Wajib Anda Ketahui, Ini Tips Aman Berkendara Saat Hujan

07/11/2019
Musim hujan telah tiba, Anda harus melipatgandakan konsetrasi di jalan ketika berkendara saat hujan. Maka dari itu, simak tips di bawah ini.

Musim hujan sudah dimulai. Bagi Anda yang biasa melakukan aktifitas menggunakan kendaraan mungkin akan sedikit mengalami gangguan. Karena jalan bisa menjadi licin dan bisanya timbul kemacetan karena banjir. Sebabnya Anda harus lebih berhati-hati ketika berkendara saat musim hujan karena tak jarang terjadi kecelakaan karena hal-hal sepele yang luput dari perhatian. Dilansir laman resmi NTMC Polri, berikut empat tips berkendara saat hujan. 

>>> Hujan Makin Tak Terprediksi, Persiapkan 6 Barang Ini!

Gambar menunjukan mobil berjalan ketika hujan

Anda harus berhati-hati ketika berkendara saat turun hujan

Pertama pastikan kendaraan dalam kondisi layak jalan sebelum berkendara, tentu seseorang harus memperhatikan terlebih dulu kondisi kendaraannya. Jangan sampai kendaraan tidak teratur dalam servis secara berkala. Hal tersebut bisa menyebabkan mogok di jalan. Apalagi di musim hujan yang kemungkinan terjadi genangan air, bisa saja mesin menjadi mati.

>>> Ada rencana membeli mobil baru atau bekas? Simak dulu harga pasaran mobil selengkapnya di sini

Kedua pastikan kondisi ban Anda dalam keadaan bagus. Kondisi ban perlu Anda perhatikan karena mempengaruhi cengkraman ban saat mengemudi di jalan yang basah dan licin. Jika kondisi ban mobil Anda gundul, lebih baik jangan memaksakan diri untuk berkendara. Membahayakan diri Anda dan orang lain. Meski ban dalam kendala bagus, Anda juga meski hati-hati ketika berkendara saat hujan.

Gambar menunjukan mobil berjalan ketika turun hujan

Biasanya jalan menjadi licin karena genangan air, Anda harus lebih fokus saat turun hujan

>>> Dapatkan tips pengemudian mobil hanya dari Cintamobil.com

Ketiga perhatikan kecepatan berkendara. Anda harus memperhatikan kecepatan setidaknya kecepatan di jalan basah harus lebih lambat, tidak bisa disamakan dengan berjalan di jalan kering dan ingat juga jarak aman antar kendaraan. Tidak sama dengan kondisi normal, ketika hujan pengendara harus melipatgandakan jarak aman tersebut karena adanya potensi pengereman yang butuh ruang yang cukup. Semakin cepat kendaraan melaju saat hujan, recovery saat masuk dalam keadaan darurat menjadi lebih sulit.

Keempat jaga emosi Anda. Mengemudi di jalan raya saat berangkat atau pulang kerja sering kali membuat pengendara tidak memperhatikan jalan, tapi justru fokus memperhatikan waktu karena takut terlambat. Sehingga tidak ada yang mau mengalah, pada akhirnya mengakibatkan perdebatan dengan pengendara lainnya terlebih ketika berkendara saat hujan

Maka pengendara harus menguasai emosi saat berkendara. Jika pengendara terlalu emosi, apalagi saat melintasi jalan licin ketika hujan, bisa saja tergelincir dan menyebabkan kecelakaan. Kondisi jalan licin lebih membutuhkan konsentrasi yang baik dengan keahlian menangani situasi darurat yang baik pula. Selain itu, agar lebih nyaman dalam berkendara, pemilik kendaran bisa mengcover kendaraan dengan asuransi.

>>> Kumpulan artikel tips perawatan lainnya di sini

Rahmat Fajar Nugraha

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain