3 Masalah AC Mobil yang Sering Dialami dan Cara Mengatasinya

16/09/2019
Ada beberapa khas masalah AC mobil yang sering dialami pemilik kendaraan. Mungkin masalah ini dianggap sepele, namun nyatanya jika dibiarkan bisa menimbulkan kerusakan lainnya.

AC mobil merupakan komponen yang paling vital ketika Anda berkendara di siang hari. Apalagi manakala cuaca siang itu panas terik. Pastinya AC akan membuat berkendara lebih nyaman karena tidak kepanasan.

>>> Freon AC Habis? Kenali Ciri-Ciri dan Penyebabnya

Tetapi sering kali pemilik mobil mengalami masalah dengan AC kendaraannya. Meskipun tidak fatal, masalah-masalah ini menjadi indikator sebelum masalah besar pada AC tersebut muncul.

Nah, setidaknya ada tiga masalah AC mobil yang sering dialami. Berikut akan kami jabarkan apa saja masalah itu dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Kurang Dingin

AC mobil tidak dingin

AC kurang dingin bisa karena kebocoran freon

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Masalah AC mobil yang sering dialami adalah AC mobil panas atau kurang dingin. Ini karena hanya hembusan angin dari blower yang keluar dari kisi-kisi AC. Biasanya kondisi ini akibat kerusakan pada kompresor AC, atau evaporator yang kotor. Bisa juga akibat kebocoran pada freon. Tentunya masalah ini harus dicek satu persatu untuk mengatahui bagian mana yang perlu diperbaiki.

2. AC Bau

kabin mobil bau

AC bau apek karena filter terlalu kotor

Masalah lain yang sering dialami para pemilik mobil dengan AC-nya adalah adanya bau tak sedap atau bau apek saat AC dinyalakan. Penyebab AC mobil bau adalah banyaknya kotoran atau debu yang menempel pada filter AC akibat kurang dibersihkan secara berkala.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Untuk menghindari debu menempel terlalu banyak di filter AC, bisa dengan membersihkan filter secara berkala, minimal tiap 10.000 km. Selain itu juga sebaiknya selalu menjaga kebersihan kabin agar kotoran tidak tersedot AC.

3. AC Berisik

kompresor AC mobil

AC berisik akibat komponen aus

Masalah AC mobil lainnya yang kerap kali dialami adalah bunyi berisik saat AC dihidupkan. Penyebab AC mobil berisik bisa karena baut pada kompresor kendur atau sudah aus. Atau bisa juga komponen pada AC ada yang aus dan sudah harus diganti.

>>> Tips dan trik lainnya cek disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain