Kapan Waktu yang Tepat Menyalakan Lampu Hazard?

05/11/2020

Pengemudian

3 menit

Kapan Waktu yang Tepat Menyalakan Lampu Hazard?
Masih banyak pengendara salah kaprah dalam penggunaan lampu hazard saat berkendara. Lantas kapan waktu yang tepat menyalakan lampu hazard? Simak penjelasannya.

Tak semua pengendara mengerti waktu yang pas untuk menyalakan lampu hazard. Tidak jarang pengendara malah menggunakan lampu hazard di waktu yang salah. Kurangnya pemahaman terhadap fungsi lampu hazard membuat pengendara lain merasa kebingungan. 

Kesalahan umum yang dilakukan oleh para pengendara yaitu menyalakan lampu tanda bahaya ketika kendaraan melaju di tengah derasnya hujan. 

Kondisi ini dianggap berbahaya, karena pengendara lain tidak mengetahui laju kendaraan Anda akan menuju ke arah mana. Hal ini terjadi karena lampu darurat ini berada di setiap sudut kendaraan yang membuat mobil terlihat belok tanpa sein.

Lampu hazard

Lampu hazard tak bisa dinyalakan sembarangan

>>> Bahaya Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan, Sebaiknya Aktifkan Fitur Ini

Fungsi Lampu Hazard

Ketika lampu tanda bahaya tersebut dinyalakan, otomatis lampu sein tidak akan berfungsi karena lampu pada bagian belakang dan depan akan berkedip bersamaan. 

Sedangkan bagi kendaraan yang berada di bagian kiri atau kanan, akan menganggapnya sebagai tanpa lampu sein biasa. Perilaku pengendara mobil inilah yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. 

Fungsi lampu hazard sejatinya adalah untuk memberikan sinyal atau isyarat adanya keadaan darurat, sehingga meminta kendaraan lainnya untuk berhati hati. Sayangnya sinyal pemberitahuan tersebut kerap diabaikan oleh pengendara lainnya, bahkan disalahgunakan oleh pengendara mobil itu sendiri. 

Lantas kapan waktu yang tepat untuk menyalakan lampu hazard? Mengutip laman Daihatsu Indonesia, lampu hazard bisa dinyalakan dalam kondisi tertentu dan hujan tak termasuk di dalamnya. Berikut rinciannya. 

Lampu hazard

Masih banyak pengendara yang menyalakan lampu hazard saat hujan deras

>>> 2 Cara Bikin Lampu Depan Mobil Kinclong Lagi

1. Saat Mobil Mogok

Ketika Anda menegalami mogok dan mesin tak bisa dinyalakan ini adalah waktu yang tepat menyalakan lampu hazard. Kondisi ini berpotensi membahayakan pengendara lainnya, sehingga Anda perlu menekan tombol segitiga merah tersebut sebagai sinyal bahaya. 

2. Kecelakaan 

Pengendara juga wajib menyalakan lampu tanda bahaya tersebut ketika mengalami kecelakaan. Sesuai dengan fungsi lampu hazard itu sendiri, dimana pengendara lainnya dapat mengetahui kondisi Anda dan memilih untuk berhenti atau ikut memberikan sinyal darurat untuk pengendara lainnya agar berhati hati karena terjadi suatu kondisi. 

Nah, usai mengetahui fungsi tombol dengan berlambangkan segitiga merah pada mobil Anda, sebaiknya anda mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakannya. Ketika tombol tersebut dinyalakan pada saat yang tepat, maka kendaraan lainnya dapat menangkap sinyal tersebut dan segera mengambil tindakan yang benar. Keselamatan Anda dan pengendara lainnya di jalan pun dapat terjaga. 

>>> Lagi Jadi Tren, Simak Kelebihan dan Kelemahan Lampu LED

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top