Wajib Anda Ketahui, Ini Tips Berkendara Saat Hujan

07/11/2019

Pengemudian
Share this post:
Wajib Anda Ketahui, Ini Tips Berkendara Saat Hujan
Musim hujan telah tiba, Anda harus melipatgandakan konsetrasi di jalan ketika berkendara saat hujan. Maka dari itu, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk pengendaraan yang aman di musim hujan.

Musim hujan sudah dimulai. Bagi Anda yang biasa melakukan aktifitas menggunakan kendaraan mungkin akan sedikit mengalami gangguan. Karena jalan bisa menjadi licin dan bisanya timbul kemacetan karena banjir. Sebabnya Anda harus lebih berhati-hati ketika berkendara saat musim hujan karena tak jarang terjadi kecelakaan karena hal-hal sepele yang luput dari perhatian. Dilansir laman resmi NTMC Polri, berikut empat tips berkendara saat hujan. 

>>> Hujan Makin Tak Terprediksi, Persiapkan 6 Barang Ini!

1. Pastikan kondisi mobil

Tips pertama untuk berkendara saat hujan adalah pastikan kendaraan dalam kondisi layak jalan sebelum berkendara, tentu seseorang harus memperhatikan terlebih dulu kondisi kendaraannya. Jangan sampai kendaraan tidak teratur dalam servis secara berkala. Hal tersebut bisa menyebabkan mogok di jalan. Apalagi di musim hujan yang kemungkinan terjadi genangan air, bisa saja mesin menjadi mati.

Gambar menunjukan mobil berjalan ketika hujan

Tips berkendara saat hujan dimulai dari memperhatikan kendaraan Anda

Selain menjaga kesehatan dan stamina selama berkendara, jangan lupa untuk memeriksa ‘kesehatan’ mobil Anda. Pastikan untuk selalu melakukan perawatan berkala dengan teratur, terlebih ketika sudah memasuki musim hujan. Dengan ini, Anda bisa mengetahui masalah yang terjadi pada kendaraan untuk menghindari masalah yang lebih besar ketika sedang berkendara.

>>> Ada rencana membeli mobil baru atau bekas? Simak dulu harga pasaran mobil selengkapnya di sini

2. Pastikan kondisi ban

Kedua pastikan kondisi ban Anda dalam keadaan bagus. Kondisi ban perlu Anda perhatikan karena mempengaruhi cengkraman ban saat mengemudi di jalan yang basah dan licin. Jika kondisi ban mobil Anda gundul, lebih baik jangan memaksakan diri untuk berkendara. Membahayakan diri Anda dan orang lain.

Gambar menunjukan mobil berjalan ketika turun hujan

Biasanya jalan menjadi licin karena genangan air, Anda harus lebih fokus saat turun hujan

Ban bisa dibilang sebagai komponen paling penting dalam sistem keselamatan. Dimana ban merupakan komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalanan. Masalah yang ada pada ban, seperti kondisi ban yang tak prima atau sudah mengalami kebotakan, akan menyulitkan Anda selama berkendara di jalanan yang licin. 

Perhatikan Tread Wear Indicator (TWI), tanda berbentuk segitiga yang terletak pada dinding alur ban. Paad setiap roda, biasanya terdapat enam tanda segitiga TWI pada setiap ban. TWI merupakan infdikator keausan ban. Jika ban sudah melewati batas TWI, sangat disarankan untuk segera mengganti ban Anda. Namun meski ban dalam kondisi yang bagus, Anda juga meski hati-hati ketika berkendara saat hujan dan memperhatikan potensi pengereman mendadak dari kendaraan di depan Anda.

>>> Dapatkan tips pengemudian mobil hanya dari Cintamobil.com

3. Perhatikan kecepatan 

Tips berkendara saat hujan ketiga adalah perhatikan kecepatan berkendara. Anda harus memperhatikan kecepatan setidaknya kecepatan di jalan basah harus lebih lambat, tidak bisa disamakan dengan berjalan di jalan kering dan ingat juga jarak aman antar kendaraan. Tidak sama dengan kondisi normal, ketika hujan pengendara harus melipatgandakan jarak aman tersebut karena adanya potensi pengereman yang butuh ruang yang cukup. Semakin cepat kendaraan melaju saat hujan, recovery saat masuk dalam keadaan darurat menjadi lebih sulit.

