3 Masalah AC Mobil yang Sering Dialami dan Cara Mengatasinya

Share this post:
3 Masalah AC Mobil yang Sering Dialami dan Cara Mengatasinya
Ada beberapa khas masalah AC mobil yang sering dialami pemilik kendaraan. Mungkin masalah ini dianggap sepele, namun nyatanya jika dibiarkan bisa menimbulkan kerusakan lainnya.

AC mobil merupakan komponen yang paling vital ketika Anda berkendara di siang hari. Apalagi manakala cuaca siang itu panas terik. Pastinya AC akan membuat berkendara lebih nyaman karena tidak kepanasan.

>>> Freon AC Habis? Kenali Ciri-Ciri dan Penyebabnya

Tetapi sering kali pemilik mobil mengalami masalah dengan AC kendaraannya. Meskipun tidak fatal, masalah-masalah ini menjadi indikator sebelum masalah besar pada AC tersebut muncul.

Nah, setidaknya ada tiga masalah AC mobil yang sering dialami. Berikut akan kami jabarkan apa saja masalah itu dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Kurang Dingin

AC mobil tidak dingin

AC kurang dingin bisa karena kebocoran freon

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Masalah AC mobil yang sering dialami adalah AC mobil panas atau kurang dingin. Ini karena hanya hembusan angin dari blower yang keluar dari kisi-kisi AC. Biasanya kondisi ini akibat kerusakan pada kompresor AC, atau evaporator yang kotor. Bisa juga akibat kebocoran pada freon. Tentunya masalah ini harus dicek satu persatu untuk mengatahui bagian mana yang perlu diperbaiki.

2. AC Bau

kabin mobil bau

AC bau apek karena filter terlalu kotor

Masalah lain yang sering dialami para pemilik mobil dengan AC-nya adalah adanya bau tak sedap atau bau apek saat AC dinyalakan. Penyebab AC mobil bau adalah banyaknya kotoran atau debu yang menempel pada filter AC akibat kurang dibersihkan secara berkala.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Untuk menghindari debu menempel terlalu banyak di filter AC, bisa dengan membersihkan filter secara berkala, minimal tiap 10.000 km. Selain itu juga sebaiknya selalu menjaga kebersihan kabin agar kotoran tidak tersedot AC.

3. AC Berisik

kompresor AC mobil

AC berisik akibat komponen aus

Masalah AC mobil lainnya yang kerap kali dialami adalah bunyi berisik saat AC dihidupkan. Penyebab AC mobil berisik bisa karena baut pada kompresor kendur atau sudah aus. Atau bisa juga komponen pada AC ada yang aus dan sudah harus diganti.

>>> Tips dan trik lainnya cek disini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Kabin Mobil Kurang Dingin? Begini Tips Menjaga Kondisi AC Mobil Tetap Normal

Menjaga AC agar tetap dalam kondisi normal dan membuat kabin nyaman ternyata cukup mudah. Tidak perlu dibawa ke bengkel khusus, Anda bisa merawatnya dengan melakukannya sendiri.

Lihat juga

Jangan Sepelekan Kisi AC, Begini Cara Merawatnya

Kisi AC pada mobil mempunyai cara kerja yang sederhana. Tetapi perannya cukup penting agar berkendara menjadi lebih nyaman untuk mengatur embusan angin. Meski sering disepelekan, ada cara merawat yang tepat.

Lihat juga

Apakah AC Mobil Menyebabkan Kanker?

28/02/2018

Pengemudian

Banyak pendapat yang mengatakan pengaruh AC mobil sebagai penyebab kanker. Lalu, jika AC mobil sangat berbahaya, mengapa AC mobil masih dipergunakan di dalam mobil?

Lihat juga

Review Daihatsu Taft 1996: Mobil ‘Pekerja Keras’ Paling Terjangkau

23/05/2019

Editor rate:

Bagi para pecinta Off-Road tentu tak asing dengan sosok mobil bernama Daihatsu Taft. Mobil kelahiran tahun 1996 ini merupakan model terakhir yang pernah dijual oleh Daihatsu, berakhir pada tahun 2007 lalu. Meski sudah tak lagi diproduksi lagi, Daihatsu Taft masih menjadi bahan pembicaraan orang-orang hingga era modern ini. Nah, apakah Anda ada rencana membeli mobil ini? Simak dulu penjelasan kami dalam review Daihatsu Taft 1996.

Lihat juga

Harga Datsun Cross Terbaru Juni 2020 Di Indonesia

01/06/2020

Datsun

Datsun yang merupakan pabrikan dan merek mobil dari Nissan Motor Company. Meski masih memiliki citra pembuat mobil LCGC, Datsun secara perlahan mengubahnya dengan menghadirkan Datsun Cross di 2018. Mari cek harga Datsun Cross terbaru di bawah ini.

Lihat juga