Uji Tabrak Pajero Sport Seperti Milik Vanessa Angel Sudah Bintang 5

05/11/2021

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Mitsubishi Pajero Sport keluaran tahun 2018 yang ditumpangi Vanessa Angel dan suami ternyata sudah mendapatkan rating bintang 5 dalam uji tabrak ASEAN NCAP.

Kecelakaan yang melibatkan pasangan suami istri Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah langsung menghebohkan dunia maya. Mereka terlibat kecelakaan ketika berkendara di dalam Mitsubishi Pajero Sport di Tol Jombang arah Surabaya. Kondisi mobil ringsek parah. Padahal, mobil SUV tersebut sudah mendapatkan perlindungan kecelakaan bintang 5. 

Perlindungan tabrakan bintang 5

Dari Informasi Data Kendaraan dan Pajak Kendaraan Bermotor Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mobil dengan plat nomor B 1284 BJU milik Vanessa merupakan merek Mitsubishi Pajero Sport Dakar keluaran tahun 2018. Berdasarkan pengetesan yang dilakukan oleh Asean NCAP (New Car Assessment Program), mobil ini mendapatkan rating bintang 5 dalam uji tabrak yang dilakukan tahun 2016.

>>> Artis Kecelakaan, KNKT Beri Rekomendasi 'Perbaikan' Jalan Tol

Melalui laman resmi Asean NCAP, model dengan dua airbag depan ini mendapatkan penilaian 15.29 dari total 16.00 dalam uji tabrakan depan. Menunjukkan bahwa mobil ini sebenarnya memiliki perlindungan yang sudah cukup baik untuk menjaga penumpang ketika terjadi kecelakaan. 

Rating tinggi diberikan karena mobil ini sudah mendapatkan beberapa fitur keselamatan tingkat tinggi. Mulai dari airbag depan, seatbelt dengan double pretensioner & Load Limiter untuk pengemudi dan penumpang di depan, serta sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Stability Control (ESC) sebagai fitur standar. 

Uji tabrak bintang 5 memang tak 100% menjamin kondisi mobil aman ketika terjadi kecelakaan parah. Pasalnya, kecepatan saat pengujian berbeda dengan kejadian kecelakaan yang sebenarnya. Saat pengujian kecepatan mobil hanya 64 km/jam, sedangkan saat kecelakaan terjadi bisa berbeda.

>>> Fantastis! Hasil Crash Test Honda All New Civic RS Dapat Bintang 5

Dipenuhi fitur keselamatan canggih

Khusus untuk Pajero Sport Dakar yang mirip seperti ditumpangi oleh Vanessa mendapatkan lebih banyak perlindungan dengan fitur yang lebih lengkap dibandingkan varian yang lebih rendah. Misalnya saja sistem pengereman tambahan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) guna membantu fitur ABS.

fitur keselamatan canggih Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS)
Fitur Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS) milik Mitsubishi

Fitur tambahan yang berguna untuk mengurangi risiko tabrakan adalah Ultrasonic Misacceleration Mitigation System (UMS). UMS bertugas untuk menjaga mobil melaju kencang secara tiba-tiba ketika pedal gas tidak sengaja terinjak ketika sensor parkir mendeteksi ada objek di sisi depan kendaraan.

Ada pula Active Stability Traction Control yang mampu menjaga kontrol traksi kendaraan secara otomatis, terlebih ketika sedang berkendara di jalanan dengan kondisi licin atau basah. Dan kelengkapan lainnya termasuk Hill Start Assist dan Hill Descent Control, serta Trailer Stability Assist guna pengendaraan yang lebih mudah di berbagai kondisi jalan.

>>> Review Mitsubishi Pajero Sport 4x4 Dakar 2017, Varian Terlengkap

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top