Tol Trans Jawa Berpotensi Membuat Mobil Boros Bahan Bakar?

10/06/2019

Pengemudian

2 menit

Tol Trans Jawa Berpotensi Membuat Mobil Boros Bahan Bakar?
Melintasi tol Trans Jawa saat mudik lebaran 2019 memberi kesan tersendiri. Waktu yang lebih cepat sampai ke tujuan menjadi kelebihan yang tidak dimiliki jalur non-tol. Namun dibalik efisiensi waktu tersebut, Anda harus siap merogoh kocek lebih dalam untuk biaya bahan bakar.

Mudik lebaran 2019 kali ini rata-rata pengguna mobil pribadi melewati jalan tol Trans Jawa baik ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Saat kami melintasi tol yang membentang sepanjang pulau Jawa tersebut, kecepatan maksimum bisa mencapai 150 km/jam. Akibatnya konsumsi bahan bakar pun cukup banyak karena mesin bekerja di RPM tinggi.

>>> Menempuh Perjalanan Jakarta-Surabaya Lewat Jalan Tol, Berapa Kali Pengemudi Harus Istirahat?

Ketika kami berangkat pada tanggal 27 Mei 2019 dari Jakarta menggunakan Nissan Serena C26. Tangki bahan bakar mobil sudah terisi penuh. Kondisi jalan yang kami lalui mulai dari tol Cikampek, Cipali hingga tol Batang – Semarang tergolong lancar. Sesampainya di Semarang pun tanda peringatan bahan bakar akan habis sudah menyala.

Bensin Pertalite yang dijual oleh Pertamina

Kami menggunakan bahan bakar Pertalite dalam perjalanan Jakarta - Surabaya via tol Trans Jawa

 

Kami pun mengisi penuh tangki bahan bakar menggunakan Pertalite dengan harga Rp 7,650 per-liter. Total untuk megisi penuh kami menghabiskan Rp 458.000. Jumlah tersebut tidak jauh berbeda ketika kami mengisi bahan bakar penuh di Jakarta sebelum berangkat menuju Semarang.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Keesokan harinya pada 28 Mei 2019, kami melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Tol Trans Jawa menjadi jalan utama yang kami pakai untuk menuju Kota Pahlawan tersebut. Sepanjang jalan tol Trans Jawa yakni Solo – Kertosono dan Surabaya – Mojokerto, kecepatan kami stabil di 120-130 km/jam. Sesampainya di Surabaya, indikator bahan bakar menyisakan 2 bar saja alias hampir habis.

Tol Trans Jawa membuat mobil melaju dalam kecepatan tinggi

Tol Trans Jawa yang sepi membuat mobil melaju dalam kecepatan tinggi

 

Jarak yang kami tempuh sekitar 800 km lebih dari Jakarta hingga Surabaya. Total menghabiskan sekitar Rp 900.000 untuk bahan bakar Pertalite dengan harga per-liter Rp 7.650. Bila dihitung, kami menghabiskan sekitar 117 liter bahan bakar dalam perjalanan mudik lebaran 2019 kali ini. Artinya rata-rata konsumsi bahan bakar kami adalah 6,8 km/liter dalam perjalanan Jakarta-Surabaya melaui tol Trans Jawa. Cukup boros untuk perjalanan luar kota dengan kondisi lalu lintas yang lancar. Bagaimana dengan pengalaman mudik Anda tahun ini?

>>> Tips & trik tentang dunia otomotif bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

 
back to top