Ternyata Ini Hasil Uji Tabrak Kendaraan pada Kecepatan 200 Km/jam

02/10/2020

Pengemudian

2 menit

Share this post:
Ternyata Ini Hasil Uji Tabrak Kendaraan pada Kecepatan 200 Km/jam
Jika uji tabrak kendaraan biasa hanya menggunakan kecepatan 60 km/jam, ternyata ini yang terjadi pada mobil ketika menabrak dalam kecepatan 200 km/jam.

Biasanya lembaga rating keselamatan kendaraan seperti IIHS maupun NCAP melakukan uji tabrak kendaraan dalam kecepatan sekitar 60 km/jam. Tapi bagaimana jika mobil melaju kencang dalam kecepatan 208 km/jam? Tentu saja uji tabrak yang terlihat lebih realistis, sekaligus memperlihatkan bahaya dari kecepatan tinggi kendaraan.

Uji tabrak 200 km/jam

Sebuah akun YouTube yang dikelola oleh Safety BRI4KA Academy memperlihatkan apa yang terjadi jika sebuah mobil melaju dalam kecepatan hingga 200 km/jam dan menabrak bus yang sedang berdiri diam. Meski tak berbahasa Inggris, tapi Anda bisa melihat subtitle dari video berdurasi hingga 28 menit ini.

Ada dua host yang memandu video ini. Menit-menit awal merupakan penjelasan panjang bagaimana kecepatan mempengaruhi jarak pengereman: semakin cepat kendaraan melaju, semakin panjang jarak yang dibutuhkan bagi kendaraan untuk benar-benar berhenti.

>>> Merasa Jago Nyetir, Sering Jadi Penyebab Tabrakan Beruntun di Jalan Tol

Uji tabrak kendaraan ini dilakukan di sebuah landasan pacu yang cukup panjang. Menggunakan sedan Opel, melaju dalam lajur lurus hingga mencapai kecepatan 200 km/jam. Untuk menjaga keamanan pada saat uji coba kendaraan ini, sedan yang digunakan memiliki pengaturan remote control. Sehingga tidak ada pengemudi di dalam mobil.

Ketika terjadi tabrakan, kerusakan yang bisa dilihat dari berbagai sudut gambar melalui kamera dan droe menunjukkan apa yang terjadi pada sdan tersebut. Bagian depan mobil hancur dan gepeng. Pintu penumpang belakang hampir tak berbekas. Dari pengujian ditemukan sulit bagi penumpang belakang untuk selamat dari kecelakaan tersebut.

>>> Mampu Menyelamatkan Nyawa Ketika Tabrakan, Mari Pahami Cara Kerja Crumple Zone

Penumpang bus turut cedera

Bukan hanya pengemudi dan penumpang mobil yang mengalami cedera mengerikan. Terlihat bagaimana penumpang bus tak bisa selamat dari kecelakaan mengerikan tersebut. Tabrakan tersebut merusak bagian samping bus dan memberikan dampak yang snagat signifkan.

mobil dan bus yang sedang melakukan uji tabrak kendaraan
Kedua kendaraan sama-sama menerima dampak besar

Semua panel kaca yang terdapat pada bus pecah, termasuk kaca depan meski mobil menabrak bus dari samping. Begitu juga dengan keadaan manekin yang ada di bagian belakang bus. Mereka terlempar, bahkan satu manekin menggantung di atap. 

Di akhir video, kedua host memperingatkan pengemudi untuk berhati-hati dan berkendara dengan bertanggung jawab. Mengingat kecelakaan dalam kecepatan tinggi tidak hanya berbahaya untuk pengendara, tetapi juga bagi pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

>>> Berbagai pilihan mobil bekas terbaik hanya ada di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top