di Pikes Peak

Gambar menunjukan Kunci kontak mobil

Panaskan mesin mobil sebelum digunakan

1. Memanaskan Mobil Bermesin Diesel

Berbeda halnya dengan mobil bermesin bensin, mobil mesin diesel tidak memiliki komponen busi. Oleh karena itu mobil diesel membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai suhu dan tekanan yang tepat agar mesin bisa bekerja dengan optimal.

Maka dari itu, sebelum digunakan mobil diesel sebaiknya dipanaskan terlebih dahulu selama empat hingga lima menit.  Meski kini sudah ada teknologi terbaru yang dinilai cukup canggih, merawat mobil mesin diesel dengan memanaskan mesinnya ebelum digunakan tidak pernah memberikan kerugian.

2. Rutin Mengganti Oli

Setiap mobil sejatinya memerlukan perawatan berkala, salah satunya mengganti oli kendaraan. Hal ini juga berlaku untuk mobil bermesin diesel. Penggantian oli mobil secara berkala ini dapat membantu mesin lebih terawat dan bekerja secara maksimal. Selain mengganti oli secara berkala, kualitas oli pun perlu diperhatikan. Jangan tergoda dengan oli yang berembel-embel murah. Pilihlah oli yang berkualitas dan sesuai dengan mesin mobil.

>>> Ini Alasannya Servis Mobil Harus Dilakukan Secara Rutin

Gambar menunjukan Pom bensin

Gunakanlah bahan bakar yang berkualitas

3. Menggunakan Bahan Bakar yang Sesuai

Untuk membuat mesin tidak cepat mengalami kerusakan ada baiknya mobil harus diisi dengan bahan bakar yang sesuai. Mobil bermesin diesel membutuhkan solar sebagai bahan bakarnya. Maka dari itu alangkah baiknya gunakan solar dengan kualitas yang tinggi. Dengan begitu, mesin mobil pun terjaga.

4. Water Sedimenter

Bahan bakar solar biasanya mengandung sedikit air, oleh karena itu setiap mobil diesel memiliki filter bahan bakar untuk memisahkan air dan bahan bakar. Filter ini harus diganti secara berkala agar mesin tidak rusak.

Pada mobil diesel modern sendiri, terdapat sebuah alat yang disebut water sedimenter. Alat ini membantu mengidentifikasi berapa kandungan air dalam pada bahan bakar. Jika indikator telah menyala, maka pengguna mobil harus membuang air pada water sedimenter karena telah mencapai angka maksimal.

>>> Klik sini untuk baca berita otomotif terbaru lainnya

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top