3 Bagian Mobil yang Haram Terkena Semprotan Air Bertekanan Tinggi

30/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
3 Bagian Mobil yang Haram Terkena Semprotan Air Bertekanan Tinggi
Mencuci dengan menggunakan semprotan air bertekanan tinggi memang bisa mengangkat kotoran lebih mudah. Namun Anda perlu hati-hati, karena jika salah semprot, mobil bukannya bersih namun malah rusak dan mogok.

Saat kondisi mobil kotor, tentunya Anda ingin segera mmbersihkannya. Untuk mencuci mobil, Anda bisa pergi ke tempat pencucian mobil, atau bisa juga mencuci sendiri di rumah.

>>> Hati-Hati, Cuci Mobil Di Car Wash Bisa Bikin Kamu Kecewa

Apapun yang Anda lakukan saat akan mencuci mobil, sebaiknya Anda perhatikan jika harus menggunakan semprotan air bertekanan tinggi. Karena jika salah, maka mobil bukan jadi bersih tapi malah rusak.

Nah berikut ini ada 3 bagian pada mobil yang haram untuk terkena semprotan air bertekanan tinggi saat mobil dicuci. Apa saja? berikut penjelasannya:

>>> Raih promo mobil baru terbaik tiap bulannya disini

1. Sensor

cuci mobil disemprot

Waspada sensor-sensor rusak jika terkena semprotan air

Saat mencuci mobil dan menggunakan air bertekanan tinggi, sebaiknya Anda perhatikan sensor-sensor yang ada pada mobil Anda. Misalnya sensor ABS yang letaknya ada di bagian roda mobil. Jika sensor ini terkena air bertekanan tinggi, maka air bisa merusak bagian-bagian sensor.

2. Lampu

lampu mobil terkena sabun

Jangan sampai air masuk ke rumah lampu dan merusak kelistrikan

>>> Banyak mobil bekas berkualitas disini

Selain sensor, sebaiknya Anda perhatikan pula bagian lampu-lampu. Jangan sampai penggunaan air yang bertekanan tinggi membuat air masuk ke sela-sela seal lampu dan mengganggu kelistrikan lampu. Oleh karena itu, ada baiknya bagian lampu hanya dibasuh dengan air mengalir saja saat akan membersihkannya.

3. Lapisan Anti Karat

cuci kolong mobil

Lapisan anti karat di kolong roda rentan untuk terkikis

>>> Tips merawat mobil bisa dibaca disini

Sebagian besar mobil kini sudah menggunakan lapisan anti karat. Biasanya lapisan ini diaplikasikan pada bagian bawah mobil termasuk kolong roda. Tetapi sialnya, jika Anda mencuci mobil di tempat pencucian umum, seringkali tukang cuci malah menggunakan semprotan air bertekanan tinggi dan sikat kasar untuk membersihkan kolong roda. Hal itu tentu berpotensi merusak lapisan anti karat.

Jadi mulai sekarang lebih berhati-hati saat mencuci mobil ya...!

>>> Tips & trik menarik lainnya selalu bisa ditemukan disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Perhatikan Kadar PH Sabun Saat Cuci Mobil

Kualitas cat mobil langsung dipengaruhi oleh PH sabun cuci mobil. Jika Anda menginginkan kualitas cat mobil tetap terjaga dalam jangka waktu lama, maka memilih sabun untuk mencuci mobil tidak bisa sembarangan. Anda harus memilih sabun yang cocok tergantung pada warna mobil menurut ahlinya.

Lihat juga

Sering Terlewat, Ini Pentingnya Mencuci Kolong Mobil

Mencuci kolong mobil sama pentingnya dengan bagian lain seperti eksterior, mesin, maupun interior. Karena kolong mobil adalah bagian yang pertama kali terkena kotoran dari jalan, namun disatu sisi ada komponen vital pada bagian ini yang bisa mempengaruhi kinerja mobil secara keseluruhan.

Lihat juga

Tips Membersihkan Spatbor Mobil

Membersihkan spatbor mobil harus dilakukan secara hati-hati. Karena letaknya yang mudah terkena debu atau lumpur namun memiliki celah yang cukup sempit, maka perlu perhatian ekstra saat membersihkan bagian ini.

Lihat juga

Review Honda Civic FD 2006, Salah Satu Generasi Terbaik Civic Berdesain Timeless

10/06/2019

Editor rate:

Jika Anda yang membaca artikel ini adalah anak gen '90an alias orang yang lahir antara medio 1990 hingga 1994, pada masa remaja utamanya semasa SMA pasti di pertengahan 2006-an, mobil Honda Civic dengan kode bodi FD ini bisa jadi adalah salah satu dream car Anda. Kini, harganya sudah 'terjangkau' dan modelnya tetap bertahan lama. Layakkah mobil Honda Civic 2006 ini di beli saat ini?

Lihat juga

Daftar Harga Datsun GO terbaru November 2020 Di Indonesia

01/11/2020

Datsun

Datsun Go merupakan mobil pertama yang diluncurkan oleh merk Datsun pada 2014, sejak merek bernaung di bawah Nissan Motor Company dipetieskan tahun 1986. Mengandalkan simplisitas dan harga murah, mengincar calon konsumen ingin mobil ringkas, lincah dan terjangkau. Berapa harga Datsun GO terbaru?

Lihat juga
 
back to top