3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara dengan Ban Cadangan

30/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berkendara dengan Ban Cadangan
Ketika Anda harus berkendara dengan ban cadangan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal ini karena sesuai namanya, ban cadangan hanya untuk dipakai sementara saat keadaan darurat, bukan untuk dipakai selamanya.

Saat berkendara di jalan, berbagai kejadian darurat mungkin saja terjadi. Misalnya jika mobil tiba-tiba mengalami masalah pada bagian roda, seperti ban kempis atau bahkan pecah ban.

>>> Tips Pengecekan Pada Ban Cadangan, Agar Awet Lebih Lama

Saat kondisi seperti ini, tentu melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ban cadangan adalah pilihan utama. Namun ada banyak pengendara yang kurang paham beberapa hal saat berkendara dengan ban cadangan.

Karena sejatinya, banyak ban cadangan cuma disediakan untuk keadaan darurat, bukan buat dipakai dalam jangka waktu lama. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda perhatikan 3 hal ini saat harus berkendara dengan ban cadangan.

>>> Promo mobil baru yang menarik silahkan cek disini

1. Ban Space Saver

ban space saver

Ban tipe ini ukurannya lebih kecil dan hanya bersifat sementara

Sejumlah mobil, biasanya untuk tipe sedan, hatchback, atau city car, menggunakan ban cadangan tipe space saver. Ciri utamanya, ban memiliki ukuran lebih kecil dari keempat roda lainnya, serta memakai pelek besi. Tujuan dari perodusen mobil menyediakan ban cadangan tipe ini adalah untuk mejaga agar ruang bagasi tetap besar demi kebutuhan seluruh penumpang.

Nah, jika Anda sedang menggunakan tipe ban space saver, sebaiknya Anda tidak mengemudikan mobil dengan kecepatan lebih dari 80 km/jam. Ketika melewat jalan basah, maka kacepatan maksimal yang disarankan saat memakai ban ini adalah 40-60 km/jam. Selain itu hindari juga menikung dan mengerem mendadak. Hal ini karena daya cengkram ban space saver tidak sebaik keempat ban mobil Anda lainnya.

>>> Banyak pilihan mobil bekas berkualitas disini

2. Ban RFT

ban RFT

Ban RFT yang sudah rusak atau kempis tidak bisa dipakai lagi

Ban RFT alias Run Flat Tire memungkinkan Anda tetap bisa berkendara meskipun ban dalam kondisi kempis dan tanpa angin sama sekali. Meski demikian ada hal yang tetap perlu Anda perhatikan. Ban tipe ini dilengkapi teknologi side wall yang membuat dinding ban tetap kuat dan bisa berfungsi menopang boot kendaraan walau dalam kondisi tekanan angin nol.

Ban tipe RFT tetap bisa digunakan sampai jarak 120 km, namun hanya sampai batas kecepatan 80 km/jam. Tujuannya agar Anda dapat menemukan bengkel ban terdekat untuk melakukan penggantian ban. Dan perlu diingat, ban RFT yang sudah kempis atau rusak tidak bisa diperbaiki, jadi harus mengganti dengan ban baru.

>>> Tips merawat mobil ada disini

3. Pakai Tire Repair Kit

tire repair kit

Pakai tire repair kit hanya untuk tindakan sementara

Pada sebagian mobil modern, ada pula yang tidak menggunakan ban cadangan namun dilengkapi dengan tire repair kit. Tujuannya agar Anda dapat menambal sendiri jika ada salah satu ban yang mengalami masalah, misalnya bocor akibat melindas paku.

Walau mudah digunakan, sebaiknya ketika memakai tire repair kit, Anda menjaga kecepatan kendaraan. Aturannya sama dengan ketika Anda berkendara dengan ban cadangan, kecepatan mobil tidak lebih dari 80 km/jam. Karena cairan repair hanya bersifat sementara dan beresiko ban kempis kembali.

>>> Temukan tips & trik menarik lainnya disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Kenapa Ban Cadangan Memiliki Ukuran Yang Lebih Kecil Dari Ban Utama?

Ban cadangan merupakan salah satu pelengkap yang bisa kita temukan pada mobil. Tapi, biasanya ban cadangan lebih kecil dibandingkan ban utama. Ada yang tahu kenapa?

Lihat juga

Mengetahui Posisi Ban Serep Mobil, Beda Tipe Beda Pula Letaknya

Posisi ban serep mobil berbeda-beda antara tipe mobil yang satu dengan yang lainnya. Misalnya city car atau sedan, ban serep ada di bagasi, sementara MPV ada di kolong. Kemudian SUV biasanya ban serep ada di balik pintu belakang. Yang manakah mobil Anda?

Lihat juga

Ingin Penggunaan Ban Awet, Perhatikan Tiga Hal Ini

Tak bisa dipungkiri lagi, ban adalah salah satu komponen paling penting di dalam mobil. Namun, keteledoran kita kerap membuat ban cepat habis. Lalu apa yang harus kita perhatikan agar penggunaan ban awet?

Lihat juga

Review Ferrari 488 Pista 2019

15/05/2019

Editor rate:

Sebagai edisi spesial dari keluarga Ferrari 488, Ferrari 488 Pista menjadi model kendaraan Ferrari yang paling dinanti dan menjadi salah satu collectible item yang ada di keluarga Ferrari. Apa sebabnya?

Lihat juga

Harga Avanza 2020: Harga mobil Toyota Avanza & Promo November

01/11/2020

Toyota

Awal tahun ini, Toyota menghadirkan gebrakan baru lewat produk ‘Mobil Sejuta Umat’, tak lain adalah Avanza. Tepat di tanggal 15 Januari 2019, Toyota Avanza terbaru hadir dalam model Facelift. Segala hal dibuat baru sehingga terlihat lebih menarik daripada versi sebelumnya. Berapa sih harganya? Inilah dia daftar harga Toyota Avanza terbaru.

Lihat juga
 
back to top