Waspada Efek Sleep Apnea yang Sering Jadi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

10/07/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Waspada Efek Sleep Apnea yang Sering Jadi Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas
Jangan pernah abaikan jika menemui seseorang yang mendengkur ketika tidur. Karena mungkin itu adalah gejala sleep apnea. Dan efek sleep apnea ternyata menjadi penyebab kematian kecelakaan di jalan raya.

Penyakit sleep apnea sering dianggap remeh oleh banyak kalangan. Ketika seseorang mendengkur alias ngorok, banyak yang menganggap jika hal itu hanya kebiasaan buruk saat seseorang tidur saja.

>>> 6 Penyakit Ini Bisa Mengganggu Saat Mengemudi

Padahal mendengkur merupakan satu gejala dari penyakit ini. Penderita sleep apnea akan mengalami penyempitan saluran pernafasan ketika tidur. Dan hal ini akan terjadi berluang kali sepanjang malam. Efek sleep apnea membuat si penderita akan sering terbangun.

1. Ribuan Korban Lalu Lintas Tiap Tahun

tertidur saat mengemudi

Penderita sleep apnea mudah mengantuk secara berlebihan

Siapa sangka, sebuah laporan di Amerika Serikat (AS) menyebut, jika penyakit ini mampu menyebabkan 1.400 kematian akibat kecelakaan lalu lintas tiap tahunnya. Kecelakaan terjadi karena efek sleep apnea yang membuat pengemudi mengalami rasa kantuk yang berlebihan.

>>> Temukan promo mobil baru terbaik disini

Ketika rasa kantuk muncul saat seseorang berkendara, maka dirinya akan mengalami kesulitan berkendara di jalur yang benar. Bahkan dalam penelitian itu disebabkan, penderita sleep apnea hanya bisa bertahan mengemudi selama 90 menit sebelum akhirnya mengalami tabrakan di jalan.

2. Larangan Berkendara

tidur di mobil saat mengemudi

Ada larangan berkendara bagi penderita sleep apnea

Karena bahaya dari penyakit ini, di Eropa sudah ada larangan mengemudi terhadap penderita sleep apnea. Para pengemudi kendaraan umum yang juga terdeteksi mudah mengalami rasa kantuk, tidak diperbolehkan berkendara demi alasan keselamatan penumpang.

Karena selain mengantuk di siang hari, efek sleep apnea juga berpotensi menyebabkan penyakit jantung dan stroke yang juga berbahaya jika menyerang ketika seseorang sedang berkendara. Jadi hati-hati ya jika menemui orang yang tidur mendengkur!

>>> Baca tips dan trik menarik lainnya disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Penyakit Ringan Tapi Berbahaya Saat Mengemudi

08/06/2017

Pengemudian

Ketika terkena flu, migrain, diare, ambeien atau maag, sebaiknya Anda hindari aktifitas mengemudi karena sangat bahaya. Walaupun penyakit-penyakit tersebut adalah penyakit yang ringan saja namun jika terkena penyakit tersebut akan mengurangi konsentrasi pengemudi.

Lihat juga

5 Makanan yang Bisa Membuat Ngantuk, Jangan Dikonsumsi Kalau Mau Nyetir Ya!

24/05/2019

Pengemudian

4 menit

Musuh utama ketika berkendara adalah mengantuk, dan tanpa disadari, ternyata ada beberapa makanan yang bisa membuat ngantuk lho! Nah sebaiknya Anda menghindari makanan-makanan ini ya jika ingin berkendara.

Lihat juga

Bukan Sekedar Alasan Sopan, Angkat Kaki ke Dasbor Berbahaya!

28/06/2019

Pengemudian

4 menit

Kebiasaan angkat kaki ke dasbor ternyata bisa beresiko untuk memicu cedera parah terutama saat terjadi kecelakaan. Hal ini akibat kaki bisa menjadi boomerang yang akan melukai tubuh Anda sendiri.

Lihat juga

Review New Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019

04/02/2019

Editor rate:

Medium Duty Truck adalah salah satu kelas yang 'berdarah-darah' lazimnya seperti kelas di pasar mobil Low Multi Purpose Vehicle. Setiap pabrikan truk macam UD Trucks, Mitsubishi, Hino, hingga Isuzu melakukan berbagai strategi untuk memenangi pasar. Dan, di pertengahan bulan Januari 2019 ini PT Isuzu Astra Motor Indonesia meluncurkan New Isuzu Giga untuk bertarung dikelas ini. Dan kini kami berkesempatan untuk mengulas lebih dalam mengenai New Isuzu Giga Tractor Head tipe GXZ 60 K ABS.

Lihat juga

Daihatsu Hi-Max 2021: Daftar Harga mobil Daihatsu Hi-Max terbaru Januari

01/01/2021

Daihatsu

Daihatsu juga dikenal akan produk niaganya yang dirilis 2016 lalu yakni Daihatsu Hi-Max. Berangkat dari kondisi masyarakat Indonesia yang banyak memiliki usaha mikro dan makro, membuat pihak Daihatsu menghadirkan model Pick-Up yang hadir dengan tampilan trendi dan multifungsi. Berapa daftar harga Daihatsu Hi-Max terbaru 2020?

Lihat juga
 
back to top