Cara Aman Mengemudi Mobil saat Puasa di Bulan Ramadan

15/04/2021

Pengemudian

3 menit

Cara Aman Mengemudi Mobil saat Puasa di Bulan Ramadan
Bagi Anda yang sedang menjalankan ibadah puasa dan tetap beraktivitas. Simak tips di bawah ini agar beraktivitas berkendara dengan mengemudi mobil tetap aman.

Anda yang beragama Islam wajib berpuasa sebagai bagian dari ibadah di bulan Ramadan. Di sisi lain, walaupun dalam situasi pandemi Covid-19 kegiatan harian tidak bisa dikurangi seperti mengemudi mobil yang menuntut konsentrasi tinggi. Lantas, bagaimana cara mengemudi yang aman dan nyaman sambil tetap menjalankan ibadah puasa?

>>> Perhatikan Jam Biologis Jika Harus Tetap Mengemudi saat Puasa

Gambar menunjukan Arogan di jalan

Sabar saat berkendara di tengah ibadah puasa

1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Ketika sahur diutamakan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan protein karena memberikan efek kenyang yang cukup lama dan menyediakan energi yang besar serta tahan lebih lama. Hindari makanan dengan kadar gula tinggi karena lebih cepat diserap tubuh sehingga menurunkan energi di siang hari dan perbanyak minum air putih supaya tidak mudah dehidrasi.

Saat berbuka puasa, Anda harus tetap menjaga pola makan. Minuman dan makanan yang manis lebih dianjurkan agar tubuh kembali bugar. Tapi jangan berlebih karena kekenyangan membuat tubuh terasa tidak nyaman dan mudah mengantuk sehingga berbahaya jika harus mengemudi. Hindari berbuka puasa sembari mengemudi mobil, tapi jika tidak bisa berhenti, makan dan minum secukupnya untuk membatalkan puasa dan kembali fokus mengemudi. Selain itu, Anda juga harus mengatur waktu istirahat dengan baik.

2. Kendalikan Emosi

Umumnya waktu puasa, godaan emosional relatif meningkat lantaran rasa lapar yang menghantui tubuh. Selain itu, emosi yang tinggi juga membuat tubuh lebih cepat membakar kalori sehingga cepat lelah atau lemas. Oleh sebab itu, Anda harus mampu mengendalikan emosi ketika mengemudi. Jangan melanggar aturan lalu lintas karena akan membuat emosi meningkat.

Orang yang emosinya sedang tinggi malah cenderung melakukan kesalahan kecil tapi fatal, seperti menyenggol mobil lain yang tidak terlibat masalah. Dan yang pasti, nilai pahala puasa akan berkurang. Kalau ada pengemudi lain yang memancing amarah, Anda bisa mencoba menarik nafas dan buang perlahan lewat mulut sebanyak 3 kali sampai merasa tenang saat mengemudi mobil di tengah ibadah puasa.

 >>> Fitur-Fitur Head Unit Mobil yang Bisa Anda Tambah Sendiri

Gambar menunjukan Diler Auto2000

Beli mobil Toyota di Auto2000

3. Pelajari Pola Berkendara

Berangkat ke kantor lebih awal jelas menguntungkan karena kondisi tubuh masih fit dan jalan belum macet. Usahakan tidak mengemudi di tengah hari yang sangat panas. Menjelang buka puasa biasanya jalan relatif lebih macet, terutama di daerah yang ada penjual makanan berbuka puasa. Atur waktu dan cari rute yang tidak melalui daerah rawan macet ketika mengemudi mobil di tengah ibadah puasa. Sebagai masukan, golden moment mengemudi di bulan Ramadan adalah sesaat setelah waktu berbuka karena jalan masih cukup sepi.

4. Jaga Kondisi Mobil

Jangan sampai Anda mengalami kesulitan dengan kendaraan Anda saat mengemudi mobil di tengah ibadah berpuasa. Seperti, AC yang tidak dingin atau mesin mengalami masalah teknis. Servis berkala di bengkel memastikan mobil selalu dalam kondisi prima dan terhindar dari potensi masalah yang merepotkan. Biasanya jelang Lebaran beban bengkel akan tinggi, makanya segera booking servis berkala terlebih dahulu. 

>>> Toyota Crown SUV Lakoni Tes di China, Pakai Mesin Hybrid 2.5L

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top