4 Mitos Ceramic Coating, Mana yang Benar?

09/06/2021

Perawatan dan service

4 menit

Belakangan ini, ceramic coating menjadi salah satu tren perawatan mobil yang paling populer. Redaksi Cintamobil.com akan membahas 4 mitos populer seputar perlindungan cat yang satu ini.

Selama beberapa tahun terakhir, industri perawatan mobil kembali ramai dengan hadirnya ceramic coating ke pasar. Cairan sintetis ini seringkali disebut sebagai jawaban atas perlindungan cat terbaik yang akan menjaga tampilan mobil Anda terlihat maksimal.

Tentu saja, di mana ada tren, biasanya akan ada beberapa mitos yang beredar mengenai kebenaran seputar tren tersebut. Kali ini, Cintamobil.com akan membahas 4 mitos yang sering beredar di kalangan para konsumen mengenai ceramic coating.

1. Mengaplikasikan Ceramic Coating Tidak Butuh Paint Correction

Jawabannya: Salah

Gambar Before & After Paint Correction

Paint correction bertujuan untuk menghilangkan baret, swirl marks, dan ketaksempurnaan pada cat mobil

Ini adalah salah satu mitos yang paling sering terdengar, apalagi untuk mobil yang benar-benar baru keluar dari dealer. Biasanya, pemilik mobil akan mencari tempat auto detailing untuk melindungi cat mobil mereka dari kondisi baru.

>>> Tips Membersihkan Kaca Film Mobil

Sebelum Anda mengiyakan penawaran ceramic coating dari tempat tersebut, pastikan mereka tetap melakukan proses paint correction sebelum mengaplikasikan coating.

Meski baru keluar dari pabrik, bukan berarti cat mobil terbebas dari segala jenis kekurangan. Seringkali pemilik terlalu senang mendapatkan mobil baru kami sehingga melewatkan baret yang jelas, swirl marks, dan ketaksempurnaan pada cat.

Paint correction akan memperbaiki dan menyempurnakan kondisi cat mobil sehingga setelah ceramic coating diaplikasikan, hasil yang didapatkan pun menjadi maksimal. Jika tahap ini dilewati, maka ketaksempurnaan pada cat mobil justru akan diperjelas berkali-kali lipat oleh coating tersebut.

2. Bisa Melindungi Cat Mobil Dari Baret

Gambar Baret Pada Mobil

Coating tidak akan melindungi cat mobil Anda dari baret seperti ini

Jawabannya: Salah

Coating tidak akan melindungi mobil Anda dari baret, tetapi coating akan membuat cat mobil lebih tahan terhadap goresan. Jika mobil Anda terserempet oleh kendaraan lain, kemungkinan besar cat mobil tersebut tetap akan tergores.

>>> Pasang Kaca Film V-KOOL Bisa di Prestige Auto Detailer Alam Sutera

Tetapi, ada satu goresan yang terdengar sepele, namun lebih sering terjadi pada mobil Anda dibanding terserempet. Goresan itu adalah swirl marks atau baret halus yang terjadi karena pencucian dan pengelapan mobil yang tidak tepat. Nah, ceramic coating akan memberi daya tahan yang lebih tinggi pada cat terhadap goresan tersebut.

3. Mobil Dengan Ceramic Coating Tidak Butuh Perawatan

Jawabannya: Salah

Gambar Sifat Hidrofobik Pada Coating

Coating memiliki sifat hidrofobik yang membuat air sulit menempel pada permukaan bodi

Banyak opini bahwa coating diciptakan untuk para pemilik mobil yang malas merawat mobil. Dengan sifat hidrofobiknya, coating seringkali ditawarkan dengan embel-embel pemilik mobil tidak harus sering mencuci dan merawat mobilnya.

Pernyataan tersebut justru jauh dari fakta bahwa mobil dengan ceramic coating justru membutuhkan perawatan ekstra agar tampilan mobil selalu terlihat maksimal. Memang air akan lebih mudah jatuh dari permukaan bodi mobil, namun bukan berarti mobil tidak bisa kotor sama sekali sehingga tak butuh dicuci.

Penggunaan coating juga menuntut pemilik mobil untuk melakukan perawatan rutin setiap enam bulan atau setahun sekali untuk mengecek dan memperbaharui kondisi coating. Hal tersebut penting dilakukan karena sifat hidrofobik dan kilau dari bodi mobil yang dicoating akan menurun seiring waktu berjalan.

4. Membuat Tampilan Cat Lebih Mengilap

Gambar Cat Mobil Berkilau Dengan Coating

Coating akan membuat mobil Anda lebih berkilau

Jawabannya: Benar dan Salah

Memang benar bahwa penggunaan coating akan membuat kilau dan warna cat mobil semakin keluar. Tetapi perlu diingat dari mitos yang pertama, apapun yang berada di bawah lapisan coating akan diperjelas.

Jika Anda melihat mobil dengan tampilan cat yang maksimal, hal tersebut bukan hanya disebabkan oleh coating yang digunakan, tetapi juga dari proses paint correction yang menyempurnakan kondisi cat di bawahnya.

>>> Baca artikel tips & trick tentang otomotif terbaru di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top