Tips Rental Mobil Buat Liburan, Perhatikan 5 Hal Ini

21/12/2019

Pengemudian

5 menit

Tips Rental Mobil Buat Liburan, Perhatikan 5 Hal Ini
Kali ini kami akan membagikan tips rental mobil saat Anda liburan di luar kota. Ini penting untuk menghindari jebakan penyedia jasa sewa mobil yang "nakal".

Musim libur Natal dan Tahun Baru sudah di ujung mata. Anda tentu juga sudah mempersiapkan dan menentukan apa saja kegiatan untuk mengisi libur akhir tahun ini. Dan jika Anda berkeinginan untuk rental mobil selama menikmati masa liburan kali ini, maka sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini.

>>> 5 Pilihan Layanan Sewa Mobil Lepas Kunci di Jakarta

Sewa mobil memang menjadi opsi paling pas ketika Anda liburan di luar kota. Namun tentu saja harus cerdik saat memilah jasa penyewaan mobil yang ada di kota tersebut. Nah kali ini Cintamobil.com akan bagikan tips rental mobil ketika Anda sedang liburan di luar kota.

1. Pilih yang Terpercaya

layanan sewa mobil mewah

Pilihlah jasa penyewaan mobil yang sudah terpercaya

Saat ini banyak sekali penyedia jasa penyewaan mobil atau motor disebuah kota. Khususnya kota-kota yang menjadi destinasi wisata. Namun sebaiknya pilih jasa rental yang sudah terpercaya. Cari informasi terkait penyedia jasa sewa mobil tersebut dari berbagai media. Karena tidak sedikit penyedia sewa mobil yang "nakal".

>>> Promo mobil baru di akhir tahun ada disini

2. Pahami Harga Sewa

Sebelum menentukan mobil apa yang akan Anda sewa, sebaiknya cari terlebih dulu tentang pasaran harga sewa mobil di kota tersebut. Umumnya sewa mobil jenis small MPV mulai dari Rp350.000. Ini untuk menghindari adanya penyedia jasa sewa mobil yang nakal dan memasang tarif terlalu tinggi. Kemudian perlu dipahami juga, apakah harga sewa itu sudah termasuk bahan bakar (BBM) full tank atau tidak, dan adakah biaya tambahan jika menggunakan supir.

3. Waktu Sewa

mobil untuk liburan

Tentukan lamanya sewa mobil tersebut

Langkah selanjutnya tentukan waktu penyewaan mobil tersebut. Apakah akan sewa per jam atau per hari. Karena ada jasa rental mobil yang menyediakan kendaraan untuk disewa per 12 jam dan ada yang hitung per hari. Sebaiknya lakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelum Anda tiba di kota tersebut. Ini untuk menghindari tarif sewa lebih mahal saat musim liburan.

>>> Pilihan mobil bekas untuk liburan akhir tahun ada disini

4. Lepas Kunci atau Tidak

Tips rental mobil yang perlu diperhatikan pula adalah apakah Anda akan pakai sistem lepas kunci atau tidak. Lepas kunci berarti Anda mengemudikan sendiri mobil sewaan tersebut. Namun bisa juga penyewaan berikut supirnya.

5. Cek Kondisi Mobil

mobil-mobil rental

Lakukan pengecekan mobil bersama pihak penyedia jasa sewa sebelum Anda mengendarainya

Meskipun bukan untuk dibeli, namun saat sewa mobil rental sebaiknya lakukan pengecekan menyeluruh pada mobil tersebut. Periksa apakah ada bagian eksterior dan interior yang rusak. Jika ada, informasikan kerusakan tersebut kepada pihak penyedia jasa sewa mobil sebelum Anda mulai berkendara. Jika perlu foto bagian yang rusak, agar ketika mobil dikembalikan Anda tidak dikenai biaya perbaikan akibat kerusakan tadi. Lalu cek juga kondisi mesin, jangan sampai mobil mogok saat sedang Anda sewa.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top