Waspadai Derek Liar di Jalan Tol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya

03/12/2019

Pengemudian

3 menit

Waspadai Derek Liar di Jalan Tol, Begini Cara Mendeteksi dan Menghindarinya
Derek liar menyasar mobil-mobil mogok di jalan tol demi mendapat banyak keuntungan. Agar tidak jadi korban, begini saran polisi untuk mengetahui dan menghindarinya.

Mobil mogok di jalan tol jadi masalah tersendiri bagi pengemudi. Dan satu-satunya yang diharapkan bisa memberi pertolongan adalah layanan pengelola jalan tol, dari sekadar menyelesaikan di tempat hingga penderekan. Sebagai layanan untuk kepuasan konsumen, layanan ini seluruhnya gratis tanpa dipungut biaya.

Foto Mobil mogok di jalan tol sedang diderek petugas

Mobil mogok di jalan tol, bukan sesuatu yang diharapkan

>>> Waspadalah, Ini Gejala Mobil Mogok Yang Harus Anda Ketahui

Nah, terkadang yang terjadi saat mobil mogok di jalan tol malah ketambahan masalah lagi dengan ulah derek liar. Mereka datang dengan modus memberi pertolongan, tapi ujung-ujungnya melakukan pemerasan. Karenanya polisi menyarankan saat mobil mengalami mogok di jalan tol sebaiknya waspada jika ada mobil derek tiba-tiba datang.

"Kalau di jalan tol sebenarnya cenderung aman, tapi memang kita tidak bisa pungkiri bila masih ada ulah sebagian kelompok yang mungkin masih menjalankan aksinya." tutur Kasat PJR Polda Metro Jaya AKBP Sutimin seperti dikutip dari Kompas.com, (30/11/2019).

Berikut indikasi mobil derek liar di jalan tol:

  1. Tidak ada logo atau nomor layanan yang tertera pada mobil. Tiap-tiap ruas jalan tol dilengkapi dengan beragam fasilitas oleh pengelolanya, termasuk mobil derek. Pastikan yang datang adalah mobil derek resmi milik pengelola jalan tol dengan cara melihat logo dan nomor layanan yang tertera. Jika yang datang mobil polosan, ada kemungkinan mobil derek tersebut adalah derek liar.
  2. Warna plat nomor hitam. Mendeteksi mobil derek liar bisa juga dilakukan dengan cara yang lebih mudah, lihat plat nomornya warna merah atau hitam. Kalau merah bisa dipastikan itu mobil derek resmi. Kalau plat nomor warna hitam kemungkinannya ada dua, mobil milik bengkel resmi merek yang telah dihubungi, atau mobil derek liar yang sedang mencari mangsa.
  3. Tidak bisa dikonfirmasi ke pihak tol. Jika tidak yakin dengan mobil derek yang datang, resmi atau derek liar, ada baiknya konfirmasi ke pihak tol. Hubungi nomor layanan jalan tol dan sampaikan apa yang Anda alami dan Anda lihat. Tanyakan juga kebenaran soal mobil derek tersebut.
  4. Harus bayar. Layanan derek resmi pengelola jalan tol diberikan secara gratis hingga pintu keluar terdekat tanpa sepersen pun harus membayar. Baru setelah itu ditawarkan apakah ingin diantar sampai bengkel atau tidak. Jika iya baru dijelaskan biaya yang harus dibayarkan sebagai jasa disesuaikan jauh dekatnya lokasi bengkel. Ini pun bersifat opsional, pengemudi boleh setuju atau menolak. Jika ada mobil derek ujug-ujug langsung menderek ke bengkel tanpa dikonfirmasi dan tanpa penjelasan biaya, kemungkinan besar itu derek liar. Anda bisa menghubungi pihak berwajib atas ketidaknyamanan ini.

>>> Mogok Di Tol Trans-Jawa? Tenang, Catat Daftar Nomor Telepon Mobil Derek Berikut Ini

Foto Mobil derek resmi jalan Tol Cipali

Layanan derek di jalan tol gratis hingga pintu keluar terdekat

>>> Dapatkan Tips Menarik dari Bermanfaat Lainnya di Sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top