Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Mobil Penggerak Roda Belakang

17/11/2019
Setiap mobil punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termasuk kelebihan dan kekurangan mobil penggerak roda belakang dibanding mobil penggerak roda depan.

Anda termasuk orang yang baru punya mobil atau sedang berniat beli mobil? Anda tentu pernah mendengar atau membaca tentang spesifikasi mobil. Apakah itu tipe mobil penggerak roda belakang atau yang berpenggerak roda depan.

>>> 4 Kesalahan Mendasar Saat Beli Mobil

Istilah ini biasanya dipakai dengan mana Rear Wheel Drive (RWD) untuk mobil penggerak roda belakang. Sementara untuk mobil penggerak roda depan disebut Front Wheel Drive (FWD). Lalu apa sih kelebihan dan kelemahan mobil berpenggerak roda belakang?

1. Kelebihan

gardan mobil

Keberadaan gardan jadi ciri mobil penggerak roda belakang

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Ciri pertama untuk melihat apakah mobil tersebut berpenggerak roda belakang atau depan adalah dengan melihat bagian kolong mobil. Jika mobil tersebut memiliki batang as roda yang membentang dari bagian roda depan ke roda belakang, serta dibagian roda belakang terdapat gardan, maka itu adalah mobil penggerak roda belakang.

Keberadaan gardan belakang itulah yang membuat mobil lebih stabil saat dikemudikan di kecepatan tinggi. Selain itu kekuatan tenaga mobil dari poros roda belakang juga akan membuat mobil lebih kuat saat harus mengangkut beban berat. Serta biasanya mobil dengan tipe penggerak pada roda belakang, sistem kemudinya lebih awet dibanding mobil penggerak roda depan.

2. Kekurangan

sistem kerja penggerak roda mobil

Mobil penggerak roda belakang cenderung lebih boros bahan bakar

>>> Temukan mobil bekas idaman disini

Sebaliknya, keberadaan gardan pada sebuah mobil akan membuat bobot mobil secara keseluruhan bertambah. Akibatnya konsumsi bahan bakar sedikit lebih boros jika dibanding mobil penggerak roda depan. Keberadaan gardan juga sering kali membuat harga mobil jadi lebih mahal.

Nah jika Anda sedang bingung menentukan mobil apa yang cocok dengan kebutuhan Anda, sebaiknya pertimbangkan kelebihan dan kekurangan mobil penggerak roda belakang tersebut.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
22

berita lain