Waspada! Kaca Film Gelap Justru Bisa Mengundang Pelaku Kejahatan

08/05/2020

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Waspada! Kaca Film Gelap Justru Bisa Mengundang Pelaku Kejahatan
Kaca film gelap rupanya tak menjamin para pengendara aman di jalan. Rupanya dari sisi keamanan, mobil dengan kaca film gelap juga mengundang tindak kejahatan.

Kaca film pada mobil dapat berfungsi sebagai penahan panas. Berkat teknologi yang diusungnya, kaca film dapat menyerap panas dan memantulkan sinar ultraviolet sehingga suhu di dalam kabin mobil tetap sejuk. 

Tak cuma itu, kaca film juga memiliki peran sebagai pengaman. Dengan memasangnya pada mobil, privasi seorang pengendara di dalam mobil bisa lebih terjaga sesuai dengan tingkat kegelapannya. Semakin gelap tentu orang dari luar akan sulit melihat ke dalam kabin mobil. 

>>> Cegah Mundur, Ini Cara Menyetir Mobil Manual di Jalan Menanjak

Kaca Gelap Bukan Berarti Aman

Nah tapi jangan salah, kaca yang terlalu gelap justru dapat berpotensi mengundang tindak kejahatan. Mengapa demikian? 

"Ketika orang mau berbuat jahat, dia sudah berhitung berapa nilai dan risikonya dan itu berpengaruh terhadap kaca film yang gelap. Kalau kaca gelap kan penjahat nggak bisa ngitung nilainya," kata Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana saat dihubungi Cintamobil.com, Rabu (6/5/2020). 

Kaca film

Kaca mobil yang memantul

"Jadi istilahnya penjahat terhadap kaca film yang gelap, beli kucing dalam karung, yang penting pecahkan kaca dulu ambil barangnya, nilai tergantung nantinya," sambung Sony. 

>>> Mungkinkah Toyota Yaris Cross Diboyong ke Indonesia?

Kaca yang gelap biasanya tersemat pada mobil-mobil premium demi menjaga privasinya. Namun justru hal ini semakin membuat para pelaku kejahatan kian penasaran. 

"Apalagi mobil premium, tas kresek di dalam cabinnya aja dikira uang," terang Sony. 

Untuk itu, dirinya menyarankan agar para pengendara lebih waspada dan tidak sembarangan menaruh barang di dalam mobil. Usahakan untuk memindahkan barang atau bila perlu membawanya sehingga tak membuat orang penasaran hingga akhirnya berani bertindak nekat. 

>>> Ini Syarat yang Boleh Pergi ke Luar Daerah di Tengah Larangan Mudik

Tak hanya itu, lokasi parkir juga turut menjadi perhatian para pelaku melancarkan aksi jahatnya. Sebisa mungkin untuk mencari lokasi parkir yang ramai dan bila malam hari carilah tempat terang. 

Tindak Kejahatan di Jalan Tengah Meningkat

Seperti diketahui belakangan ini kejahatan di jalan raya dengan modus pecah kaca memang kembali marak. Korbannya pun beragam. Mulai dari BMW milik Dokter Tirta yang kaca mobilnya dipecah hingga laptopnya raib.

Kaca mobil dipecah

Kaca mobil BMW milik Dokter Tirta dipecah perampok

Tak lama berselang, pengendara Innova di Depok juga mengalami tindak kejahatan pecah kaca mobil saat sedang parkir di pinggir jalan. Namun sang pelaku kejahatan tak menyangka bila di dalam mobil ada orang dan segera mengejarnya. 

"Ada beberapa catatan kenaikan kejahatan jalanan secara kuantitas dan kualitas seperti pejambretan, perampokan, pencurian kendaraan bermotor dan pembongkaran beberapa minimarket," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adisaputra belum lama ini. 

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Tips Nyetir Supercar yang Aman di Jalan

04/05/2020

Pengemudian

5 menit

Kecelakaan yang melibatkan sebuah supercar kembali mengingatkan kepada kita bertapa pentingnya pemahaman nyetir supercar yang aman di jalan. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Lihat juga

Tips Merawat Mobil Saat Kerja di Rumah Dari Daihatsu

01/05/2020

Perawatan dan service

3 menit

Tidak menggunakan mobil bukan berarti tidak merawatnya. Bagi Anda yang bekerja di rumah, berikut tips merawat mobil dari Daihatsu untuk menjaga mobil dalam kondisi prima.

Lihat juga

Berikut Tips Gunakan Transmisi Matik untuk Pemula yang Aman

28/02/2020

Pengemudian

5 menit

Meski sepintas mudah, mengendarai mobil transmisi matik butuh perhatian khusus, terlebih untuk pemula. Untuk itu, simak tips gunakan transmisi matik berikut ini

Lihat juga
 
back to top