Waspada, Alas Kaki Bisa Jadi Penyebab Kecelakaan

18/07/2019

Pengemudian

3 menit

Mengemudi dengan nyaman hal penting untuk setiap orang. Tidak hanya dari kondisi mobil maupun fitur yang disajikan, tetapi pakaian hingga alas kaki yang digunakan turut menunjang. Tetapi Anda harus waspada, hal sepele seperti salah memilik alas kaki ternyata bisa menjadi penyebab kecelakaan. Kok bisa?

Masih banyak pengemudi yang kurang peduli dengan alas kaki yang digunakan untuk menginjak pedal gas, rem atau kopling untuk transmisi manual. Bahkan ada beberapa pengemudi yang menggunakan pilihan yang salah dalam penggunaan alas kaki. Masih banyak pengemudi yang mengeluhkan kesulitan ketika mengemudi karena sepatu yang dikenakannya tidak nyaman. Akibat kelalaian ini pun ada saja yang terlibat kecelakaan karena kehilangan kendali.

Sepatu tebal untuk mengemudi

Jangan gunakan sepatu dengan sol tebal ketika mengemudi

Menggunakan sepatu saat mengemudi mobil adalah salah satu komponen penting. Kaki yang nyaman dan rileks, maka bisa membuat pengendalian mobil lebih baik dan teman bisa bereaksi lebih cepat terhadap perubahan lalu lintas. Maka dari itu ketika Anda salah memilih sepatu untuk mengemudi, bukan hanya soal kenyamanan tapi juga potensi bahaya karena bisa menjadi penyebab kecelakaan.

>>> Hati-hati, Tas Dan Botol Minum Bisa Jadi Sumber Bahaya di Jalan

Sol dan tumit menjadi bagian penting pada pemilihan sepatu untuk mengemudi. Jika Anda menggunakan sepatu dengan sol yang tebal, maka kurang merasakan pedal dengan baik. Akibatnya tidak dapat menilai dengan tepat tekanan yang harus diberikan pada setiap pedal yang diinjak. Hal ini cukup berbahaya karena disaat melakukan pengereman, bisa-bisa Anda menginjak terlalu dalam atau tidak mengerem sama sekali hingga terjadi tabrakan yang tidak bisa dihindari.

Sepatu hak tinggi untuk mengemudi

Untuk wanita tidak disarankan mengemudi menggunakan hak tinggi

Kunci dari pemilihan alas kaki atau sepatu disini adalah Anda bisa merasakan pedal dengan baik. Hal tersebut berguna untuk memperkirakan tekanan pada pedal yang harus diberikan sesuai dengan kondisi lalu lintas. Hindari menggunakan sol sepatu yang tebal serta telapak yang lebar. Telapak yang lebar bisa membuat Anda menekan dua pedal secara bersamaan dan menjadikannya penyebab kecelakaan.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Sedangkan untuk pengemudi wanita, jangan pernah menggunakan sepatu hak tinggi saat berkendara. Perlu diingat bahwa dalam mengemudi, tumit kaki harus selalu berada di lantai. Apa gunanya? Untuk mencapai tekanan pedal yang benar. Ketika menggunakan sepatu hak tinggi, akan menyebabkan tumit tidak berpijak ke lantai dan kemampuan mengukur tekanan menjadi hilang. Lantas bagaimana bila menggunakan alas kaki seperti sandal jepit?

Sepatu berwarna merah dengan mobil Ferrari

Pilih sepatu dengan sol tipis dan tumit yang nyaman untuk mengemudi

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

Ternyata itu juga pilihan yang salah. Karena alas kaki dengan model sandal jepit mudah lepas dan bisa tersangkut di bawah pedal. Bisa dibayangkan ketika Anda harus memindakan kaki dari pedal gas ke rem karena ada rem mendadak, tetapi kaki tersangkut di pedal gas, maka bisa terjadi kecelakaan. Karena mudah lepas, fokus mengemudi Anda juga bisa terganggu ketika sandal terlepas karena harus melirik ke bawah.  Gunakanlah sepatu saat berkendara dan pilih alas kaki yang tepat agar tidak menjadi penyebab kecelakaan.

Jadi pada intinya gunakanlah sepatu saat berkendara, pilih sepatu yang menurut Sahabat cocok dengan karakter berkendara kamu. Memang membeli sepasang sepatu untuk mengemudi mungkin bukan menjadi prioritas sebagian besar pengemudi di Indonesia. Tapi dengan perkembangan zaman dan fashion, banyak sepatu mengemudi yang bisa juga dibawa keluar selain di belakang kemudi.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

 
back to top