Tips Modifikasi Mobil Brio Agar Tampil Beda di Jalan Raya

06/04/2020

Pengemudian

8 menit

Tips Modifikasi Mobil Brio Agar Tampil Beda di Jalan Raya
Modifikasi mobil Brio sebenarnya bisa menyentuh banyak hal. Namun kalau cukup untuk membuat penampilan mobil berebda saat dipakai sehari-hari, maka berikut tips dari kami.

Honda Brio merupakan city car berukuran kompak kebanggan Honda. Sejak diperkenalkan pertama kali pada Agustus 2012, Brio langsung menjadi mobil terlaris Honda di Indonesia. Karena itulah bila diawal kemunculannya Brio diproduksi di Thailand, langsung kemudian dipindahkan produksinya ke dalam negeri.

Namun saat awal kali masuk Indonesia Brio dibekali mesin 1.3-liter i-VTEC L13A, maka ketika sudah diproduksi di Indonesia mesinnya berubah jadi 1.2-liter i-VTEC L12B. Meski demikian PT Honda Prospect Motor (HPM) menyodorkan pula varian Brio Satya yang masuk dalam program Low Cost Green Car (LCGC) dari pemerintah. Tipe yang ditawarkan yakni tipe A, tipe S, dan tipe E, walaupun kini cuma tinggal Brio Satya tipe S dan tipe E yang dijual.

Selanjutnya di April 2016, HPM kembali menambah varian Honda Brio dengan tipe RS yang menjadi varian dengan aksesoris sporty. Selain itu, pada kesempatan yang sama juga dihadirkan Brio Satya bertransmisi CVT untuk tipe E. Namun kedua tipe baru ini menggunakan mesin yang sama dengan tipe lain. Baru di Agustus 2018 HPM melakukan debut dunia untuk All New Honda Brio. Desain eksteriornya berubah total, serta ada perbedaan cukup siginifikan disisi ruang kabin. Inilah Honda Brio terbaru yang saat ini dijual oleh pihak HPM.

Kini, populasi Honda Brio di Indonesia sudah amat banyak. Ukurannya yang mungil sehingga mudah untuk penggunaan di kota-kota besar dan efisiensi bahan bakar yang baik merupakan karakter yang disukai dari mobil ini. Termasuk pula banyak peminat modifikasi yang memilih Brio sebagai lampiasan hobi mereka. Sehingga ini yang menajdi dasar mengapa kali ini tim Cintamobil.com memberikan beberapa tips untuk modifikasi mobil Brio yang bisa Anda lakukan. Tetapi tipsnya cuma berupa modifikasi yang bisa dipakai sehari-hari, bukan untuk kebutuhan kontes.

1. Eksterior

Supaya mobil Brio Anda tampil beda ketika melintas di jalan raya, maka sisi eksterior merupakan elemen modifikasi wajib yang pertama kali diperhatikan. Setidaknya dalam modifikasi mobil Brio dibagian eksterior, Anda harus mengganti velg, memasang bodykit, dan aplikasi cutting sticker.

a. Velg

velg Honda Brio

Jangan lebih dari 17 inci kalau untuk harian

Demi menjadikan Honda Brio Anda berubah jadi tampil langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengganti velg bawaan dari Honda dengan velg aftermarket atau velg dari mobil lain. Namun Anda perlu memperhatikan spesifikasi velg Honda Brio. Mobil ini menggunakan velg berdiameter 14 dan 15 inci dengan PCD 4 x 100 serta offset 45.

Jadi apabila ingin modifikasi mobil Brio, maka sebaiknya cari velg yang menggunakan PCD sama. Sedangkan besaran diameter velg untuk penggunana sehari-hari disarankan naik maksimal 2 step dari velg standar, yaitu tidak lebih dari 17 inci. Ini demi menjaga kenyamanan serta tanpa melakukan modifikasi lainnya di sektor suspensi. Biaya untuk modifikasi velg ini mulai Rp3 jutaan belum termasuk ban.

>>> Jangan Terburu Nafsu, Berikut Pentingnya Proses Fitting Velg

b. Bodykit

bodykit Honda Brio

Cukup pilih desain yang simple buat pemakaian harian

Pada dasarnya, Honda Brio sudah memiliki desain bodi yang cukup sporty. Tetapi kalau mau modifikasi mobil Brio supaya tampil beda di jalan raya, Anda bisa aplikasikan bodykit. Modelnya tak perlu ribet, cukup yang simple tapi langsung membuat mobil terlihat berbeda. Pilihan model bodykit Honda Brio bisa Anda dapatkan melalui bengkel-bengkel custom bodykit. Atau bisa juga mendapatkan di toko-toko online yang menyediakan bodykit replika Mugen.

Harga bodykit untuk Brio ini dijual mulai dari Rp3 jutaan per set. Paket tersebut meliputi bodykit bemper depan dan bemper belakang, serta sideskirt. Tetapi harga itu belum termasuk pengecatan dan pemasangan.

>>> Menilik Harga Honda Brio Bekas, Pilihan Mobil Kota yang Lincah

c. Cutting Sticker

cutting sticker Honda Brio

Cutting sticker dapat membuat mobil Anda terlihat berbeda

Biar Honda Brio Anda terlihat beda di jalanan, selain bodykit bisa juga memasang cutting sticker. Pilihannya bisa yang berukuran besar, atau cukup pada satu sisi bodi saja. Misalnya dibagian kap mesin, atau pintu-pintu.

