Tips Mudik Nyaman: 10 Barang yang Harus Dibawa Ketika Mudik

25/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Tips Mudik Nyaman: 10 Barang yang Harus Dibawa Ketika Mudik
Musim mudik kembali hadir di Indonesia beberapa waktu lagi. Banyak yang pulang ke kampung halaman beserta keluarga dengan kendaraan pribadi atau sewaan. Untuk kenyamanan perjalanan, barang yang harus dibawa ketika mudik menjadi perhatian tersendiri.

Mudik ke kampung halaman bisa dibilang kegiatan wajib yang dilakukan oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Entah dengan kendaraan roda dua, roda empat, maupun angkutan umum, mudik menyisakan cerita tersendiri. Untuk membuat perjalanan mudik Anda tahun ini menjadi lebih baik, Cintamobil memberikan tips tentang barang yang harus dibawa ketika mudik, diantaranya yaitu:

1. Makanan dan minuman ringan

Gambar yang menunjukan pengemudi pria yang sedang makan ketika mengemudi

Sediakan makanan dan minuman ringan ketika berpergian

Kemacetan ketika berkendara di bulan puasa menjelang lebaran memang seringkali menjadi salah satu hambatan untuk mudik ke kampung halaman. Karena itu, bagi Anda yang ingin mudik ke kampung halaman, siapkan makanan ringan dan minuman yang bisa menjadi teman berbuka ketika Anda terjebak kemacetan ketika mudik.

2. Tisu basah

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang mengambil tisu basah di dalam mobil

Untuk kebersihan, sediakan tisu basah dalam mobil Anda

Bepergian bersama keluarga tentu saja tidak selalu bersih. Untuk itu, adanya tisu basah di dalam mobil bisa menjadi pembersih paling efisien yang bisa Anda temukan. Mudah, murah, dan efisien untuk dibawa kemana-mana.

3. Bantal atau bantal leher

Gambar yang menunjukan bantal leher berwarna cokelat yang ada di kursi pengemudi

Bantal leher menjadi teman untuk perjalanan Anda

Perjalanan panjang menjadi salah satu alasan untuk membawa bantal leher dalam perjalanan mudik Anda. Bantal leher diyakini bisa membuat tidur menjadi lebih nyaman selama perjalanan. Tapi jika mobil masih menyisakan ruang kosong dan tidak terlalu sempit, membawa bantal tidur bisa digunakan di dalam mobil atau ketika Anda tidur ketika beristirahat.

>>> Persiapan sebelum mudik: pastikan mobil diservis jauh hari

4. Selimut

Gambar yang menunjukan seorang manula yang sedang tidur dengan selimut di dalam mobil

Pastikan membawa selimut untuk mengatasi kedinginan dalam perjalanan

AC mobil yang dingin, terlebih ketika berkendara di malam hari sering menyusahkan ketika berkendara, terlebih bagi penumpang yang sudah lanjut usia. Ditambah dengan membuka jendela bukan merupakan solusi yang baik. Karena itu, sediakan selimut untuk membuat Anda lebih nyaman ketika berkendara di malam hari atau disaat hujan datang.

5. Charger mobil

Gambar yang menunjukan smartphone berwarna putih yang sedang melakukan pengisian ulang di mobil

Tidak membawa bisa merusak ketenangan berkendara

Untuk generasi milenial, smartphone menjadi salah satu benda wajib yang harus selalu ada dimanapun berada. Termasuk dalam perjalanan mudik, pastikan Anda membawa charger mobil untuk mencegah terjadinya 'perang' di dalam mobil ketika anak-anak tidak bisa tenang saat smartphone mereka kehabisan baterai.

6. Kotak P3K

Gambar yang menunjukan beberapa bagian obat-obatan dan makanan untuk perjalanan

Untuk berjaga-jaga, bawa selalu kotak P3K di mobil Anda

Untuk berjaga-jaga, membawa obat-obatan merupakan hal wajib yang dibutuhkan ketika berkendara, terutama untuk perjalanan jarak jauh. Plester, obat merah, balsam, obat anti mabuk kendaraan dan minyak kayu putih merupakan beberapa obat-obatan yang penting dibawa selama perjalanan. Ketika berkendara di musim hujan, obat penurun demam dan obat flu bisa bisa menjadi rekomendasi obat-obatan yang perlu dibawa.

7. Ban serep

Gambar yang menunjukan ban serep yang ada di bagian bagasi belakang mobil

Ketika perjalanan jauh, ban serep penting untuk dibawa

Ban serep merupakan barang yang harus ada di dalam mobil ketika Anda melakukan perjalanan jauh. Kondisi jalanan yang tidak selamanya mulus bisa membuat ban mengalami kebocoran di jalan, apalagi ketika Anda berkendara di tempat yang sepi dan jarang dilalui oleh kendaraan. Selain ban, bawa juga peralatan penggantian ban seperti dongkrak dan kunci roda.

>>> Tips mudik dan perjalanan lainnya ada disini

8. Tali derek

Gambar yang menunjukan tali derek ketika satu mobil sedang menarik mobil lain

Tali derek penting ketika mobil mogok

Kita tidak bisa tahu apakah perjalanan mudik akan menjadi perjalanan yang menyenangkan dan bebas hambatan. Untuk itu, selain membawa ban serep, pastikan untuk membawa tali derek. Tali derek bisa berguna ketika mobil yang Anda tumpangi tiba-tiba rusak dan tidak bisa hidup. Adanya tali derek bisa membantu Anda untuk membawa mobil yang mogok.

9. Jas Hujan atau payung

Gambar yang menunjukan dua orang anak yang sedang memakai payung dan jas hujan

Tidak hanya pengendara motor, mudik sebaiknya dilengkapi dengan jas hujan

Tidak hanya pengendara motor yang perlu membawa jas hujan. Pengemudi mobil sebainya juga membawa satu jas hujan atau payung di dalam mobil. Indonesia yang sering diguyur hujan meskipun dalam keadaan cuaca yang panas membuat payung atau jas hujan menjadi barang-barang yang diperlukan di dalam mobil.

10. Kantong plastik

Gambar yang menunjukan seorang wanita yang sedang membawa barang belanjaan dengan kantong plastik

Kantong plastik perlu dipersiapkan untuk mudik Anda

Meskipun terdengar sepele, tapi kantong plastik merupakan benda-benda yang selalu tidak ada ketika dibutuhkan. Selain untuk membuang sampah-sampah yang bertebaran di dalam mobil, kantong plastik menjadi salah satu barang yang harus dibawa ketika mudik karena sangat dibutuhkan saat ada penumpang yang muntah karena mabuk darat.

>>> Tips otomotif lainnya bisa Anda dapatkan disini

Share this post:
 
back to top