Waspada Sensor Mundur Tidak Bekerja Sempurna

19/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Waspada Sensor Mundur Tidak Bekerja Sempurna
Salah satu fitur umum pada mobil modern saat ini adalah sensor parkir yang menginformasikan kepada pengemudi adanya rintangan di belakang saat parkir atau mundur. Tetapi patut waspada karena ada beberapa hal yang membuat sensor mundur tidak bekerja.

Tidak berfungsinya sensor mundur pada mobil tentu bisa membuat pengemudi kesulitan untuk memastikan apakah jarak kendaraan dengan rintangan di belakang masih aman atau tidak. Kesalahan melakukan hal ini bisa berakibat pada kecelakaan yang tidak terduga. Beri perhatian lebih pada sensor mundur selama pengendaraan.

Pastikan sensor dalam keadaan bersih agar berfungsi dengan normal

Selama kondisi sensor bersih maka seharusnya bisa berfungsi dengan baik

Salah satu hal yang membuat sensor mundur tidak bekerja adalah adalanya tumpukan es, salju atau bahkan lumpur tepat pada sensor. Biasanya ketika musim hujan dan Anda melalui jalanan yang berlumpur dan becek akan membuat sensor tertutup. Bersihkan dahulu sensor dari kotoran sehingga bisa berfungsi kembali dengan baik.

>>> Sedang mencari membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Meski Indonesia tidak ada musim dingin atau salju, namun sensor mundur tidak bekerja bila membeku karena temperatur yang sangat rendah. Cairkan terlebih dahulu pembekuan pada sensor dan secara otomatis akan beroperasi dengan baik setelah tidak membeku. Hal lain yang membuat sensor mundur tidak bekerja adalah ditutupi oleh tangan atau terhalang beda lainnya.

Adanya tumpukan salju atau lumpur bisa menghalangi sensor dan tidak berfungsi dengan baik

Tumpukan salju atau lumpur sehabis dan menutupi sensor bisa membuat kerja sensor tidak optimal

Menariknya, back sonar yang bekerja dengan gelombang ini juga bisa membuat sensor mundur tidak bekerja ketika di belakang ada suara klakson dari kendaraan lain, suara mesin yang kencang dari sepeda motor, suara rem angin dari kendaraan besar seperti truk atau segala benda yang memancarkan gelombang supersonik seperti sensor mundur dari kendaraan lain yang mendekat.

>>> Temukan tips dan trik otomotif terpercaya dan terlengkap hanya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Memahami Jenis Suara Buzzer Sensor Mundur Pada Daihatsu Ayla

20/02/2019

Pengemudian

Daihatsu Ayla tipe 1.0 X dan 1.2 R sudah dilengkapi dengan sensor back sonar yang berfungsi untuk mendeteksi adanya rintangan di belakang. Fitur sensor mundur ini akan sangat berguna saat Anda parkir. Namun ternyata ada jenis suara pada sensor tersebut yang mengindikasikan jarak aman. Berikut jenis suara sensor mundur pada Daihatsu Ayla.

Lihat juga

Bukan Hanya Sensor Airbag, Inilah Jenis-jenis Sensor Pada Mobil

07/09/2018

Pengemudian

Mobil modern saat ini semuanya sudah menggunakan sistem ECU (Electronic Control Unit) bersamaan dengan hadirnya teknologi EFI (Electronic Fuel Injection). Tidak heran banyak mobil modern saat ini menggunakan banyak sensor, dan inilah jenis-jenis sensor pada mobil.

Lihat juga

Tipe dan Fungsi Sensor pada Mobil

12/01/2018

Pengemudian

Mobil modern terdiri dari banyak komponen elektronik dan listrik yang saling melengkapi. Komponen tersebut terdiri dari sensor, relay dan aktuator mesin. bagian sensor pada mobil. Beberapa fungsi sensor mobil merupakan salah satu bagian penting untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.

Lihat juga

Mengetahui Apakah Odometer Mobil Bekas Sudah Dimundurkan atau Diatur

18/04/2018

Jual beli

10 menit

Jarak tempuh biasanya menjadi salah satu parameter umum untuk membeli mobil bekas. Tapi, penjual mobil bekas biasanya menggunakan kesempatan ini untuk memanipulasi odometer. Lalu, bagaimana cara mengetahui odometer mobil bekas sudah dimundurkan atau masih asli?

Lihat juga

Tips Memundurkan Mobil Ketika Parkir: Metode Berbelok untuk Parkir Paralel

19/02/2018

Pengemudian

Mengemudi dengan gigi mundur sambil berbelok merupakan salah satu kepandaian yang dibutuhkan jika Anda ingin mengendarai mobil. Banyak kondisi yang membutuhkan keahlian ini, salah satunya ketika Anda ingin parkir parallel atau keluar dari parkir.

Lihat juga