Tips Menghindari Bahaya Saat Melakukan Pengereman

18/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Tips Menghindari Bahaya Saat Melakukan Pengereman
Salah satu momen berbahaya dalam perjalanan adalah ketika Anda melakukan pengereman. Ada banyak situasi yang bisa berakibat fatal saat melakukan pengereman. Berikut tips menghindari bahaya ketika pengereman.

Dalam perjalanan situasi berbeda-beda bisa Anda temukan. Seperti ketika musim hujan maka jalanan yang basah dan licin akan dilalui. Atau setelah mencuci mobil maka bagian rem masih basah yang membuat kinerjanya menurun. Bila Anda menemui momen ini, maka berkendaralah dengan lebih berhati-hati.

>>> Baca juga: Jangan Asal Injak, Kenali Teori Pengereman Yang Tepat

Jarak pengereman akan bertambah bila rem basah dan mungkin menyebabkan gaya pengereman kendaraan di salah satu sisi berbeda dengan sisi lainnya. Rem parkir juga tidak bisa menahan kendaraan dengan aman ketika dalam keadaan basah. Jaga jarak dengan mobil di depan dan sekitar adalah hal wajib untuk menghindari bahaya.

Rem basah dan jalanan licin menjadi momen bahaya

Jalanan yang licin dan rem menjadi basah menjadi momen berbahaya

Momen lain yang juga berbahaya saat melakukan pengereman adalah fungsi power brake assist tidak bekerja. Saat momen ini jangan mengikuti kendaraan lain terlalu dekat. Hindari turunan atau belokan tajam yang memerlukan pengereman. Dalam kasus ini, pengereman masih tetap memungkinkan tetapi memerlukan gaya lebih besar dari biasanya. Jarak pengereman pun akan bertambah.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Bila mobil Anda mendadak mati, jangan memompa pedal rem. Ini karena setiap Anda menekan pedal rem, menghabiskan cadangan tenaga bantu pengereman. Adapun sistem rem terdiri dari 2 sistem hidrolik yang bekerja secara individual. Bila salah satu sistem tersebut gagal, maka sistem lainnya masih bisa bekerja. Namun dalam momen ini pedal rem harus diinjak ebih kuat karena jarak pengereman menjadi lebih panjang.

Ketika ban kempis jangan lakukan rem mendadak

Ban kempis bisa berbahaya ketika rem mendadak karena mobil jadi susah dikendalikan

Ketika ban mobil Anda tertusuk paku dan kempis, jangan menginjak pedal rem secara mendadak. Bila ban kempis dan Anda melakukan rem mendadak bisa menyebabkan hilangnya kontrol kendaraan. Akibatnya mobil terpelintir dan menabrak benda sekitar atau mobil di samping.

>>> Dapatkan beragam tips dan trik berguna lainnya hanya di Cintamobil

Share this post:

Berita lain

Ketahui, Pengereman Yang Jitu Tak Hanya Dipengaruhi Skill Pengemudi

06/01/2019

Pengemudian

Selain skill pengemudi, pengereman yang jitu dengan hasil yang maksimal juga dipengaruhi berbagai faktor seperti kondisi jalanan dan fitur keselamatan pada kendaraan.

Lihat juga

Bersama Komunitas Mobil, Daihatsu Jelaskan Tiga Teknik Pengereman Mobil

21/09/2018

Pengemudian

Daihatsu kembali mengajak pengemudi untuk belajar memahami keselamatan berkendara. Bersama dengan komunitas otomotif, Daihatsu menjelaskan tentang teknik pengereman mobil yang baik dan benar.

Lihat juga

Jangan Asal Injak, Kenali Teori Pengereman Yang Tepat

22/09/2018

Pengemudian

Dalam berkendara, peran rem sangat vital untuk keselamatan pengemudi dan penumpang. Ada beberapa teori pengereman yang bisa diaplikasikan selama berkendara. Jadi jangan asal injak, yuk kenali teori pengereman yang tepat.

Lihat juga

Hilangkan Rasa Penasaran Anda, Ini Dia Proses Perekaman Tes Tabrakan IIHS

08/02/2019

Pengemudian

Sebagai salah satu panduan bagi konsumen untuk mengetahui tingkat keselamatan mobil, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) menunjukan apa yang dilakukan ketika mereka merekam video tabrakan dan hantaman pada mobil.

Lihat juga

[INFOGRAFIK] Mercedes-Benz A-Class, Kendaraan Paling Aman 2019 oleh What Car?

29/01/2019

Pasar mobil

Sudah banyak produsen yang menekankan keselamatan tingkat tinggi dalam kendaraan mereka. Dan tahun lalu, Mercedes-Benz A-Class 2019 disebut sebagai mobil teraman 2019 oleh What Car?.

Lihat juga