4 Cara Merawat Bagasi Mobil dengan Mudah

Share this post:
4 Cara Merawat Bagasi Mobil dengan Mudah
Tak salah jika ada anggapan bagasi adalah bagian paling tak menarik dari sebuah mobil. Fungsinya hanya untuk menaruh barang bawaan. Meski demikian bukan berarti kita tak perlu merawatnya. Untuk itu, ini dia tips sederhana cara merawat bagasi mobil biar kondisinya selalu optimal.

Bagasi mobil Toyota Yaris E 2009

Bagasi mobil perlu dirawat biar kondisi selalu prima.

Bagasi boleh jadi bukan bagian yang paling menarik dari sebuah mobil. Namun, bukan berarti fungsinya bisa diabaikan. Bagasi selalu masuk perhitungan ketika seseorang hendak membeli mobil karena menyangkut kemampuan mengangkut kargo. Biar kondisi ruang penyimpanan ini selalu oke, maka sudah sepatutnya pengguna tahu cara merawat bagasi mobil.

Alasan bagasi mobil perlu dirawat karena bagian ini juga tak luput dari gangguan atau kerusakan. Sebagai contoh, CintaMobil.com coba melihat ke dalam bagasi Toyota Yaris E 2009 milik salah satu anggota redaksi. Memasuki usia mobil yang genap sepuluh tahun, secara keseluruhan kondisi bagasi memang masih bagus.

Namun begitu ada beberapa hal yang mengganjal. Misalnya pintu bagasi yang sudah mulai terasa berat untuk dibuka. Lalu, di bagian atas bibir pintu terlihat kotor bahkan didapati ada serangga yang bersarang di sana. Tentu sobat tak mau menemukan hal seperti ini di bagasi mobil milik kalian, bukan?

Bagasi mobil kotor dengan serangga.

Bagasi mobil perlu dibersihkan secara rutin lho.

Selengkapnya untuk cara merawat bagasi mobil, sobat bisa lihat informasinya di bawah ini.

>>> Baca juga:

1. Rutin membersihkan bagasi mobil

Rutin membersihkannya adalah cara merawat bagasi mobil paling mudah. Bagian-bagian yang perlu dibersihkan meliputi lantai kompartemen utama bagasi. Kemudian dilanjut ke kompartemen-kompartemen tambahan yang biasanya menjadi kantung untuk dongkrak, segi tiga pengaman, ban cadangan, atau P3K.

Untuk membersihkan permukaan yang terbuat dari bahan fabric, sobat bisa memanfaatkan sapu kecil. Sementara untuk bagian yang terbuat dari plastik, kalian bisa menggunakan lap plas chamois. Lap tersebut juga bisa dipakai untuk membersihkan bagian yang terbuat dari metal, seperti pada tempat beradanya ban cadangan. Dengan memastikan titik ini selalu bersih dan kering maka sobat sudah menjaganya terhindar dari karat.

>>> Baca juga: Bersihkan Interior! Komponen Paling Kotor Mobil Ini Empat Kali Lebih Kotor dari Dudukan Toilet

Perlengkapan darurat di bagasi mobil.

Penting juga memeriksa kelengkapan darurat yang ada di bagasi.

2. Memeriksa kelengkapan bagasi mobil

Langkah perawatan bagasi mobil ini bukan hanya untuk menjaga kondisinya bersih. Namun juga memastikan kelengkapan di dalamnya komplet. Biasanya pabrikan melengkapi bagasi mobil dengan dongkrak, segi tiga pengaman, obat-obatan dan P3K, serta ban cadangan. Semuanya akan sangat diperlukan dalam kondisi darurat.

Maka sudah sudah sepatutnya memeriksa kelengkapan barang-barang tersebut masuk dalam daftar cara merawat bagasi mobil. Oiya, jangan cuma dilihat. Namun sebaiknya sobat juga memeriksa kondisinya. Misal, untuk ban cadangan pastikan tekanan anginnya ideal sehingga siap dipakai sewaktu-waktu.

>>> Baca juga:

3. Jangan lupakan bagian dalam kaca belakang

Kondisi bagian dalam kaca belakang juga penting untuk diperhatikan. Sobat perlu memastikan kebersihannya biar tak mengganggu visibilitas ke arah belakang. Untuk melakukannya cukup mudah yaitu dengan mengelapnya secara seksama dengan menggunakan plas chamois.

>>> Semua tips perawatan mobil paling akurat hanya ada di sini

4. Memastikan sistem kunci dan engsel bekerja normal

Cara merawat bagasi mobil yang terakhir ialah memastikan sistem penguncian dan engselnya bekerja dengan baik. Untuk memperbaiki kerusakan di sektor ini memang membutuhkan tenaga profesional. Sarannya, jika sobat menemui sesuatu yang tak beres maka jangan tunda untuk meluncur ke bengkel.

Itu dia tips atau cara merawat bagasi mobil yang bisa sobat lakukan dengan gampang. Semoga bisa membantu menjaga kondisi bagasi selalu dalam kondisi prima. Baik dari segi kebersihan, fungsi, dan kelengkapannya. Selamat mencoba!

>>> Ayo temukan mobil dengan bagasi terluas hanya di listing CintaMobil.com.

Prastya
Share this post:

Berita lain

Persiapan Liburan? Yuk Pasang Roof Rack, Bagasi Atap Mobil

Apakah Anda punya acara di akhir tahun? Apabila iya, tentu kebutuhan membawa barang menjadi salah satu hal terpenting. Apalagi jika mobil sudah dipenuhi banyak penumpang, tentu saja kapasitas bagasi menjadi sangat minim. Tenang, coba simak tips memasang Roof Rack pada atap mobil berikut ini.

Lihat juga

Cara Aman Bawa Barang di Bagasi

29/10/2018

Pengemudian

Membawa barang di bagasi bila tidak diatur dengan apik bisa mendatangkan bahaya. Nah, agar tetap aman selama di jalan, simak tips cara membawa barang di bagasi.

Lihat juga

Barang Bawaan Banyak, Begini Cara Mengatur Di Bagasi Yang Baik

27/09/2018

Pengemudian

Bukan hanya penumpang saja yang perlu teratur saat naik mobil, barang bawaan di bagasi juga harus diatur sedemikian rupa biar tidak mengganggu kenyamanan penumpang dan tidak mempengaruhi keselamatan berkendara.

Lihat juga

Mini SUV Dengan Ruang Bagasi Yang Luas Terbaik Pada Tahun 2017

07/09/2017

Jual beli

Honda CR-V 2017, Subaru Forester 2017, Toyota RAV4 2017 adalah model-model mobil dengan ruang bagasi luas yang sangat menarik para pembeli sekarang ini. Situs Autobytel sudah mengumumkan daftar 10 nama mobil SUV dengan ruang bagasi luas.

Lihat juga

Jangan Sembarangan! Begini Cara Mendongkrak Mobil yang Aman

Meski kelihatan mudah, mendongkrak mobil tidak bisa sembarangan. Harus dilakukan dengan tepat agar memberikan hasil maksimal serta terhindar dari berbagai dampak buruk yang mungkin terjadi.

Lihat juga