Begini Jadinya Kalau Yamaha dan Lambretta 'Kawin', Hasilkan Motor Yambretta

19/05/2021

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Apa jadinya jika motor Lambretta dimodifikasi menggunakan mesin Yamaha? Ini lah Yambretta, motor milik warga India yang menghasilkan modifikasi motor tampil lebih cantik!

Lambretta menjadi salah satu skuter legendaris di Negeri Bollywood, India. Keberadaannya dulu pernah menjadi pilihan transportasi bagi banyak keluarga India beberapa dekade lalu. Namun, seiring dengan perubahan waktu dan kemajuan teknologi, masyarakat India mulai beralih ke transportasi yang lebih bersih, efisien, dan aman.

Meskipun begitu, masih banyak peminat di India yang menyimpan mesin tua ini di garasi mereka untuk disimpan atau diretorasi untuk menghidupkan kembali motornya ke masa kejayaan, salah satunya adalah Yambretta yang merupakan perpaduan Yamaha dan Lambretta.

>>> Wuling Almaz RS, Mobil dengan Segudang Fitur Canggih yang Ramah di Kantong

Yambretta: Perpaduan Yamaha dan Lambretta

Perpaduan Yamaha dan Lambretta

Modifikasi Yambretta menggunakan mesin Yamaha

Ialah Senthil Govindraj, yang memodifikasi Vijay Super Mark 2. Seperti dikutip dari Gaadiwaadi.com, seniman tato asal Bengaluru India ini memodifikasi bagian mesinnya menjadi lebih bertenaga. Vijay Super Mark 2 yang menggunakan mesin Lambretta produksi Scooter India Ltd, dimodifikasi oleh Senthil dengan membenamkan mesin 2-tak, berpendingin cairan, 2-silinder, berkapasitas 350 cc yang menghasilkan tenaga hingga 65 hp.

Mesinnya bersumber dari Yamaha Banshee ATV dan merupakan unit berpendingin cairan dengan mesin 65BHP 350 cc. Radiator ditempatkan di bagian depan skuter untuk pendinginan yang efektif. Untuk memberi jalan bagi mesin, sasis skuter harus dipotong terlebih dahulu lalu diperpanjang. Karena pembangkit tenaga yang lebih besar dan lebih bertenaga, rangka baru dibuat agar lebih kuat dari yang biasa.

>>> Sasis Bus Makin Canggih, Yuk Intip Perkembangannya

Menghabiskan Dana Rp 49 Jutaan

Modifikasi Yambretta

Biaya modifikasi Yambretta menghabiskan Rp 49 jutaan

Oleh Senthil, skuter kustom ini diberi nama Yambretta yang menggabungkan antara Yamaha dan Lambretta. Proyek ini membutuhkan waktu sekitar satu tahun dengan biaya Rs. 2.5 lakh atau sebesar Rp 49 jutaan. Meskipun terbilang mahal, Anda pasti tak heran setelah melihat hasilnya yang cantik dengan performa OK.

Tak ketinggalan, sistem pengereman Yambretta juga ditingkatkan dengan cakram ganda di roda depan dan satu cakram di roda belakang. Kick starter dilepas dan sistem self-start telah ditambahkan. Begitu juga suspensi yang sudah ditingkatkan dengan peredam tambahan di depan dan monoshock baru. Lebih kerennya lagi, ada juga sistem knalpot ganda custom sudah diberikan pada motor ini.

Perubahan eksterior lainnya pada Yambretta terjadi di lampu depan utama yang diganti dengan unit LED dengan skema cat merah dan kuning yang dilakukan oleh Motomatic R&D dengan memasukkan merek Gold Flake di panel samping. Jika melihat mesin 2-tak yang digunakan pada motor berat ini, rasa-rasanya akan banyak asap yang dihasilkan.

>>> Baca artikel tips & trik seputar otomotif lainnya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top