3 Tipe Penanganan Mesin ketika Mobil Terendam Banjir

02/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
3 Tipe Penanganan Mesin ketika Mobil Terendam Banjir
Dengan cuaca ekstrem membuat sebagian besar wilayah Jakarta kebanjiran. Cintamobil.com berikan 3 tips penanganan terhadap mesin ketika mobil terendam banjir.

Indonesia memasuki musim hujan. Terlihat dari curah hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia pada malam pergantian tahun lalu. Hal ini berimbas pada beberapa wilayah Jakarta yang terendam banjir. Berikut 3 cara yang bisa Anda lakukan untuk mesin ketika mobil terendam banjir.

1. Mobil tergenang air

Pada beberapa kesempatan, Anda bisa membiarkan mobil mengering setelah banjir reda agar bahan bakar menguap. Lalu Anda bisa mencoba menghidupkan mobil Anda. Akan lebih mudah jika busi tak terlalu basah. Namun cara ini hanya berlaku ketika banjir berada pada ketinggian tertentu, contohnya ketika tergenang air hingga ve

Ketika banjir terjadi di malam hari dan Anda tidak melihat ketinggian air, perhatikan garis air pada bodi mobil. Jika air banjir mencapai bagian bawah pintu mobil, kemungkinan mesin Anda berada dalam kondisi baik.

 mobil berwarna merah yang tergenang banjir
Mobil yang tergenang air lebih mudah untuk ditanggulangi

Ketika garis air berada di bagian atas velg, beberapa komponen elektrinok kemungkinan turut terendam. Dan air bisa saja masuk ke dalam mesin atau komponen penting lainnya. Namun ketika garis banjir sudah mencapai grille, besar kemungkinan air sudah masuk ke dalam mesin mobil.

>>> Ini Cara Tetap Aman Melewati Banjir dengan Mobil

2. Air mencapai bagian atas velg/grille

Pada saat banjir sudah semakin tinggi, perhatikan sistem kelistrikan kendaraan. Buka kap mobil dan biarkan bahan bakar yang meluap akhirnya menguap. Setelah sekitar 20 menit, nyalakan mobil. Jika masih belum berhasil, Anda harus memeriksa busi Anda. Bahan bakar berlebih bisa membanjiri mesin dan merendam busi.

 mobil berwarna hitam yang mengalami banjir hingga grille
Jika mobil terendam hingga grille, pastikan untuk mengeringkan air pada mesin

>>> Mobil Terobos Banjir? Hati-hati 2 Komponen Penting Ini Rusak

Ketika air masuk ke dalam mesin, Anda harus menyamakan rasio bahan bakar dengan udara di dalam mesin. Anda bisa menekan pedal gas dan berulang kali menghidupkan ulang mesin. Jangan tekan dan lepaskan gas berulang kali. Metode ini dilakukan untuk menahan throttle terbuka, membawa lebih banyak udara ke dalam mesin untuk menyeimbangkan bahan bakar yang meluap.

Teknik lainnya adalah memutus injeksi bahan bakar dan hidupkan mesin. Starter harus memiliki torsi yang cukup untuk mengeluarkan semua air yang tersisa dari lubang busi. Kemudian, ganti oli dan filter. Jika perlu, ganti oli lagi setelah 800 hingga 1.000 kilometer untuk berjaga-jaga.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftarnya di sini

3. Ketika mobil terendam hingga atap

Sayangnya, pada skenario terburuk, kerusakan akibat banjir akan semakin parah ketika mobil terendam hingga atap. Kendaraan modern memiliki ribuan kabel, relay, sensor, dan terhubung dengan komputer. Semakin tinggi air, terutama air asin, sebagian besar kemungkinan Anda menghubungi perusahaan asuransi dan menghitung total kerugian yang didapatkan.

mobil berwarna merah dan biru terkena banjir hingga atap 
Jika mobil terendam banjir sampai atap, jangan coba hidupkan mobil

Jika titik air sudah melewati jendela dan mencapai atap mobil, cabut aki dan jangan hidupkan mobil. Kemungkinan terbesar menghadapi mobil terendam banjir adalah menganti mesin dan komponen lainnya. Tak jarang biaya penggantiannya bahkan hampir sama dengan harga mobil baru.

Awal Januari masih menjadi awal dari potensi cuaca ekstrem yang melanda Jakarta atau daerah Indonesia lainnya. Menurut laman situs BMKG sendiri, warga Jakarta diharapkan untuk berhati-hati dengan potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan. Puncak musim hujan sendiri diprediksi berlangsung dari Januari hingga Februari nanti.

>>> Dapatkan berbagai tips dan trik lainnya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Sering Kebanjiran? Flood Guard Car Bag Hindari Kerusakan Mobil

02/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Indonesia merupakan negara tropis yang seringkali dilanda badai dan banjir. Bagi pemilik mobil, Flood Guard Car Bag merupakan solusi aman untuk mencegah mobil mengalami kerusakan akibat banjir.

Lihat juga

Tips Mengemudi Ketika Melewati Banjir

02/01/2020

Pengemudian

3 menit

Ketika anda sedang terburu-buru dan jalan yang dilewati tergenang banjir, maka anda harus membuat pilihan apakah mau melewati rute lain atau tetap mengemudi sambil melewati banjir. Jika anda mengambil pilhan kedua, apakah mengemudi ketika melewati banjir masih aman untuk mobil anda?

Lihat juga

Mobil Terendam Banjir, Apakah yang Harus Dilakukan?

02/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Indonesia bisa dibilang salah satu negara dengan banjir yang paling sering terjadi. Kadang banjir datang tanpa disadari dan tiba-tiba mobil sudah terendam banjir. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika mobil terendam banjir?

Lihat juga

Sistem Keamanan Mobil Listrik: Amankah Mobil Listrik Ketika Menghadang Banjir?

02/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mobil listrik diprediksi menjadi salah satu teknologi terbaru yang ramah lingkungan di Tanah Air. Tapi, dengan kondisi geografis serta lingkungan Indonesia, bagaimana sistem keamanan mobil listrik ketika menghadapi banjir?

Lihat juga

Mobil Terobos Banjir? Hati-hati 2 Komponen Penting Ini Rusak

02/01/2020

Pengemudian

5 menit

Saat mobil terobos banjir, sebaiknya Anda perhatikan dua komponen penting ini. Karena jika sampai terkena air, maka komponen ini bisa rusak dan mobil akan langsung mogok.

Lihat juga