Tips Unik Ford Ajarkan Keselamatan Mengemudi: Menukar Pengendara Truk dan Pesepeda

27/11/2018
Untuk mengajarkan keselamatan mengemudi di Inggris, Ford bekerja sama dengan kampanye London Bersepeda untuk ’menukar’ pekerjaan pesepeda dengan pengendara truk.

Pengendara truk yang tergabung dalam Large Goods Vehicles (LGV) merasakan bagaimana mengendarai sepeda dan berbagi kehidupan dengan pengendara sepeda dalam sebagian dari kampanye keselamatan mengemudi dan pengalaman realitas virtual “WheelSwap”.

Layaknya di Indonesia, petugas truk yang tergabung dalam LGV menyebabkan lebih dari 16 persen kematian pengendara sepeda. Meskipun 75 persen dari pengemudi yang mengalami kecelakaan melaju jauh dari daerah pemukiman, namun truk terlibat pada 70 persen kematian pengendara sepeda di London. Ironisnya, akuntansi LGV hanya empat persen dari seluruh pengguna jalan raya di London.

Gambar sopir truk menjadi pengendara sepeda

Pengendara truk diajak bersepeda mengelilingi kota London

Inisiatif WheelSwap oleh Tom Bogdanowicz, Pejabat Senior Kebijakan dan Pengembangan dari London Cycling Campaign (LCC) menukar perspektif tiga pengemudi serta pelatih pengemudi dari tim Operasional Ford Transport.

>>> Mengapa Kita Harus Mengurangi Kecepatan Saat Hujan Baru Turun? Ternyata Ada Alasan Ilmiahnya

"LCC bekerja dengan TfL dan industri untuk membantu desain truk baru dengan lebih sedikit blind spot menjadi norma," kata Ashok Sinha, kepala eksekutif dari London Cycling Campaign (LCC). "Tetapi bahkan kemudian, tetap penting bahwa para pengemudi dan pengendara sepeda motor LGV mengambil langkah-langkah sederhana untuk menempatkan diri mereka di sepatu masing-masing dan membantu menghindari tabrakan.

Gambar truk di jalanan Inggris

Truk menjadi salah satu penyebab kecelakaan pengendara sepeda di Inggris

Di sisi lain, elemen bersepeda fokus pada posisi pengendara sepeda di jalan dan memahami mengapa pengendara sepeda mungkin bergerak ke tengah jalan untuk menghindari lubang atau pengemudi yang sedang membuka pintu mereka.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya di sini

"Memiliki perubahan perspektif tentu saja memberikan wawasan luas," kata Andrew Main, pelatih pengemudi, tim Operasional Ford Transport dan instruktur DVSA. "Pemahaman yang lebih besar tentang alasan di balik tindakan pengendara sepeda sangat membantu pengemudi LGV saat kami memutuskan cara mengatasi situasi tertentu."

Sebagai bagian dari kampanye keselamatan mengemudi, Ford akan membagikan temuan serta mengajarkan hasil temuan tersebut pada sekolah-sekolah. Setelah itu, Ford ingin menggunakan modul “Safer Urban Driving” yang mencakup elemen bersepeda praktis sebagai bagian dari Sertifikat Kompetensi Personal (CPC) dari pengendara mereka.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Ford mengajak pengendara sepeda melihat jalan dari perspektif pengemudi truk

"Berkomitmen dan memahami tindakan pengguna jalan lain sangat penting untuk meningkatkan keselamatan di jalan," kata John Oldham, Manajer Operasi Transportasi Ford Eropa terhadap kampanye keselamatan mengemudi ini. "Aktivitas WheelSwap jelas membantu untuk mencapai itu dan saya pikir kami telah mengambil pelajaran positif darinya."

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Padli Nurdin

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0