Tips Sederhana Agar Tak Salah Menginjak Pedal Gas dan Rem

17/10/2019

Pengemudian

3 menit

Tips Sederhana Agar Tak Salah Menginjak Pedal Gas dan Rem
Meski sudah pakem letak dan posisinya, kesalahan menginjak pedal gas dan rem bisa saja terjadi, khususnya buat pengemudi pemula yang masih butuh jam terbang tinggi untuk menjadi mahir.

Bagi pengemudi pemula gugup adalah hal biasa dan wajar. Meski demikian hal tersebut tidak boleh disepelekan karena berawal dari kegugupan petaka sering terjadi. Pengemudi pemula sering mengalami kecelakaan gara-gara salah menginjak pedal gas dan rem. Maksud hati mau berhenti, yang diinjak malah pedal gas. Akhirnya mobil menyeruduk objek di depan atau terperosok ke parit.

Foto mobil masuk jurang gara-gara pengemudi salah injak pedal

Sebuah mobil sedan masuk jurang sedalam kurang lebih 4 meter, di Kecamatan Panekan Magetan, diduga sopir salah injak pedal saat melewati jalan menurun (PojokPitu)

Nah, bagi Anda yang masih pengemudi pemula ada baiknya perhatikan tips sederhana dari Auto2000 berikut agar tak salah menginjak pedal gas dan rem!

1. Cek posisi pedal gas dan rem

Ketika telah duduk di balik kemudi dan mesin dinyalakan jangan buru-buru masuk ke gigi 1 untuk menjalankan mobil. Tapi cek dulu posisi pedal gas dan rem agar tidak keliru. Injak pedal paling kanan pelan-pelan, jika mesin meraung berarti itu pedal gas. Lalu cek pedal di sebelahnya atau yang tengah, Anda tidak akan mendengar suara mesin meraung sebab itu adalah pedal rem. Ingat selalu, posisi pedal gas di sebelah kanan, pedal rem di sebelah kiri dan bukan sebaliknya. Setelah itu baru masukkan gigi 1 untuk menjalankan kendaraan.

>>> Sudah Benarkah Posisi Kaki Mengemudi Mobil Anda?

2. Atur tempat duduk sesuai kenyamanan

Masih dalam posisi diam, atur tempat duduk yang paling nyaman. Kaki bisa menjangkau pedal dengan mudah tanpa kejauhan dan tangan bisa memegang kemudi dengan nyaman baik saat lurus maupun berbelok. Hal ini penting dilakukan sebab posisi mengemudi yang tidak nyaman mempengaruhi ketepatan menginjak pedal gas dan rem, khususnya buat Anda pengemudi pemula.

Akan lebih enak jika mobil memiliki fitur driver seat adjusment sebab kursi pengemudi bisa diatur maju mundur bisa diturunkan atau ditinggikan sesuai selera. Tapi kalau kursi cuma bisa maju mundur, atur posisinya sampai yang paling nyaman.

Foto pedal mobil manual

Ingat selalu, pedal gas di sebelah kanan pedal rem di sebelah kiri

3. Cek lagi posisi pedal gas dan rem usai mengemudi mundur

Untuk sebagian besar pengemudi pemula, mengemudi mundur bisa mempengaruhi ingatan saat mengemudi maju lagi sehingga sering terjadi kesalahan menginjak pedal gas dan rem. Oleh karena itu bagi Anda yang masih pengemudi pemula sebaiknya cek kembali posisi pedal gas dan rem yang benar usai mengemudi mundur, agar tidak terjadi kesalahan. Ingat kembali posisi pedal gas di sebelah kanan, pedal rem di sebelah kiri, bukan sebaliknya.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Untuk teknik mengemudi yang benar, Anda bisa simak video kursus mengemudi Cintamobil.com di channel Youtube Cintamobil TV, berikut!

>>> Simak juga tips dan trik mobil terbaru lainnya hanya di Cintamobil.com

Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top