Transmisi AMT Atau AGS Lewat Banjir? Enggak Masalah Kok, Ini Dia Triknya

08/01/2020

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Transmisi AMT Atau AGS Lewat Banjir? Enggak Masalah Kok, Ini Dia Triknya
Transmisi AMT atau Suzuki menyebutnya AGS banyak diadopsi mobil kekinian, bagaimana saat transmisi lantas bagaimana jika transmisi AMT atau AGS lewat banjir?

Saat ini transmisi jenis AMT atau Automated Manual Transmission banyak diadopsi pada mobil kekinian, segala macam keuntungan mekanis dari transmisi yang Suzuki namakan AGS (Auto Gear Shift) ini menjadikannya banyak dipakai oleh mobil keluaran terkini. Meski harus diakui, banyak juga yang tidak suka dengan transmisi yang mampu menggabungkan kenyamanan dan akselerasi menggigit ini. Lantas bagaimana saat mobil dengan transmisi AMT atau AGS lewat banjir?

Gambar menunjukkan Suzuki Ignis GX AGS 2018

Suzuki Ignis adalah salah satu city car yang dijual Suzuki dengan transmisi AGS atau AMT

Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai trik transmisi AMT atau AGS lewat banjir ini, ada baiknya paham dulu apa itu transmisi AGS. Transmisi AMT atau AGS ini sebenarnya adalah transmisi manual yang diotomatiskan. Beda dengan transmisi otomatis konvensional yang masih menggunakan torque converter. Transmisi AMT atau AGS ini masih terdapat mekanisme transmisi manual lengkap dengan dekrup dan kampas koplingnya, bedanya ada modul aktuator yang dikendalikan elektris.

Gambar menunjukkan tuas transmisi AGS di Suzuki Ignis GX AGS

AMT atau AGS dioperasikan tanpa pedal kopling membuatnya menyenangkan digunakan di jalanan padat

Karena dalam cara penggunaannya sendiri, transmisi ini cukup mirip dengan transmisi manual namun tanpa pedal kopling. Perpindahan gigi nantinya akan diatur secara elektronik sehingga terasa seperti mengendarai mobil bertransmisi otomatis. Absennya pedal kopling digantikan oleh aktuator hidrolik, sedangkan perpindahan gigi secara otomatis dioperasikan oleh Transmission Control Module (TCM).

>>> Tips perawatan mobil lainnya bisa ditemukan di sini

Gambar menunjukkan panel spidometer Suzuki Ignis GX AGS 2018

Transmisi AGS atau AMT punya parameter putaran mesin tertentu untuk berpindah gigi

Tak heran bagi pengguna yang baru merasakannya mungkin akan terasa aneh karena sudah terbiasa dengan transmisi otomatis maupun manual. Jika tidak terbiasa akan mengakibatkan adanya jeda dan terasa tersendat ketika melakukan perpindahan gigi. Hal ini terjadi karena TCM, aktuator hidrolik dan Electronic Control Unit (ECU) membutuhkan sedikit waktu untuk bekerja. Nah, kekurangan ini sebenarnya dapat dimanfaatkan oleh pengguna mobil bertransmisi AMT ketika mengemudi melibas genangan air.

Gambar menunjukkan pedal gas dan rem Suzuki Ignis GX AGS AT 2018

Anda tinggal mengontrol pedal gas secara perlahan untuk mempertahankan rpm tak lebih dari 2000 rpm

Umumnya transmisi AMT atau AGS punya parameter putaran mesin tertentu untuk berpindah gigi ke posisi lebih tinggi. Ambil contoh Suzuki Ignis GX AGS yang posisi giginya akan otomatis berpindah dari 1 ke 2 pada putaran mesin 2.000 rpm. Karakter ini sangat cocok untuk melewati genangan air, sebab Anda hanya tinggal menahan putaran mesin tidak lebih dari 2.000 rpm.

>>> Ada banyak sekali pilihan mobil bekas termurah yang berkualitas disini

Video yang menjelaskan mengenai cara kerja transmisi AGS alias AMT

Apalagi pada transmisi AMT atau AGS pasti tersedia mode manual, maka Anda tinggal geser tuas transmisi ke posisi manual dan tahan di gear (gigi) 1. Sembari injak pedal gas secara perlahan agar rpm tidak terlalu tinggi, sebab rpm yang terlalu tinggi akan menyebabkan mesin menghisap udara terlalu banyak yang menyebabkan air berpotensi terisap ke dalam mesin via air intake (saringan udara).  

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Informasi Lengkap Tentang Transmisi AGS Suzuki

26/01/2019

Pengemudian

Transmisi Auto Gear Shift (AGS) merupakan teknologi terbaru Suzuki yang berbeda dengan transmisi manual atau otomatis. PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengusung tema utama “Bisa Matic, Bisa Manual” dalam perkenalan transmisi AGS pada Suzuki Ignis serta Karimun Wagon R. Bagaimana cara menggunakan AGS? Apakah kelebihannya?

Lihat juga

Mengenal Lebih Dekat Transmisi AMT, ini Matik Apa Manual, Sih?

Cukup banyak para calon pembeli maupun pengguna mobil bingung dengan transmisi AMT (Automated Manual Transmision). Sebenarnya ini transmisi matik apa manual, sih?

Lihat juga

Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT 2018

Rp 193.800.000

02/08/2018

Editor rate:

Test Drive Wuling Cortez L Lux Plus 1.8 i-AMT, Apa benar mending Wuling? Mungkin Anda sudah agak bosan bahkan kesal mendengar pertanyaan tersebut apalagi jika Anda termasuk netizen yang kekinian dengan memantau sosial media. Kami persembahkan reviewnya untuk Anda.

Lihat juga

Review Suzuki Ignis GL 2018

10/09/2018

Editor rate:

Memiliki kesibukan yang padat di kota besar, membuat masyarakat perkotaan butuh kendaraan yang lincah namun tetap stylish dan modern. Peluang akan kebutuhan tersebut mampu di tangkap dengan baik oleh Suzuki, dan langsung mengeluarkan Suzuki Ignis sang Urban SUV.

Lihat juga

Review Suzuki Ignis Sport Edition 2018

05/11/2018

Editor rate:

Memberikan tampilan yang lebih sporty, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan varian terbaru dari Suzuki Ignis. Diluncurkan di salah satu Mall di Jakarta 26 Januari awal tahun ini, Suzuki Ignis Sport Edition 2018 datang menyapa konsumen Indonesia.

Lihat juga