3 Macam Kerusakan Akibat Telat Ganti Oli Mesin

Share this post:
3 Macam Kerusakan Akibat Telat Ganti Oli Mesin
Oli mesin adalah komponen yang wajib diperhatikan jadwal penggantiannya. Saat Anda telat ganti oli mesin, maka mobil Anda akan mengalami tiga kerusakan pada bagian mesin berikut ini.

Oli merupakan komponen yang sangat dibutuhkan mesin kendaraan. Sebagai pelumas, tugas oli mesin pun cukup penting. Karenanya, kualitas dan kuantitas oli mesin wajib untuk selalu diperhatikan.

>>> Ini Alasan Mengapa Oli Encer Cocok Untuk Mesin Modern

Oli mesin perlu untuk selalu dijaga agar tidak kurang. Selain itu, harus juga diperhatikan jadwal penggantiannya. Misalnya setiap 5000 km atau 10000 km. Karena jika telat ganti oli mesin, maka ada kerusakaan bagian mesin yang siap mengintai.

1. Lebih Boros BBM

mengganti oli mobil

Oli yang kotor membuat tenaga mesin jadi drop dan lebih boros bahan bakar

Jika telat ganti oli mesin, maka oli akan kotor dan mengental. Akibatnya gesekan antar komponen di ruang mesin bisa berlebihan akibat pelumas yang kurang baik. Hal tersebut akan membuat mesin bekerja lebih keras guna mendapatkan performa yang diinginkan. Akibatnya, bahan bakar jadi lebih mudah terkuras.

>>> Promo mobil baru ada disini

2. Silinder Bengkok

mesin kotor

Kondisi kepala silinder mesin jika oli kotor

Hal selanjutnya jika kondisi oli mesin kotor tetap dibiarkan adalah bisa membuat bagian kepala silinder mesin bengkok. Ini bisa terjadi akibat mesin harus bergerak lebih berat karena pelumas yang seharusnya menbuat pergerakan komponen pada ruang mesin lancar, malah menjadi penghambat akibat terlalu kotor. Akibatnya mesin jadi panas (overheat) dan lama kelamaan kepala silinder bengkok.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

3. Turun Mesin

perbaikan mesin mobil

Jika komponen sudah rusak parah, maka wajib turun mesin

Ini adalah kondisi terburuk jika telat ganti oli mesin. Karena komponen di dalam mesin yang menjadi rusak, maka mesin tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Untuk itulah dibutuhkan perbaikan yang lebih lanjut, Yaitu harus turun mesin dan mengganti semua komponen yang rusak tadi dengan komponen baru.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi
Share this post:

Berita lain

Mengenal Viskositas pada Oli Mesin Mobil

Saat ini, banyak variasi oli yang dijual pada bengkel-bengkel di seluruh Indonesia. Beragam pelumas yang dijual mempunyai sedikit perbedaan dan mempunyai viskositas yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana cara memilih oli yang tepat berdasarkan viskositas? Apa pentingnya viskositas untuk mesin mobil?

Lihat juga

Sudah Tidak Perlu Ganti Oli, Kenapa Mobil Baru Wajib Servis Killometer 1000? Ini Kata Suzuki

04/07/2019

Perawatan dan service

3 menit

Tidak sedikit pertanyaan yang masuk ke meja redaksi tim Cintamobil, mengapa jika tidak perlu melakukan penggantian oli, mobil harus tetap melakukan servis wajib 1000 kilometer pertama? Ternyata ini pendapat pabrikan Suzuki.

Lihat juga

Ada Risiko Buruk, Jangan Sering Menambahkan Oli Mesin Mobil

Ketika oli mesin mobil berkurang, Anda akan berinisiatif menambahnya dengan oli baru. Padahal dengan menambah oli baru artinya akan tercampur dengan yang lama. Ada risiko buruk jangka panjang bila terlalu sering menambahkan oli baru ke mesin.

Lihat juga

Review Datsun GO Live 2019: Tampil Lebih Memikat Dan Cerdas Dengan Penambahan Fitur Terkini

30/07/2019

Editor rate:

Hadir dengan tampilan lebih atraktif plus penambahan fitur terkini, membuat Datsun GO Live 2019 dinilai pas bagi calon konsumen yang datang dari kalangan anak muda yang ingin tampil beda dan lebih ekspresif.

Lihat juga

Harga Suzuki Karimun Wagon R Terbaru Juni 2020 Di Indonesia

01/06/2020

Suzuki

Mesin yang irit, ruang kabin yang lega dan harga terjangkau sudah menjadi bagian Suzuki Karimun Wagon R. Inilah daftar harga Suzuki Karimun Wagon R bulan ini.

Lihat juga