Trik Menghindari Tabrakan Beruntun di Jalan Biar Tak Ikut Jadi Korban

01/10/2019

Pengemudian

5 menit

Trik Menghindari Tabrakan Beruntun di Jalan Biar Tak Ikut Jadi Korban
Penting bagi pengemudi untuk mengetahui cara menghindari tabrakan beruntun yang mungkin terjadi di hadapannya. Ini agar si pengemudi tidak ikut menjadi korban tabrakan tersebut.

Saat berkendara di jalan, ada banyak rintangan dan halangan. Satu diantaranya adalah kecelakaan yang menimpa pengguna jalan lain. Sebagai pengemudi yang melihat ada kecelakaan di depan mata, tentunya Anda wajib menghindari tabrakan beruntun tersebut agar tak ikut menjadi korban.

>>> Jadi Korban Tabrakan Beruntun, Bagaimana Cara Klaim Asuransinya?

Berikut ini kami akan bagikan tips menghindari tabrakan beruntun di jalan ketika kejadian tersebut terjadi persis di depan kendaraan Anda.

1. Sigap Mengantisipasi

pengemudi mobil Mitsubishi

Harus selalu dalam keadaan siap saat berkendara

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengungkapkan, sejatinya setiap pengemudi harus pada keadaan siap. "Siap dalam menghadapi segala sesuatu yang terjadi," katanya.

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Menurut Jusri, kecelakaan beruntun sering kali terjadi akibat pengemudi di belakang tidak siap. Si pengemudi tidak siap mengantisipasi semua kejadian yang terjadi di depannya. Biasanya karena konsentrasi berkendara menurun akibat kelelahan, mengobrol dengan penumpang lain, atau bermain ponsel.

2. Sisakan Ruang dengan Kendaraan lain

menjaga jarak kendaraan di depan

Menjaga jarak penting untuk menghindari kecelakaan beruntun

Jusri juga menyebut, kecelakaan yang melibatkan banyak kendaraan, acap kali akibat jarak antar kendaraan terlalu dekat. "Pengemudi seharusnya memposisikan mobilnya dengan mempertimbangkan jarak dengan kendaraan di depan, di samping, dan di belakang," kata dia.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Adanya ruang ini diperlukan untuk menghindari kecelakaan beruntun di jalan yang terjadi tiba-tiba. "Misalnya ketika ada tabrakan di depan, di kanan ada mobil, di belakang ada mobil, maka sebaiknya di kiri kosong. Jangan sampai rapat semua, di kanan ada mobil, kiri ada mobil, belakang ada mobil, tidak ada ruang untuk menghindar," jelas Jusri.

Tapi ia juga berpesan, saat akan bermanuver untuk menghindari tabrakan beruntun, sebaiknya tetap cek spion terlebih dulu. Jangan sampai manuver mendadak yang Anda lakukan malah akan menciptakan tabrakan baru.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top