10 Benda yang Tidak Boleh Ditinggalkan di Dalam Mobil Ketika Cuaca Panas

10 Benda yang Tidak Boleh Ditinggalkan di Dalam Mobil Ketika Cuaca Panas
Musim panas bukan hanya memberikan kehangatan yang berlebih bagi kita, tapi juga mobil. Beberapa barang tidak bisa ditempatkan di dalam mobil yang bersuhu panas. Bukan hanya merusak barang, namun juga bisa merusak mobil anda.

Setelah beberapa bulan melalui musim hujan di Indonesia, saat ini kita mulai memasuki musim kemarau. Panas yang berlebih bukan hanya tidak baik bagi kita, namun juga bagi barang-barang di sekitar kita. Apalagi jika diletakkan di dalam mobil yang bersuhu panas. Barang-barang di bawah sebaiknya dihindari berada terlalu lama di dalam mobil ketika musim panas melanda.

1. Tabir surya dan obatan

Bukan hanya tabir surya bisa memperpanas mobil, namun sunscreen yang terlalu lama ‘dipanaskan’ di dalam mobil bisa membakar kulit anda dari suhu tinggi. Selain itu, menyimpan tabir surya atau obat-obatan di dalam suhu yang panas berpotensi mengubah komposisi. Makanya, beberapa dokter menyarankan obat-obatan dan bahan kimia lainnya untuk disimpan pada suhu kamar yang stabil.

Berita yang menjelaskan adanya pemantik api yang meledak di dalam mobil yang panas

Pemantik api bisa meledak ketika suhu panas

2. Pemantik api

Beberapa kejadian di luar negeri menceritakan tentang korek api yang ditinggalkan di kursi depan mobil menjadi sangat panas dan meledak lalu menabrak kaca depan. Kerusakannya sangat buruk sehingga mereka harus mengganti kaca depan mereka. Label peringatan menginstruksikan pemakai pemantik api untuk tidak diletakan pada suhu lebih dari 50 derajat celcius atau sinar matahari yang berkepanjangan. Suhu dalam mobil ketika musim panas bisa menjadi 60 derajat celcius.

3. Barang elektronik

Barang elektronik seperti kamera, mp3 player dan handphone sering ditinggal di dalam mobil. Namun, panas yang berlebihan bisa merusak lensa kamera dan kartu memori. Apalagi baterai, jika ditinggalkan akan menjadi barang yang berbahaya karena sifat asam jika bocor akan menyebabkan iritasi pernapasan, mata dan kulit.

Gambar yang menunjukan sinar matahari yang masuk ke dalam mobil membuat mobil menjadi berwarna orange

Hindari menaruh barang elektronik di mobil yang panas

4. Kacamata

Panas bisa melengkungkan bingkai maupun lensa kacamata anda. Kacamata hitam sering ditinggalkan di dalam mobil, tapi hal ini bisa meningkatkan resiko pergantian kacamata. Karena itu, jangan pernah meninggalkan kacamata, apalagi kacamata resep yang mahal di dalam mobil. Pastikan anda menghindarkan diri dari masalah dan biaya perbaikan kacamata anda.

>>> Baca juga Cara mencegah overheating pada mobil

5. Barang plastik

Plastik mudah meleleh jika diletakan pada suhu yang panas. Anda juga seharusnya tidak pernah meminum air dari botol plastic yang tertinggal di dalam mobil. Zat kimia yang digunakan pada botol plastik bisa larut ke minuman anda dan mememasukkan racum ke dalam tubuh. Selain itu, cuaca panas bisa membuat kartu kredit melengkung sehingga tidak bisa digunakan.

Gambar yang menampilkan coklat, permen, dan sampah-sampah lain berserakan di bagian lantai mobil

Permen dan coklat yang meleleh bisa menjadi sampah yang menyebalkan

6. Permen dan coklat

Karena permen dan coklat mudah mengeras karena suhu dingin, makanan tersebut juga mudah meleleh ketika dihadapkan dengan suhu mobil pada cuaca panas. Apalagi jika coklat dan permen tersebut dibungkus dengan pastik, seperti yang telah dibicarakan pada poin di atas, tentu saja membuat semuanya menjadi lebih rumit dan berbahaya.

7. Krayon

Krayon dan buku mewarnai adalah salah satu cara yang efektif untuk menghibur anak-anak ketika berkendara. Namun, terkadang krayon bisa jatuh dari kotak penyimpanan dan menggelinding ke lantai mobil dan meleleh karena suhu panas. Lelehan krayon bisa menjadi mimpi buruk bagi anda ketika membersihkan karpet mobil selain lilin.

Gambar yang menunjukan krayon yang berada di bagian dashboard mobil

Lelehan krayon sangat sukar dibersihkan di lantai mobil

8. Lipstik

Komposisi lipstik terdiri dari pigmen, minyak, lilin dan emolen. Lipstik meleleh di suhu yang sedikit lebih panas dibandingkan suhu kamar. Bayangkan jika anda meninggalkan lipstik anda di dalam mobil ketika cuaca panas. Bahkan setelah didinginkan, panas bisa memberi efek kekal pada lipstik, seiring mengubah komposisi dan menciptakan hasil warna yang berbeda dari sebelumnya.

>>> Baca juga tips perawatan mobil lainnya disini

9. Minuman kaleng

Salah satu benda yang paling sering ditinggalkan di dalam mobil adalah soda kaleng atau minuman kaleng. Bahkan, soda kaleng yang belum terbuka beresiko meledak di dalam mobil karena suhu yang panas. Minuman berkarbonasi dikompres untuk menahan udara masuk. Karena kaleng soda terbuat dari alumunium dan logam bertambah panas, kenaikan suhu di bagian luar kaleng akan menyebabkan meningkatnya suhu cairan di dalamnya sehingga membuat kaleng soda meledak.

Gambar yang menunjukan minuman kaleng pepsi meledak di dalam mobil

Bahkan, soda juga bisa meledak di dalam mobil yang panas

10. Barang belanjaan

Barang-barang belanjaan terburuk yang bisa tertingal di dalam mobil adalah daging dan susu. Pemanasan akan membuat kedua bahan makanan ini menghasilkan bau mengerikan yang tertinggal di mobil untuk waktu yang cukup lama.

Tapi, hal ini juga bisa menguntungkan anda. Beberapa pemilik mobil meletakkan adonan kue di dalam mobilnya dan membiarkan adonan tersebut berada disana ketika cuaca panas. Voala, anda akan bisa mencium bau kue yang nikmat dan bertahan selama anda mengemudi. Cara yang cukup pintar untuk menambahkan sedikit aroma dalam mobil anda.

Berikut cara menjaga mobil tetap dingin walaupun tanpa AC

Perubahan cuaca tidak bisa dicegah. Cara yang paling baik adalah menerima dan menanggulangi perubahan cuaca tersebut. Karena itu, ketika cuaca panas, jangan tinggalkan barang-barang diatas di dalam mobil yang bersuhu panas agar tidak memberikan efek buruk kepada mobil dan barang itu sendiri.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top