10 Tips Memanjangkan Umur Mobil

Share this post:
10 Tips Memanjangkan Umur Mobil
Memeriksa, mengganti oli secara rutin, memperhatikan ban mobil, memperhatikan tanda peringatan di bagian dasbornya, dan lain-lain adalah hal-hal yang harus Anda diperhatikan supaya mobil Anda tetap bekerja dengan bagus dan semakin abadi

1. Memeriksa dan mengganti oli secara rutin

Kita harus memeriksa keseluruhan botol cairan seperti oli mesin, oli rem, air pendingin atau minyak kopling.

2. Memakai oli yang sesuai dengan mesin

Setiap mobil mempunyai mesin masing-masing jadi memilih oli yang benar  dan sesuai dengan mesin mobil membuat mesin mobil bekerja dengan lancar, bagus dan bisa dipakai lebih lama.
 

Gambar 5 botol oli mobil
Memilih oli sesuai dengan mobil
 

>>> Baca juga: Tips memilih minyak rem sesuai kebutuhan mobil

3. Memperhatikan ban mobil

Dengan perkembangan teknologi, sekarang beberapa mobil sudah dilengkapi sistem pemantauan tekanan dari bannya. Kalau mobil Anda belum ada sistem ini, pakailah meter genggam untuk memeriksa kondisi bannya. Anda juga harus memeriksa kelapisan bannya. Ban yang terlalu lapis maka sangat mudah menjadi rusak dan sangat bahaya saat berkendara, khususnya dalam kondisi cuaca yang buruk.
 

Gambar ban mobil
Memperhatikan ban mobil
 

>>> Baca juga: Tips merawat ban mobil
 

4. Memperhatikan lampu peringatan di bagian dasbor dan bunyi-bunyi aneh

Setiap ikon lampu di bagian dasbor mempunyai makna sendiri. Ketika lampu menyala berarti mobil Anda bermasalah seperti kap bensin belum ditutup, pintu belum ditutup dengan teliti atau masalah-masalah yang lainnya. Jadi harus memperhatikan peringatan tersebut dan mengatasi masalah-masalahnya secepat mungkin. Ketika dalam mobil terdengar bunyi yang aneh, Anda harus mencari penyebab bunyi itu dan segera memperbaiki biar mobil bisa bekerja dengan lancar.
 

Bagian dashboard mobil dengan lampu peringatan
Memperhatikan lampu peringatan di bagian dasbor mobil
 

>>> Baca juga: Arti 5 simbol di speedometer All New Chevrolet Trailblazer
 

5. Menjaga bil layanan

Menjaga bil tentang garansi atau setiap kali memperbaikinya mungkin meningkatkan nilai mobil ketika Anda ingin menjual kembali mobilnya.

6. Jangan berhenti memakai mobil dalam waktu panjang

Kalau Anda tidak memakai mobil dalam waktu yang panjang, pastilah mobil Anda akan cepat rusak. Ban mobil akan pecah dan bentuknya berubah, mesin akan mogok karena bensin sudah kering. Lebih bagus Anda mengoperasi mobilnya 1-2 kali setiap bulan untuk menghindari masalah tersebut.
 

Mobil sudah lama tidak dipakai
Jangan berhenti memakai mobil dalam waktu panjang
 

>>> Baca juga: 10 cara merawat mobil yang salah
 

7. Selalu mencuci mobil

Debu dan pencemaran bisa menimbulkan korosi bagian logam atau cat di atas mobil, jadi mencuci mobil dengan rutin bisa mengatasi masalah ini.

8. Garansi mobil jika bermasalah

Mobil-mobil baru selalu ada garansi untuk masalah-masalah yang terjadi. Bawalah mobil Anda ke dealer atau pusat garansi untuk memeriksa kalau mobilnya bermasalah.
 

BUku garansi mobil  CHevrolet

Garansi mobil jika bermasalah
 

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman merawat dan servis mobil

 

9. Mengikuti jadwal perawatan mobil

Mengikuti jadwal perawatan mobil untuk menentukan bahwa mobil Anda selalu dalam kondisi terbaik. Hal itu juga memanjangkan umur mobil Anda.

10. Mencari tahu informasi tentang mobil di internet

Ada banyak sekali informasi tentang mobil di forum mobil, situs, komunitas atau klub mobil. Anda bisa mencari jawaban atau langsung tanya jika mobil Anda bermasalah, Anda juga bisa membaca beberapa tips untuk merawat mobil dengan baik.

Mudah kan tips-tips di atas untuk mobil berumur panjang? Hanya beberapa menit saja, Anda sudah tahu cara untuk menanjangkan umur mobil. Ayo, segera mengikuti tips-tips di atas!

>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top