Wajib Diketahui Wanita, Cara Menyalip Mobil yang Benar di Jalan

19/02/2021

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Wajib Diketahui Wanita, Cara Menyalip Mobil yang Benar di Jalan
Teknik cara menyalip mobil yang benar wajib diketahui oleh seluruh pengendara, tak terkecuali wanita. Berikut cara menyalip mobil yang bisa dipraktikan.

Setiap pengendara di jalan memacu kendaraannya dengan kecepatan yang berbeda. Tak semuanya patuh pada aturan yang ditetapkan. Ada yang memacu kendaraan sesuai dengan aturan tapi tidak sedikit pula melebihi batas kecepatan. 

Saat berkendara melebihi batas kecepatan, sering ditemui pengendara melakukan aksi salip menyalip dengan maksud bisa sampai tempat tujuan lebih cepat. Perlu diketahui, menyalip kendaraan itu tak bisa sembarangan. Apalgi kalau jalanan yang dilintasi hanya memiliki satu jalur. Teknik menyalip harus diketahui semua pengemudi, tak terkecuali pengendara wanita. 

Bagi Anda pengendara wanita ada baiknya simak cara menyalip mobil yang benar dikutip Cintamobil dari laman Wuling Indonesia, Jumat (19/2/2021). 

Mobil menyalip saat jalanan kososng

Jangan asal menyalip, perlu perhitungan tersendiri

>>> Wanita Harus Tahu! Begini Posisi Duduk yang Benar saat Nyetir

1. Jangan Asal Nyalip

Anda mungkin merasa kesal ketika berada di belakang pengendara yang mengemudikan kendaraannya dengan lambat. Padahal dari jarak pandang Anda tidak ada halangan di depan kendaraan tersebut. Otomatis Anda ingin segera menyalipnya, kan? Sebelum menyalip, ada baiknya perhatikan keamanannya dengan mempertimbangkan seberapa perlu Anda menyalip kendaraan di depan.

Cara menyalip mobil yang benar adalah perhatikan kondisi jalan sekitar. Cek juga rambu-rambu lalu lintas dilarang mendahului karena kondisi jalan yang tak memungkinkan. Pastikan juga visibilitas Anda jelas sebelum mencoba menyalip. Juga pastikan tak ada kendaraan dari lawan arah untuk mencegah terjadinya tabrakan. Hindari untuk menyalip jika visibilitas Anda tak jelas, misalnya pada saat hujan dan pada saat berada di tikungan yang berisiko kecelakaan.

gambar mobil ingin menyalip namun ada kendaraan lain dari arah berlawanan

Pastikan kondisi jalan di depan dan dari arah berlawanan sepi

>>> Ada Peran Wanita Indonesia di Balik Fitur Autopilot Tesla

2. Hindari Mengekor Kendaraan Depan saat Menyalip 

Apabila ada kendaraan di depan Anda terlebih dulu menyalip, jangan langsung membuntutinya. Pengendara itu pastinya sudah memperhitungkan ruang yang cukup untuk mobilnya menyalip. Tapi ruang untuk menyalip tersebut bisa jadi tak cukup bagi Anda menyalip dan malah bisa membahayakan. Menyalip dengan mengikuti kendaraan depan juga berarti Anda tak memiliki visibilitas yang baik.

Foto menunjukkan posisi mobil siap mendahului kendaraan lain

Performa mobil juga harus dalam kondisi baik

>>> 5 Perawatan Mobil yang Wajib Diketahui Wanita

3. Pastikan Performa Mobil Mumpuni 

Sebelum menyalip, pastikan kendaraan Anda memang mampu melakukannya. Mampu di sini maksudnya kondisi dan performa mobil baik. Hindari menyalip saat sedang membawa barang dengan bobot berlebih sehingga mobil jadi lebih berat. Ini bisa menghambat kendaraan Anda saat menyalip. 

4. Nyalakan Lampu Sein

Ini menjadi salah satu hal paling penting saat Anda akan menyalip. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein ketika akan menyalip mobil. Kalau Anda sebagai pengendara wanita sering mengabaikan hal ini, sebaiknya mulai mengubahnya ya.

Tidak Boleh Seenaknya Sendiri, Ini Etika Menyalakan Lampu Sein

Nyalakan lampu sein sebelum menyalip

Menyalakan lampu sein dilakukan guna memberi tahu kepada pengendara lain agar mereka bisa lebih waspada. Jangan lupa untuk mengakselerasikan kendaraan Anda lebih cepat daripada seharusnya ketika menyalip supaya tidak membahayakan pengendara lain. 

Nah bagi kaum hawa, kalau sudah mengetahui cara menyalip mobil yang benar sebaiknya tetap mematuhi aturan saat berkendara ya. Ini dilakukan agar tak dianggap sebelah mata dan tak lihai dalam berkendara. 

>>> Jangan Asal Pilih, Ketahui Tips Membeli Mobil untuk Wanita

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Studi: Ini Penyebab Pengemudi Wanita Rentan Cedera dalam Kecelakaan

15/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Penelitian baru menemukan pengemudi wanita berisiko lebih tinggi terluka dalam kecelakaan dibandingkan pria dalam tabrakan dengan tingkat keparahan yang sama.

Lihat juga

Cara Mengatasi Mobil Mogok untuk Wanita

02/07/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mobil mogok memang penyebabnya beragam dan jadi momok tersendiri apalagi bagi wanita, nah berikut ini kami berikan cara mengatasi mobil mogok untuk wanita

Lihat juga

Kyoko Shimada, Pelopor 'Sentuhan' Wanita di Mobil Nissan

10/07/2020

Event - Promosi

3 menit

Mari kenal lebih dekat dengan Kyoko Shimada, ia adalah wanita pertama dalam sejarah yang menjadi desainer mobil di Jepang dan memberi sentuhan di produk Nissan

Lihat juga

Dubai untuk Pertama Kalinya Rekrut Wanita Jadi Pengemudi Bus

17/07/2020

Event - Promosi

4 menit

Dubai baru saja merekrut tiga orang wanita yang akan menjadi pengemudi bus. Ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam kesetaraan gender di beragam pekerjaan.

Lihat juga

Mana yang Lebih Jago Nyetir, Pengemudi Wanita atau Pria?

15/06/2020

Pengemudian

4 menit

Ada yang mengatakan bahwa pengemudi wanita tak lebih baik dari kaum pria ketika berada di balik setir. Benarkah demikian? Berikut fakta-fakta menariknya.

Lihat juga
 
back to top