Sementara urusan harga, cutting sticker untuk modifikasi mobil Brio amatlah bervariatif. Semua tergantu motif dari sticker tersebut dan juga besar serta variasi warnanya. Untuk yang model stiping di bagian sisi mulai dari pintu depan sampai ke pilar C, biasanya dijual mulai Rp300.000. Namun kalau cuma stiping di kap mesin, harganya bisa di bawah Rp100.000. Menariknya banderol ini sudah termasuk pemasangan dan model sticker bisa sesuai selera Anda.

>>> 3 Masalah Honda Brio yang Sering Ditemui Pemiliknya

2. Interior

Modifikasi mobil Brio juga bukan cuma bagian eksterior. Anda pun dapat menyentuh sektor kabin biar dibuat lebih nyaman selama berada di dalam mobil ini. Tips dari kami adalah dengan mengganti pelapis jok dan menambahkan perangkat audio.

a. Jok

jok Honda Brio

Pemasangan jok seperti ini cuma butuh waktu 2-4 hari

Modifikasi mobil Brio bisa cukup pakai sarung jok atau jok paten. Untuk sarung jok Anda tinggal melapis jok standar dengan bahan baru sehingga jika sudah bosan atau mobil akan dijual lagi, sarung jok dapat dilepas. Sementara kalau jok paten pelapis jok standar dibuka untuk dipasang pelapis jok baru. seringkali jok paten lebih presisi pemasanganya dibanding sekedar sarung jok.

Harga untuk mengganti jok Honda Brio mulai dari Rp1,2 juta untuk yang teknik sarung jok menggunakan bahan kulit sintetis. Untuk yang menggunakan teknik jok paten dengan bahan yang sama, biasanya dikenai biaya Rp2 jutaan. Harga ini bisa lebih mahal kalau mau pakai bahan kulit asli atau model jahitan bahan jok yang Anda inginkan memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi.

>>> Review Honda Brio Satya E 2013: LCGC Lincah untuk Berjiwa Muda

b. Audio

audio Honda Brio

Cukup ganti sepaker dengan sistem 2 way atau 3 way sudah bikin audio di kabin Brio lebih berkualitas

Meksipun masuk dalam segmen LCGC, ternyata Honda Brio termasuk yang tipe Brio Satya, sebenarnya sudah dilengkapi perangkat audio cukup berkualitas. Jadi untuk modifikasi mobil Brio dengan lebih meningkatkan kualitas audio di mobil ini, hanya butuh mengganti sepaker standar.  Pilihannya bisa pasang speaker aftermarket model coaxial atau speaker split dengan sistem 2 way atau 3 way.

Biaya yang harus Anda siapkan untuk modifikasi audio Honda Brio mulai dari Rp1,2 jutaan untuk speaker coaxial dan Rp2 jutaan untuk speaker split. Harga tergantung merek dari produk audio yang Anda pasang. Kalau mau sekaligus pasang basstube atau subwoofer aktif ukuran 5-6 inci untuk kemudian diletakkan di kolong jok depan, maka sediakan dana tambah mulai Rp1,5 jutaan.

>>> Cari mobil Honda Brio? Cintamobil.com punya pilihan terlengkapnya dengan harga termurah

3. Mesin

Sejak pertama kali diperkenalkan, Honda Brio sudah menggunakan mesin dengan power tertinggi dikelasnya. Jadi untuk Anda peminat modifikasi mesin, tidak banyak yang perlu diubah untuk modifikasi mobil Brio. Cukup dengan membuat lancar pasokan udara ke ruang mesin dan juga memperbesar dan melancarkan saluran gas buang.

a. Filter Udara

open filter Honda Brio

Pasang filter aftermarket agar udara yang masuk ke ruang bakar lebih lancar

Memberikan pasokan udara bersih yang cukup banyak ke ruang mesin akan membantu pembakaran mesin jadi lebih sempurna. Maka pilihannya adalah mengganti filter udara standar dengan aftermarket yang tipe replacement atau open filter.

Harganya mulai dari Rp200.000-an untuk yang tipe replacement, dan Rp1 jutaan untuk yang tipe open filter. Harga ini tergantung dari merek filter udara tersebut. Namun untuk pemasangan modifikasi mobil Brio dengan mengganti filter udara ini cukup mudah sehingga Anda bisa kerjakan sendiri di rumah.

>>> Review All New Honda Brio Satya S M/T 2019, Mobil Baru Honda Termurah Di Indonesia, Rp 140 Juta Dapat Apa?

b. Knalpot

knalpot Honda Brio

Pasang knalpot aftermarket dengan racikan tepat dapat dongkrak tenaga Brio

>>> Simaklah tips dan trik mengemudi yang berguna lainnya dengan klik sini

Setelah suplai udara ke mesin lebih baik, maka saluran keluar udara juga harus dibuat lebih longgar. Caranya dengan mengganti sistem gas buang, bisa mulai dari header, resonator, sampai muffler, atau dipilih saja sesuai kebutuhan Anda.

Untuk penggantian satu paket sistem pelepasan gas buang ini dipasaran harganya mulai dari Rp1,5 juta belum termasuk pasang. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk urusan modifikasi knalpot Honda Brio bisa berbeda-beda tergantung bahan yang dipilih. Namun modifikasi mobil Brio dengan mengganti knalpot akan tangsung terasa tenaga mesin lebih responsif, dengan catatan, racikan modifikasinya wajib tepat.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top