3 Macam Kerusakan Akibat Telat Ganti Oli Mesin

09/10/2019
Oli mesin adalah komponen yang wajib diperhatikan jadwal penggantiannya. Saat Anda telat ganti oli mesin, maka mobil Anda akan mengalami tiga kerusakan pada bagian mesin berikut ini.

Oli merupakan komponen yang sangat dibutuhkan mesin kendaraan. Sebagai pelumas, tugas oli mesin pun cukup penting. Karenanya, kualitas dan kuantitas oli mesin wajib untuk selalu diperhatikan.

>>> Ini Alasan Mengapa Oli Encer Cocok Untuk Mesin Modern

Oli mesin perlu untuk selalu dijaga agar tidak kurang. Selain itu, harus juga diperhatikan jadwal penggantiannya. Misalnya setiap 5000 km atau 10000 km. Karena jika telat ganti oli mesin, maka ada kerusakaan bagian mesin yang siap mengintai.

1. Lebih Boros BBM

mengganti oli mobil

Oli yang kotor membuat tenaga mesin jadi drop dan lebih boros bahan bakar

Jika telat ganti oli mesin, maka oli akan kotor dan mengental. Akibatnya gesekan antar komponen di ruang mesin bisa berlebihan akibat pelumas yang kurang baik. Hal tersebut akan membuat mesin bekerja lebih keras guna mendapatkan performa yang diinginkan. Akibatnya, bahan bakar jadi lebih mudah terkuras.

>>> Promo mobil baru ada disini

2. Silinder Bengkok

mesin kotor

Kondisi kepala silinder mesin jika oli kotor

Hal selanjutnya jika kondisi oli mesin kotor tetap dibiarkan adalah bisa membuat bagian kepala silinder mesin bengkok. Ini bisa terjadi akibat mesin harus bergerak lebih berat karena pelumas yang seharusnya menbuat pergerakan komponen pada ruang mesin lancar, malah menjadi penghambat akibat terlalu kotor. Akibatnya mesin jadi panas (overheat) dan lama kelamaan kepala silinder bengkok.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

3. Turun Mesin

perbaikan mesin mobil

Jika komponen sudah rusak parah, maka wajib turun mesin

Ini adalah kondisi terburuk jika telat ganti oli mesin. Karena komponen di dalam mesin yang menjadi rusak, maka mesin tidak akan bekerja sebagaimana mestinya. Untuk itulah dibutuhkan perbaikan yang lebih lanjut, Yaitu harus turun mesin dan mengganti semua komponen yang rusak tadi dengan komponen baru.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain