3 Cara Sederhana Bikin Mesin Mobil Jadi Halus

12/08/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Suara mesin yang kasar sebaiknya jangan didiamkan. Selain mengganggu kenyamanan, juga menjadi indikator sebuah mobil mengalami masalah.

Kerap mendengar suara mesin kasar pada mobil Anda? Bisa jadi hal tersebut menjadi tanda komponen mobil mengalami kerusakan. Suara mesin kasar bukan hanya dialami oleh mobil lama saja, tetapi jika kondisi mobil Anda tergolong baru tetapi tidak dirawat dengan baik, suara mesin kasar mungkin saja Anda rasakan.

Selain tak enak didengar, kondisi mesin kasar yang dibiarkan tentunya akan membuat mobil cepat rusak. Nah, ada beberapa cara untuk membuat mesin mobil tetap halus, simak di sini!

Selalu Gunakan Oli Berkualitas

mengisi oli mobil

Selalu gunakan oli berkualitas

Oli menjadi komponen penting jika ingin mesin mobil Anda halus. Karena oli berfungsi untuk membuat mesin tidak macet dan gagal fungsi. Tetapi ada banyak jenis oli dan sebaiknya Anda pilih yang berkualitas. Memilih oli berkualitas dilihat dari kondisi kesesuaian spesifikasi oli dengan kebutuhan mesin. Hal ini dikarenakan penggunaan oli pada mesin berpengaruh menghadirkan suara yang halus dan kasar.  Jadi, Anda perlu mengecek dahulu spesifikasi dan merk oli sebelum membeli.

Hindari menambahkan oli baru ke dalam oli lama yang masih ada di dalam mesin. Sehingga jika Anda akan mengganti oli, buang oli yang lama kemudian ganti dengan oli yang baru. Pasalnya penggunaan oli yang baik akan berpengaruh pada kualitas mobil. 

Pastikan juga jika Anda mengganti oli secara rutin untuk menghindari kondisi mesin menjadi kasar. Kelebihan oli pada mobil juga bisa membuat mesin kendaraan berat sehingga menurunkan performa. Jadi berikan asupan oli dengan cukup dan merat.

>>> 8 Cara Mencegah Mobil Terbakar di Jalan

Pastikan Kompresor AC Bersih

kompresor AC

Kotoran di kompresor AC bikin suara mesin jadi kasar

Salah satu cara agar mesin mobil halus adalah kondisi kompresor AC yang terletak pada bagian depan radiator mobil. Kompresor AC juga berfungsi memompa freon dan menyalurkannya ke seluruh bagian AC. Dan letaknya yang berada di bagian depan biasanya rentan terkena kotoran yang masuk.

Kotoran yang mengendap di kompresor AC ini yang membuat suara mesin menjadi kasar. Lakukan pengecekan secara rutin. Jangan lupa membersihkannya dan mengisi oli kompresor AC jika habis.

>>> Ferrari Hybrid Termurah Beratap Terbuka Akan Segera Diluncurkan

Perhatikan Celah Katup Mesin

Celah katup mobil

Perjatikan kondisi celah katup mesin

Perhatikan kondisi celah katup mesin dengan baik, apakah sudah tersetel dengan tepat atau belum. Anda bisa mengatur kondisi celah katup mesin menggunakan kunci ring 17, kunci stock, dan handle untuk menghadirkan celah katup yang tak terlalu rapat atau tidak terlalu longgar.

Itulah cara agar mesin mobil halus. Suara mesin yang kasar sebaiknya jangan didiamkan. Selain mengganggu kenyamanan, juga menjadi indikator sebuah mobil mengalami masalah. Jika ragu, sebaiknya datangi bengkel terdekat agar kondisi mesin mobil dicek secara keseluruhan. 

>>> Baca tips & trick lainnya seputar mobil hanya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top