Wanita Harus Tahu! Begini Posisi Duduk yang Benar saat Nyetir

08/02/2021

Pengemudian

3 menit

Posisi duduk yang benar harus diterapkan ketika Anda menyetir. Posisi duduk yang benar ini juga perlu diketahui pengendara wanita agar lebih aman dan nyaman.

Posisi duduk rupanya cukup memberikan pengaruh terhadap keselamatan di jalan. Hal ini yang kerap diabaikan oleh pengendara, termasuk pengemudi wanita. Dalam sebuah studi menunjukan bahwa pengendara wanita yang menggunakan seatbelt 47 persen lebih berisiko mengalami luka parah saat kecelakaan karena postur tubuh berukuran lebih kecil dan posisi duduk salah. 

Mengutip laman DriversEd, airbag dapat mengembang bila mobil mencapai kecepatan tertentu. Kalau Anda duduk terlalu dekat dengan setir saat terjadi tabrakan, maka kemungkinan cidera parah sangat besar akibat terkena airbag. Posisi duduk yang benar saat nyetir dapat membantu sistem keamanan dalam berkendara lebih optimal melindungi sepanjang perjalanan. 

Close-up of female hand fastening a safety belt Free Photo

Pastikan seat belt terpasang sebelum memulai perjalanan

Perlu diingat, salah satu cara untuk mencegah kecelakaan adalah menjadi pengendara yang defensif. Mencari posisi duduk yang tepat termasuk salah satu diantaranya. Lalu, seperti apa posisi duduk yang tepat agar Anda bisa menyetir dengan nyaman dan aman? 

>>> 5 Perawatan Mobil yang Wajib Diketahui Wanita

1. Sesuaikan Setir

Menyesuaikan arah setir menjadi satu hal yang penting. Supaya tetap aman dan nyaman di jalan, Anda bisa memposisikan setir sejajar dengan posisi dada Anda bukan kepala ataupun leher. 

Business woman hand using a car automatic gear. woman driving concept Free Photo

Posisi dada dan setir usahakan sejajar

2. Mundurkan Kursi

Selain setir, posisi kursi juga memiliki peran penting. Maka dari itu posisikan kursi jangan terlalu dekat dengan setir. Anda bisa sedikit memundurkannya ke belakang namun pedal masih dapat terinjak dengan baik. Setidaknya posisi tulang dada Anda harus berada 10 inchi dari setir. 

>>> Dear Ladies, Jangan Asal Pakai Alas Kaki untuk Menyetir Ya!

3. Sesuaikan Sandaran Kursi

Bila posisi duduk masih terlalu dekat meski kursi sudah dimundurkan, berarti Anda juga harus menyesuaikan sandaran. Kalau Anda kesulitan melihat jalan, maka sandaran kursi harus dimajukan. Atau kalau posisinya terlalu tegak, Anda bisa memundurkan sandaran dan menambah bantal. Tapi perlu diingat bahwa kaki masih bisa menginjak pedal dengan baik. 

Portrait of smiling driver woman fastening her seatbelt before driving a car. Free Photo

Posisi tangan juga harus disesuaikan

4. Posisi Tangan Arah Jam 9 dan 3

Posisikan tangan Anda sesuai dengan arah jam 9 dan juga jam 3. Posisi menyetir ini dinilai yang paling aman dan nyaman serta bisa membuat Anda mendapatkan kontrol penuh akan setir. 

5. Gunakan Seat Belt

Kalau posisi duduk sudah nyaman dan siap berkendara, jangan lupa untuk tetap menggunakan seat belt. Seat belt dapat mengurangi risiko cidera parah. Supaya lebih efektif, penting untuk menggunakan seat belt dengan benar. Seat belt harus berada di posisi menyilang dada Anda. Sementara bagian seat belt lainnya melewati pinggul. 

>>> Jangan Asal Pilih, Ketahui Tips Membeli Mobil untuk Wanita

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top