Yang Perlu Dilakukan Jika Melihat Kejadian Khusus di Jalan Tol

21/09/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Yang Perlu Dilakukan Jika Melihat Kejadian Khusus di Jalan Tol
Kejadian tidak lazim terkadang dijumpai saat berkendara di jalan tol. Tetaplah tenang jika Anda melihat kejadian khusus di jalan tol dan lakukan 4 hal berikut!

Dikenal sebagai jalan bebas hambatan, jalan tol memberi kenyamanan tersendiri bagi pengendara. Jalan berbayar ini membuat akses satu lokasi ke lokasi lain lebih singkat. Selain itu, di beberapa spot jalan tol menghadirkan pemandangan yang sangat indah dan menyegarkan mata, seperti pemandangan pegunungan dan hamparan hijau persawahan.

Kejadian Khusus

Lazimnya, di area jalan tol tidak ada pemandangan lain selain kendaraan yang sama-sama melintas, petugas jalan tol yang tengah melakukan pemantauan dan pemeliharaan, gerbang tol untuk pembayaran, serta keunikan konstruksi jalan tol seperti simpang susun dan jembatan.

Hanya saja, saat berkendara di jalan tol terkadang juga dijumpai kejadian-kejadian khusus dan tidak lazim. Misalnya insiden kecelakaan, mobil mogok, mobil lawan arah, sepeda motor dan sepeda onthel, hingga bencana alam seperti banjir dan longsor.

>>> Viral Rombongan Pesepeda Nekat Masuk Tol Jagorawi Diperiksa Polisi

Foto menunjukkan rombongan pesepeda masuk tol

Hal tak lazim kadang dijumpai di jalan tol

Melihat kejadian khusus

Melalui unggahannya di IG @Official.jasamargatransjawatol, Jasamarga Transjawa Tol memberikan arahan 4 hal yang perlu dilakukan jika melihat kejadian khusus di jalan tol.

1. Segera menyalakan lampu hazard

Menyalakan lampu hazard memberi pertanda kepada pengendara lain untuk berhati-hati karena tengah terjadi sesuatu. Bila perlu, lakukan hal tersebut sambil menurunkan kecepatan kendaraan. Setidaknya pengendara lain akan lebih waspada atau menurunkan kecepatan kendaraannya.

2. Tetap tenang dan berhati-hati

Kejadian khusus bisa saja menjadi distraksi atau mengalihkan perhatian. Antisipasi hal tersebut dengan tetap tenang, tetap fokus, dan berhati-hati. Jangan sampai kejadian khusus membuat Anda kehilangan konsentrasi yang justru membahayakan.

>>> Sering Dilakukan, Aktivitas Ini Sebenarnya Mengganggu Konsentrasi Mengemudi

Foto menunjukkan sejumlah orang terlibat perkelahian di jalan tol

Jalan tol bukan tempat berkelahi

3. Tidak berhenti untuk mengambil gambar

Tidak dipungkiri, kejadian-kejadian khusus merangsang orang untuk mengabadikan dalam sebuah foto. Saat berkendara di jalan tol sebaiknya tidak melakukan hal tersebut dengan berhenti lalu mengambil gambar.

4. Minta penumpang menghubungi call center

Bila diperlukan Anda bisa meminta bantuan ke penumpang untuk menghubungi call center jalan tol di nomor 14080 (Jasa Marga) dan menginformasikan kejadian yang Anda lihat.

Se-urgent apapun jika Anda melihat kejadian khusus dan tak lazim di jalan tol, seperti kecelakaan yang membutuhkan pertolongan segera sebaiknya tetap memperhatikan faktor keselamatan diri sendiri.

Foto Call Center Jasa Marga, pengelola jalan tol

Hubungi call center jika memerlukan informasi jalan tol atau menyampaikan informasi kejadian di jalan tol

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar otomotif ada disini \

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Setelah Tol Trans Jawa, Pemerintah Siapkan Jalan Tol Baru Sepanjang 18.850 Km

17/09/2020

Pengemudian

5 menit

Pemerintah RI berencana terus menambah ruas jalan tol di Indonesia hingga mencapai 18.850 km, termasuk Tol Trans Jawa, dan Tol Trans Sumatera yang sebagian sudah beroperasi. Seluruh ruas jalan tol ini ditargetkan rampung setelah tahun 2024.

Lihat juga

Jasa Marga Lanjutkan Rekonstruksi Jalan Tol Jagorawi Sepanjang 234,2 m

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga melanjutkan rekonstruksi jalan Tol Jagorawi mulai hari ini, 13 September 2020 hingga sepekan ke depan. Pengendara dimohon untuk berhati-hati!

Lihat juga

Tahun Depan Pemerintah Bangun Jalan Tol Kedua Di Bali

13/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Menemani Jalan Tol Bali Mandara yang sudah beroperasi beberapa tahun, Pemerintah berencana membangun jalan tol kedua yang akan dimulai pada pertengahan 2021.

Lihat juga

Pembebasan Lahan Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Segera Dimulai

09/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Konsultasi publik untuk pembebasan lahan proyek jalan Tol Yogyakarta-Bawen rencananya digelar pada 15-30 September 2020 di tujuh desa terdampak trase.

Lihat juga

Pemerintah Prioritaskan 3 Jalan Tol Untuk Segera Diselesaikan

08/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan setidaknya ada 3 jalan tol prioritas yang pembangunannya bakal disegerakan dalam waktu dekat hingga selesai.

Lihat juga
 
back to top