Tips Menghitung Harga Asuransi Mobil yang Murah

06/09/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Tips Menghitung Harga Asuransi Mobil yang Murah
Selain mendapat kewajiban untuk diberikan perlindungan atas kerugian yang menimpa kendaraan, setiap pemegang polis asuransi juga diwajibkan membayar premi asuransi.

Ketika membeli asuransi kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil, maka para pemegang polis asuransi wajib membayar premi. Yaitu sejumlah biaya atas layanan perlindungan yang diperikan oleh pihak asuransi. Premi ini ada yang dibayarkan tiap tahun selama kontrak polis asuransi, ad ajuga yang dibayarkan setiap bulan juga selama polis asuransi berlaku.

Harga premi asuransi mobil ini pun berbeda-beda tergantung dari nilai objek yang terkait, serta jenis asuransi yang digunakan. Harga asuransi mobil untuk jenis Comprehensive (All Risk) pasti akan berbeda dibanding harga asuransi jenis Total Loss Only (TLO). Karena itulah kali ini Cintamobil.com akan membahas mengenai harga asuransi mobil sesuai dengan jenis asuransi yang digunakan dan bagaimana cari menghitungnya.

Harga Asuransi Mobil All Risk 2019

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini, jika suransi mobil terbagi atas dua jenis, yaitu Comprehensive (All Risk) dan TLO. Perbedaan jenis asuransi ini terkait pula dengan besarnya premi yang harus dibayar pemegang polis asuransi. Umumnya, premi atau biaya yang dibebankan kepada pemegang polis asuransi jenis All Risk lebih mahal ketimbang TLO. Ini karena jenis perlindungan yang diberikan dari kedua model asuransi itu juga berbeda.

Perjanjian Asuransi Mobil

Harga premi asuransi tertera dengan jelas di keterangan tertulis polis asuransi

Untuk harga asuransi mobil All Risk bisa lebih besar lantaran pihak akan memberikan prlindungan atas semua kerugian yang menimpa kendaraan tersebut. Mulai dari kerusakan ringan seperti baret, penyok, lampu atau kaca pecah, sampai kerusakan berat misalnya jika mobil terlibat dalam kecelakaan parah.

Selain itu, asuransi jenis ini juga akan menanggung kerugian apabila mobil dicuri. Bahkan dengan menggunakan klausul tambahan, pemegang polis asuransi juga akan mendapat proteksi terhadap beberapa kerusakan akibat hal lain, seperti huru hara, kebakaran, atau bencana alam misalnya banjir dan pohon tumbang.

Sementara itu harga asuransi jenis TLO bisa lebih murah karena perlindungan dari pihak asuransi terhadap mobil Anda hanya terbatas. yakni jika kendaraan mengalami kerusakan berat di atas 75 persen dari harga kendaraan tersebut atau kehilangan karena dicuri. Pihak asuransi akan menolak jika Anda pemegang polis asuransi TLO namun mengajukan klaim karena kerusakan ringan.

>>> Klaim Asuransi Ditolak Jika Melanggar Rambu-rambu Lalu Lintas

Menghitung Harga Asuransi Mobil All Risk dan TLO yang Wajib Dibayar

Jenis Asuransi Mobil

Beda jenis asuransi mobil, maka beda pula besarnya biaya premi yang harus dibayar

Jika Anda tengah berniat mengajukan pembelian asuransi mobil, maka jangan lupa tanyakan tentang besarnya premi yang wajib dibayar selama Anda memegang polis asuransi kendaraan tersebut. Dan umumnya premi atau harga untuk asuransi jenis All Risk lebih mahal dua kali lipat dibanding harga asuransi mobil jenis TLO.

Premi asuransi All Risk per tahun sering kali berkisar 3,5 persen dari harga kendaraan yang diasuransikan. Misalnya harga mobil tersebut Rp 200 juta, maka besarnya premi asuransi yang wajib di bayar tiap tahun oleh pemengang polis asuransi yakni antara Rp 6 juta hingga Rp 7 juta. Sistem pembayaran premi ini ada yang per tahun, ada pula yang tiap bulan bersamaan dengan angsuran jika pembelian mobil tersebut dilakukan secara kredit.

Sementara itu harga asuransi mobil jenis TLO sering kali separuh lebih murah dari premi asuransi All Risk. Yakni di kisaran 1,75 persen sampai 2 persen. Jadi kalau harga mobil Anda misalnya Rp 200 juta, maka ketika menggunakan asuransi TLO, premi yang wajib Anda bayar per tahun hanya berkisar Rp 3,5 juta. Tapi perlu diingat, besarnya premi asuransi ini belum termasuk biaya administrasi dan bea materai yang akan dibebankan pula oleh pihak asuransi kepada pemegang polis asuransi.

>>> Baca juga:

Jangan Lupa Biaya Own Risk

Klaim Asuransi Mobil

Setiap mengajukan klaim, biasanya juga akan dikenai biaya tambahan

Saat mempertimbangkan daftar harga asuransi mobil mana yang paling murah menurut Anda dan sesuai dengan keuangan yang ada, jangan lupakan juga keberadaan biaya Own Risk. Yaitu biaya yang tidak ditanggung pihak asuransi yang biasanya menyangkut kelalaian pribadi dari si pemegang polis asuransi.

Biaya Own Risk ini dibebankan bukan hanya untuk pemegang asuransi jenis All Risk tapi juga pemegang asuransi jenis TLO. Namun umumnya, biaya Own Risk dibebankan apabila pemegang polis mengajukan klaim kerugian atas kejadian pada kendaraannya.

Besaran biaya Own Risk ini tergantung dari masing-masing perusahaan asuransi dan nilai dari asuransi kendaraan tersebut. Tetapi umumnya berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 500.000. Barulah nanti sisa biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan kerusakan kendaraan Anda akan ditanggung pihak asuransi.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ketika Waktu Dan Tempat Bukan Lagi Halangan Untuk Beli Asuransi

Transaksi jual beli saat ini semakin mudah dengan banyaknya e-commerce di era digital. Waktu dan tempat pun bukan lagi halangan untuk Anda membeli produk yang diinginkan, termasuk asuransi mobil.

Lihat juga

Hati-hati Memodifikasi Mobil, Asuransi Yang Berlaku Bisa Ditolak Klaimnya

Memodifikasi mobil saat ini masih menjadi tren dan terus berkembang. Banyaknya aksesori mobil pada mobil, apakah asuransi yang berjalan tetap bisa dijamin atau klaim?

Lihat juga

Meski Mobil Sudah di Asuransi, Ada Jenis Risiko Yang Tidak Ditanggung

Ketika mobil sudah dilindungi oleh asuransi, terkadang pemilik lalai terhadap risiko. Padahal ada beberapa jenis risiko yang tidak ditanggung oleh asuransi.

Lihat juga

Bisakah Mobil Offroad Ditanggung Asuransi?

04/02/2019

Jual beli

Bertualang di alam bebas memang menyenangkan dengan melintasi hutan. Terlebih ketika dilakukan dengan mobil offroad. Tetapi bisakah mobil offroad ditanggung asuransi?

Lihat juga

Membeli Mobil Bekas, Bisakah Asuransi Berganti Nama?

02/02/2019

Jual beli

Melindungi mobil dengan asuransi memang menjadi andalan sebagian pemilik mobil. Tapi ketika membeli mobil bekas, iming-iming mobil masih dilindungi asuransi sebenarnya bukan daya tarik. Lantas bisakah asuransi berganti nama?

Lihat juga