Tool-Kit Tambahan bagi Penikmat Perjalanan Jauh di Malam Hari

19/08/2018

Pengemudian
Share this post:
Tool-Kit Tambahan bagi Penikmat Perjalanan Jauh di Malam Hari
Mobil modern memang sudah dipersiapkan dengan serangkaian tool-kit standar. Namun, untuk mencegah dan mempersiapkan keadaan terburuk tidak ada salahnya menambahkan sejumlah tool-kit tambahan.

Biasanya, produsen kendaraan sudah mempertimbangkan dan melengkapi kendaraan dengan tool-kit standar yang disematkan pada kendaraan. Tool-kit tambahan bukan hanya perlu bagi Anda yang hobi berpetualang dan berkendara sendirian, tapi juga untuk memberikan rasa aman ketika berkendara di tempat-tempat baru ketika perjalanan jauh.

Gambar yang menunjukan pengemudi yang mengendarai mobil pada malam hari

Perjalanan jauh, terlebih di malam hari, rentan dengan kejadian tidak terduga (foto: Shutlestock)

Untuk itu, Cintamobil memberikan beberapa peralatan tool-kit yang bisa dimasukkan ke dalam mobil untuk berjaga-jaga terhadap kejadian tidak terduga.

  • Air. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya pentingnya air sebagai tool-kit tambahan. Pasalnya, meskipun memang manusia membutuhkan air ketika melakukan perjalanan jauh, siapa sangka mobil juga membutuhkannya. Ketika air radiator kurang atau air wiper kendaraan Anda habis, air menjadi komoditas penting. Bawalah cadangan air bersih dalam jeriken 4 liter atau dalam botol air mineral 1.5 liter.

​​>>> LIFE HACK: tips penting ketika menghadapi keadaan darurat di jalan

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang mendapatkan air

​​Pastikan ada air yang bisa digunakan untuk keadaan darurat

  • Sekring. Untuk berjaga-jaga, bawalah sekring yang Ampere-nya umum digunakan, misalnya 15 A atau 20 A. Dalam kondisi darurat, sekring tersebut bisa digunakan untuk sekring yang lebih kecil. Untuk sekring, lebih baik kebesaran dibandingkan kekecilan.
  • Senter. Masih ada yang bertanya tentang fungsi senter sebagai tool-kit tambahan? Ketika berkendara di malam hari pada saat hujan turun dan mobil mati tiba-tiba di jalanan pegunungan, senter is lyfe.
  • Bohlam. Jangan lupakan bohlam lampu utama untuk berjaga-jaga, terlebih bagi Anda yang suka melakukan perjalanan di malam hari untuk menghindari kemacetan. Jika sewaktu-waktu lampu depan Anda putus dan mati, Anda bisa menggantinya dan segera melanjutkan perjalanan.

​​>>> Dapatkan berbagai informasi tips aman dalam perjalanan hanya di sini

Gambar yang menunjukan bohlam cadangan pada mobil

​​Bohlam berguna untuk keadaan ketika lampu rusak pada pengendaraan malam hari (foto: DHgate)

  • Selotip. Tidak hanya untuk pekerjaan di rumah, selotip sangat bermanfaat ketika dalam keadaan darurat. Misalnya untuk menambal slang radiator bocor. Anda bisa menambal untuk melanjutkan perjalanan sampai menemukan bengkel untuk mengganti kerusakan tersebut.
  • Kunci ring. Kunci serba bisa yang sangat diperlukan ketika Anda melakukan perjalanan jauh atau hanya sebagai alat untuk berjaga-jaga di mobil. Kunci pas yang umum digunakan adalah ukuran 8 mm, 10 mm, 12 mm, dan 14 mm. Deretan kunci tersebut sebaiknya selalu dibawa karena merupakan ukuran baut yang sering digunakan pada mobil.
  • Tang dan kunci Inggris. Untuk menambah fleksibilitas Anda ketika berhadapan dengan baut, sertakan tang dan kunci Inggris dengan maksimal bukaan 20 inci. Selain itu, jangan lupakan obeng bolak balik yang memiliki mata plus (+) dan minus (-).

​​>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang diganti bannya

​​Salah satu peralatan paling membantu pada mobil: kunci ring (foto: ShopToolRviews)

Tak ada salahnya memasukan sejumlah tool-kit tambahan pada mobil, terlebih bagi Anda penyuka perjalanan jauh pada malam hari. Meskipun saat ini jaringan sinyal sudah bisa ditemukan di mana-mana, tidak ada yang bisa menjamin keberuntungan bisa datang di saat-saat ketika Anda sangat membutuhkan.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top