Usai Berkendara dari Luar, Ini Tata Cara Masuk Rumah Agar Aman Dari Virus Corona

31/03/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Usai Berkendara dari Luar, Ini Tata Cara Masuk Rumah Agar Aman Dari Virus Corona
Meski tetap di rumah saja, Anda juga harus memperhatikan langkah-langkah pencegahan virus Corona. Berikut tata cara masuk rumah yang baik dan aman ala Jasa Marga.

Masih tetap di rumah saja mengikuti anjuran pemerintah buat buat work from home (WFH), Anda juga harus waspada terhadap penyebaran COVID-19. Virus Corona itu tidak terlihat, tapi bisa menempel di mana saja tanpa Anda ketahui. Anda tetap harus melakukan langkah-langkah antisipasi agar tak tertular virus, terutama buat Anda yang habis dari luar rumah untuk satu kepentingan.

Foto menunjukkan suasana di rumah bersama keluarga dan anak-anak

Di rumah saja, jangan banyak keluar jika tidak penting

Tata cara masuk rumah agar aman dari Corona

Berikut tata cara masuk rumah yang baik agar aman dari paparan virus Corona, seperti dibagikan Jasa Marga.

  1. Buka alas kaki di depan pintu sebelum masuk rumah. Penting untuk dilakukan agar mengotori lantai rumah yang membuat kuman, bakteri, virus mudah berkembang.
  2. Semprotkan disinfektan pada barang yang dibawa. Alangkah baiknya Anda siapkan disinfektan di dekat pintu masuk sehingga bisa langsung digunakan sebelum terlalu masuk ke bagian dalam rumah. Semprotkan barang apapun yang Anda bawa, seperti tas, sepatu yang tadi dilepas, belanjaan, payung, kunci kendaraan dan yang lain.
  3. Buang semua benda yang tidak dibutuhkan. Periksa apa ada barang yang tidak penting dan dibutuhkan. Jika ada lebih baik buang di segera tempat sampah luar rumah dan jangan dibawa masuk.
  4. Masuk rumah langsung cuci tangan dan kaki dengan sabun. Ini cara sederhana namun terbaik untuk menangkal virus. Mencuci dengan air bersih dan sabun lebih baik dibanding menggunakan hand sanitizer dan tisu basah antiseptik.
  5. Buka pakaian dan langsung tempatkan pakaian kotor ke mesin cuci. Anda mungkin tidak merasa bersenggolan dengan orang lain, tapi di luar rumah Anda pasti bersentuhan dengan bermacam-macam benda. Buka pakaian dan langsung masukkan ke mesin cuci untuk meminimalisir potensi virus menyebar melalui pakaian.
  6. Mandi dengan sabun. Sebaiknya Anda langsung mandi dengan sabun, terutama kalau Anda habis bertemu banyak orang dan melakukan banyak aktivitas di luar.
  7. Jangan menyentuh apapun. Sebelum semua hal di atas Anda lakukan jangan menyentuh apapun untuk meminimalisir potensi virus menempel ke benda lain. Termasuk jangan bersalaman dulu atau bercengkrama dengan keluarga.
  8. Jangan langsung istirahat. Sama dengan tidak menyentuh apapun, Anda jangan langsung istirahat di kursi atau rebahan di ranjang sebelum mandi dan berganti pakaian.
  9. Setelah semua beres baru Anda menyapa keluarga, suami/istri serta anak-anak tercinta.

>>> Begini Cara Membersihkan Setir Mobil untuk Tangkal Virus Corona

Gambar grafis protokol masuk rumah

Ikuti langkah yang disarankan pemerintah untuk mencegah penyebaran Corona

Langkah Jasa Marga mencegah penyebaran virus Corona

PT Jasa Marga (Persero) ikut serius melakukan tindakan pencegahan virus Corona (COVID-19) melalui beragam cara. Di rest area, Jasa Marga menyediakan hand sanitizer dan dispenser cuci tangan di beberapa titik. Jasa Marga juga menerapkan aturan Social Distancing. Beberapa fasilitas umum diberi tanda khusus seperti garis pembatas antrean minimarket dan toilet, stiker larangan duduk pada kursi kuliner, menggulung karpet tempat ibadah dan menandai area jamaah dengan stiker jarak aman. Di gerbang tol, Jasa Marga menutup sejumlah pengisian kartu e-Toll drive thru dan melakukan disinfektan secara berkala.

Selain tindakan di atas, Jasa marga juga gencar melakukan sosialisasi pencegahan virus Corona melalui banner, poster, serta melalui unggahan di media sosial. Sosialisasi bukan hanya untuk rest area dan pengguna jalan tol, tapi juga untuk masyarakat secara menyeluruh.

So, pastikan Anda di rumah saja dan membatasi diri dari berbagai aktivitas di luar. Terkecuali untuk hal-hal yang sangat penting, mendesak, dan tidak bisa ditinggalkan.

>>> Terapkan Physical Distancing, Jasa Marga Pasang Penanda Khusus di Rest Area

Foto sebuah minimarket di rest area yang sudah dilengkapi garis pembatas antrean

Jaga jarak aman 1 meter dengan orang lain jika di tempat umum

>>> Tips dan trik menarik lainnya bisa Anda baca disini

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Penjualan Astra Meningkat di Tengah Wabah Virus Corona

28/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Wabah virus Corona di Indonesia tak terlalu berperngaruh pada penjualan Astra. Malah di dua bulan pertama 2020 penjualan mobil grup Astra mengalami peningkatan.

Lihat juga

Di Bekasi, Rapid Test Virus Corona Wajib Pakai Kendaraan

23/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Pemerintah provinsi Jawa barat bakal melakukan rapid test virus Corona secara Drive-Thru. Untuk itu saat pengetesan masyarakat wajib menggunakan kendaraan.

Lihat juga

Hindari Virus Corona, Top Up E-Toll di Gerbang Tol Ditiadakan

20/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Fasilitas top up e-toll di gerbang tol kini ditutup sementara demi menghindari penyebaran virus corona di Indonesia yang semakin meluas. Pengguna jalan tol diminta memastikan saldo e-toll cukup sebelum masuk ke tol.

Lihat juga