ilustrasi sistem pengereman ABS pada kendaraan
Sistem pengereman ABS sangat membantu untuk mengurangi kecepatan di jalan licin

Sistem pengereman ABS akan sangat membantu ketika Anda berhenti mendadak pada kondisi jalanan yang licin. Namun jika mobil Anda belum menggunakan sistem pengereman ABS dan EBD, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Mulai dari mengocok pedal rem, yaitu memompa pedal rem agar ban tetap berputar dan tidak mengunci saat melakukan pengereman. 
Teknik lainnya yaitu melakukan engine brake, teknik menurunkan kecepatan dengan menurunkan posisi transmisi menuju gigi rendah. Teknik ini biasanya digunakan pada mobil manual, namun Anda juga bisa menggunakannya mobil bertransmisi otomatis. Cara terakhir adalah dengan menggunakan rem tangan. Sayangnya, teknik ini membutuhkan ketelitian, pengalaman, serta teknik berkendara yang tinggi.

4. Jaga emosi

Tips paling penting untuk mengemudi saat hujan adalah jaga emosi Anda. Mengemudi di jalan raya saat berangkat atau pulang kerja sering kali membuat pengendara tidak memperhatikan jalan, tapi justru fokus memperhatikan waktu karena takut terlambat. Sehingga tidak ada yang mau mengalah, pada akhirnya mengakibatkan perdebatan dengan pengendara lainnya terlebih ketika berkendara saat hujan

pengemudi berbaju hitan yang sedang marah
Jangan emosi dan jangan terburu-buru ketika berkendara saat hujan

Maka pengendara harus menguasai emosi saat berkendara. Jika pengendara terlalu emosi, apalagi saat melintasi jalan licin ketika hujan, bisa saja tergelincir dan menyebabkan kecelakaan. Kondisi jalan licin lebih membutuhkan konsentrasi yang baik dengan keahlian menangani situasi darurat yang baik pula. Selain itu, agar lebih nyaman dalam berkendara, pemilik kendaran bisa mengcover kendaraan dengan asuransi.

Tak hanya ketika hujan, perhatikan kondisi jalanan dan kondisi kendaraan ketika Anda akan mulai berkendara. Selain itu, lakukan perawatan berkala dengan teratur. Dari 4 tips berkendara saat hujan dari Cintamobil.com di atas, bagian mana yang paling sering Anda lupakan?

>>> Jangan lupa klik sini utnuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Rahmat Fajar Nugraha
Share this post:

Berita lain

Waduh, Tidak Hujan Tapi Ada Air Menetes di Kabin Mobil?!

09/11/2019

Perawatan dan service

5 menit

Jika terjadi air menetes di kabin mobil padahal saat itu cuaca cerah, maka penyebabnya adalah dari AC mobil. Hal ini dikarenakan saluran AC tersumbat oleh kotoran.

Lihat juga

Musim Hujan Akan Segera Datang, Ini Persiapan Yang Bisa Anda Lakukan Pada Mobil Kesayangan

12/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Pengecekan simpel pada beberapa komponen, membuat Anda dan mobil Anda siap untuk menyambut musim hujan yang akan segera datang

Lihat juga

Trik Kembali Bersih Jika Mobil Baru Selesai Dicuci Kena Hujan Lagi

30/09/2019

Perawatan dan service

5 menit

Kesal memang ketika mobil baru selesai dicuci kena hujan lagi. Tapi jangan langsung marah-marah atau sedih. Mudah kok untuk mengembalikan kebersihannya.

Lihat juga

Musin Hujan Belum Berlalu, Berikut Tips Memilih Wiper Yang Tepat Untuk Mobil Anda

Fungsi wiper cukup vital lantaran kemampuannya dalam menjaga visibiltas saat hujan dengan menyingkirkan air dari kaca depan. Lantas, dari berbagai wiper yang dijual di pasaran, bagaimana cara memilih wiper yang tepat?

Lihat juga

Tidak Hanya Hujan Lebat, Gerimis Juga Meningkatkan Risiko Kecelakaan Mobil yang Fatal

04/05/2019

Pengemudian

Memang hujan lebat menurunkan visibilitas berkendara sehingga seringkali menyebabkan kecelakaan. Tetapi penelitian terbaru menunjukan bahwa hujan ringan secara signifikan meningkatkan risiko kecelakaan mobil yang fatal.

Lihat juga