Wajib Diketahui Wanita, Cara Menyalip Mobil yang Benar di Jalan

19/02/2021

Pengemudian

4 menit

Teknik cara menyalip mobil yang benar wajib diketahui oleh seluruh pengendara, tak terkecuali wanita. Berikut cara menyalip mobil yang bisa dipraktikan.

Setiap pengendara di jalan memacu kendaraannya dengan kecepatan yang berbeda. Tak semuanya patuh pada aturan yang ditetapkan. Ada yang memacu kendaraan sesuai dengan aturan tapi tidak sedikit pula melebihi batas kecepatan. 

Saat berkendara melebihi batas kecepatan, sering ditemui pengendara melakukan aksi salip menyalip dengan maksud bisa sampai tempat tujuan lebih cepat. Perlu diketahui, menyalip kendaraan itu tak bisa sembarangan. Apalgi kalau jalanan yang dilintasi hanya memiliki satu jalur. Teknik menyalip harus diketahui semua pengemudi, tak terkecuali pengendara wanita. 

Bagi Anda pengendara wanita ada baiknya simak cara menyalip mobil yang benar dikutip Cintamobil dari laman Wuling Indonesia, Jumat (19/2/2021). 

Mobil menyalip saat jalanan kososng

Jangan asal menyalip, perlu perhitungan tersendiri

>>> Wanita Harus Tahu! Begini Posisi Duduk yang Benar saat Nyetir

1. Jangan Asal Nyalip

Anda mungkin merasa kesal ketika berada di belakang pengendara yang mengemudikan kendaraannya dengan lambat. Padahal dari jarak pandang Anda tidak ada halangan di depan kendaraan tersebut. Otomatis Anda ingin segera menyalipnya, kan? Sebelum menyalip, ada baiknya perhatikan keamanannya dengan mempertimbangkan seberapa perlu Anda menyalip kendaraan di depan.

Cara menyalip mobil yang benar adalah perhatikan kondisi jalan sekitar. Cek juga rambu-rambu lalu lintas dilarang mendahului karena kondisi jalan yang tak memungkinkan. Pastikan juga visibilitas Anda jelas sebelum mencoba menyalip. Juga pastikan tak ada kendaraan dari lawan arah untuk mencegah terjadinya tabrakan. Hindari untuk menyalip jika visibilitas Anda tak jelas, misalnya pada saat hujan dan pada saat berada di tikungan yang berisiko kecelakaan.

gambar mobil ingin menyalip namun ada kendaraan lain dari arah berlawanan

Pastikan kondisi jalan di depan dan dari arah berlawanan sepi

>>> Ada Peran Wanita Indonesia di Balik Fitur Autopilot Tesla

2. Hindari Mengekor Kendaraan Depan saat Menyalip 

Apabila ada kendaraan di depan Anda terlebih dulu menyalip, jangan langsung membuntutinya. Pengendara itu pastinya sudah memperhitungkan ruang yang cukup untuk mobilnya menyalip. Tapi ruang untuk menyalip tersebut bisa jadi tak cukup bagi Anda menyalip dan malah bisa membahayakan. Menyalip dengan mengikuti kendaraan depan juga berarti Anda tak memiliki visibilitas yang baik.

Foto menunjukkan posisi mobil siap mendahului kendaraan lain

Performa mobil juga harus dalam kondisi baik

>>> 5 Perawatan Mobil yang Wajib Diketahui Wanita

3. Pastikan Performa Mobil Mumpuni 

Sebelum menyalip, pastikan kendaraan Anda memang mampu melakukannya. Mampu di sini maksudnya kondisi dan performa mobil baik. Hindari menyalip saat sedang membawa barang dengan bobot berlebih sehingga mobil jadi lebih berat. Ini bisa menghambat kendaraan Anda saat menyalip. 

4. Nyalakan Lampu Sein

Ini menjadi salah satu hal paling penting saat Anda akan menyalip. Jangan lupa untuk menyalakan lampu sein ketika akan menyalip mobil. Kalau Anda sebagai pengendara wanita sering mengabaikan hal ini, sebaiknya mulai mengubahnya ya.

Tidak Boleh Seenaknya Sendiri, Ini Etika Menyalakan Lampu Sein

Nyalakan lampu sein sebelum menyalip

Menyalakan lampu sein dilakukan guna memberi tahu kepada pengendara lain agar mereka bisa lebih waspada. Jangan lupa untuk mengakselerasikan kendaraan Anda lebih cepat daripada seharusnya ketika menyalip supaya tidak membahayakan pengendara lain. 

Nah bagi kaum hawa, kalau sudah mengetahui cara menyalip mobil yang benar sebaiknya tetap mematuhi aturan saat berkendara ya. Ini dilakukan agar tak dianggap sebelah mata dan tak lihai dalam berkendara. 

>>> Jangan Asal Pilih, Ketahui Tips Membeli Mobil untuk Wanita

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top