Tips Menghemat Biaya Makan di Perjalanan

07/05/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Biaya makan salah satu yang harus diperhitungkan saat berkendara jarak jauh. Berikut tips menghemat biaya makan di perjalanan agar tidak terlalu menguras kantong.

Melakukan perjalanan jarak jauh tak cukup dengan menyiapkan kendaraan yang prima dan tubuh yang sehat. Biaya selama di perjalanan juga harus dipersiapkan. Buat beli BBM, e-toll, hingga biaya makan minum. Yang terakhir ini salah satu yang terpenting untuk diperhitungkan. Biaya makan bisa sangat menguras kantong jika tidak dimanajemen dengan baik. Terlebih jika Anda bepergian bersama keluarga, pengeluaran yang satu ini bakal semakin besar.

Tips menghemat biaya makan di perjalanan

Berikut ini beberapa tips menghemat biaya makan di perjalanan yang bisa Anda lakukan.

  • Makan sebelum perjalanan

Foto Makan di rumah bersama keluarga

Selain hemat, makan di rumah meningkatkan keharmonisan

Makan di rumah sebelum perjalanan membuat hati lebih tenang. Di tengah perjalanan Anda tidak kepikiran untuk segera mampir ke restoran atau membeli makanan. Dengan begitu pengeluaran untuk biaya makan bisa diminimalkan. Namun perlu diperhatikan, Anda tidak boleh kekenyangan. Selain memunculkan rasa tidak nyaman, terlalu kenyang membuat mata cepat mengantuk. Makanlah secukupnya dengan makanan yang bergizi dan menyehatkan.

>>> Awas, Ada Bahaya Mengemudi Setelah Makan Besar

  • Membawa bekal makanan dari rumah

Foto nasi bungkus daun dan kertas minyak

Membawa bekal makanan di kendaraan, pastikan dikemas dengan rapi

Cara kedua ini cukup klasik, namun sangat efektif. Dengan membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, Anda bisa menghemat biaya makan di perjalanan dalam jumlah besar. Sebagai gambaran, dengan uang Rp 100 ribu bisa Anda bisa buat menu masakan di rumah yang cukup dimakan sekeluarga seharian. Di perjalanan uang Rp 100 ribu bisa jadi sangat kurang untuk satu kali makan.

Anda bawa bekal dari rumah, setelah tiba waktunya makan Anda bisa mencari pemberhentian yang aman untuk makan bersama dengan keluarga. Bisa di SPBU, di rest area, atau di pelataran masjid sekalian menjalankan ibadah Shalat.

  • Cari tempat makan yang lebih murah

Foto menunjukkan salah satu warteg menunggu pembeli

Harga makanan di warteg lebih terjangkau dibanding restoran mewah

Mungkin Anda tidak membawa bekal dari rumah karena tidak mau repot atau karena alasan lain, Anda bisa berhemat dengan mencari tempat makan yang harganya lebih murah. Alih-alih makan di restoran mewah Anda bisa makan di warteg yang harganya lebih terjangkau.

Atau mungkin Anda merasa harga makanan di rest area jalan tol mahal, Anda bisa cari tempat makan di luar yang lebih murah. Arahkan mobil ke exit tol terdekat lalu cari tempat makan terdekat. Setelah selesai, Anda bisa kembali masuk tol lagi untuk meneruskan perjalanan.

>>> Megahnya Resta Pendopo KM 456, Rest Area Skybridge Pertama di Indonesia

  • Hindari membeli makanan berdasarkan merek

Foto sajian makanan restoran mewah

Makanan mewah harganya pasti mahal

Makanan dengan merek terkenal dan berharga mahal selalu menggoda, bikin penasaran, dan meningkatkan gengsi. By the way, kalau sudah masuk di perut sebenarnya tidak berbeda dengan makanan yang berharga lebih murah. Keduanya sama-sama bikin kenyang.

Buat Anda yang ingin menghemat biaya makan di perjalanan sebaiknya hindari membeli makanan berdasarkan merek atau makanan berharga mahal.

>>> 5 Destinasi Wisata Lokal di Semarang, Cocok Buat Isi Waktu Liburan

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top