10 Tips Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua

Share this post:
10 Tips Mudah Merawat Mobil Bekas/Tua
Bersihkan mobil secara teratur, perbaiki dashboard dan setir, gunakan cover untuk kursi, sering mengganti oli, perhatikan kondisi kabel, ring, karet penyangga, velg dan roda, cat mobil dan pakaian cover saat memakir mobil adalah cara mudah untuk merawat mobil bekas atau mobil tua.

Perkembangan cepat teknologi otomotif melahirkan banyak model kendaraan dengan teknologi tinggi dan fitur-fitur  unggul yang sesuai dengan keinginan konsumen. Meski begitu, sekarang ini masih banyak orang ingin membeli mobil bekas atau mobil tua karena banyak alasan. Namun apakah mereka sudah tahu cara merawat mobil bekas atau mobil tua yang benar? Berikut adalah beberapa tips  mudah merawat mobil bekas atau tua.  
 

Laki-laki sedang merawat mobil kesayangan berwarna merah
Bersihkan mobil secara teratur supaya mobil tetap performa dengan prima
 

1. Bersihkan Mobil Secara Teratur

Membersihkan mobil bukan berarti  hanya mengelap bagian luarnya saja, tetapi juga membersihkan bagian interiornya.. Sebenarnya membersihkan mobil adalah mencuci keseluruhan mobil. Membarsihkan mobil adalah cara mudah untuk menemukan masalah-masalah yang ada alam mobil Anda.

2. Perbaiki dashboard dan setir

Perbaiki bagian dalam mobil terutama bagian yang sering  Anda pakai seperti dashboard dan setir.  
>>>Baca juga: 10 cara merawat mobil yang salah

 

3. Gunakan cover untuk kursi

Cover tebal untuk jok dapat menambahkan kenyamanan dan menghindari berbagai kotoran atau debu yang langsung menodai kursi.
 

Kursi ditutupi dengan cover hello kitty
Gunakan cover untuk kursi 

4. Sering mengganti oli

Untuk mobil berusia lebih dari 10 tahun, jangan lupa mengganti oli setiap 2500 km. Dengan begitu, tingkat emisi akan berkurang. Untuk proteksi optimal, sebaiknya mengguna oli dengan kekentalan SAE 10- 40 W atau 15-40 W.

5. Perhatikan kondisi kabel

Kabel yang sudah getas mungkin menyebabkan korsleting dan  membuat mesin tidak bisa dinyalakan. Oleh karena itu harus memperhatikan kondisi kabel dan ganti kabel yang sudah getas dengan kabel yang baru.
 

pria berambut panjang sedang mengecek mesin mobil
Mengecek kondisi label mobil 

6. Perhatikan kondisi ring

Sebaiknya ganti ring seher yang sudah lemah dan berkarat dengan yang baru. Mengganti ring membuat aliran bensin lebih lancar dan suara mesin tidak kasar.

>>> Baca juga: 10 tips memanjangkan umur mobil
 

7. Perhatikan karet penyangga

Karet penyangga di pintu dapat mudah robek seiring berjalannya waktu. Selain membuat mobil Anda jelek, karet yang robek akan menimbulkan bunyi berdesing saat berkendara dan bocornya air hujan ke dalam mobil.

8. Perhatikan velg dan roda

Penggantian roda dan velg yang sudah rusak serta berkarat dapat meningkatkan performa mobil Anda.
 
Pria ini sedang cek ban mobil
Perhatikan velg dan roda mobil
 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman merawat mobil 
 

9. Cat mobil

Eksterior mobil bisa dianggap sebagai wajah pemiliknya. Jadi jika cat mobil sudah terlihat kusam atau banyak goresan, lebih bagus Anda mengecat lagi.

10. Pakaikan cover saat memarkir mobil

Untuk menjaga cat dan eksterior mobil tetap bagus, pakailah penutupan mobil, khususnya waktu parkir di luar garasi. Hal ini bisa membuat cat lebih lama luntur dan menghindarkan mobil dari getah pohon, kotoran burung atau kotoran lain yang sulit dibersihkan.

Dengan melakukan 10 tips mudah merawat mobil bekas/tua di atas, Anda dapat menjaga performa mobil bekas dan Anda tidak usah khawatir saat memakainya.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top