Tips Menggunakan Uang Elektronik di Jalan Tol Tanpa Ribet

18/10/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Tips Menggunakan Uang Elektronik di Jalan Tol Tanpa Ribet
Pembayaran tarif tol berlaku secara non tunai di jalan tol seluruh Indonesia. Berikut tips menggunakan uang elektronik saat transaksi di jalan tol tanpa ribet.

Sejak diberlakukan akhir Oktober 2017, transaksi non tunai di jalan tol semakin berkembang. Kini pembayaran tarif menggunakan uang elektronik tersebut diterapkan di jalan tol seluruh Indonesia tanpa kecuali.

Kelebihan transaksi non tunai

Secara sistem pembayaran tersebut memang memiliki banyak keunggulan dibanding pembayaran secara manual jaman dulu. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Transaksi lebih cepat. Cukup dengan menempelkan kartu uang elektronik pada card reader, transaksi selesai. Pengemudi tidak perlu mencari uang pas lalu serah terima dengan petugas tol sebagaimana dulu.
  2. Lalu Lintas lancar. Seiring dengan transaksi yang lebih cepat, lalu lintas pun lebih lancar karena potensi penumpukan kendaraan semakin minim.
  3. Tak ada kembalian jatuh. Tidak ada serah terima uang tunai, maka juga tidak ada uang kembalian yang mungkin jatuh ke aspal.
  4. Akurat. Transaksi non tunai menggunakan sistem komputerisasi. Hasilnya lebih akurat dibanding transaksi manual. Saldo uang elektronik bakal terpotong otomatis sesuai tarif yang ditetapkan, termasuk nominal terkecil.
  5. Meminimalisir peredaran uang palsu. Karena tidak ada uang tunai potensi peredaran uang palsu di jalan tol bisa diminimalisir hingga maksimal.
  6. Social distancing. Di tengah pandemi Covid-19 transaksi non tunai memberi manfaat social distancing. Hal ini karena tidak ada kontak langsung antara pengendara dan petugas jalan tol.

>>> Daftar Tarif Tol se-Indonesia

Foto melakukan pembayaran tarif tol

Dengan transaksi non tunai, pembayaran tarif tol lebih cepat

Tips menggunakan uang elektronik

Meski memiliki banyak kelebihan, transaksi non tunai di jalan tol bisa menjadi masalah bagi pengemudi dalam situasi-situasi tertentu. So, pengendara perlu mempersiapkan diri dari sebelum kendaraan masuk jalan tol.

Berikut tips menggunakan uang elektronik di jalan tol secara mudah, nyaman, dan tanpa ribet.

  1. Pastikan saldo mencukupi. Cek berapa tarif yang harus Anda bayarkan jika lewat tol. Lalu cek jumlah saldo uang elektronik yang masih tersedia. Jika kurang segera isi ulang sampai saldo benar-benar jauh lebih besar dari tarif tol yang harus dibayar.
  2. Beri identitas khusus. Mungkin ada kesamaan antara kartu uang elektronik untuk pembayaran tol dengan kartu-kartu yang lain. Sebaiknya Anda beri identitas khusus agar lebih mudah diketahui, misalnya dengan coretan kecil atau yang lain.
  3. Siapkan di tempat yang mudah dijangkau. Pada mobil-mobil jenis tertentu ada yang dilengkapi card holder untuk menyimpan kartu. Anda bisa simpan kartu tol di sini. Tapi jika tidak, Anda siapkan kartu di tempat yang mudah dijangkau seperti di konsol tengah, laci sebelah kanan kemudi, atau tempat kartu di sun visor. Jangan dimasukkan dompet atau tas, ini justru menghambat perjalanan.
  4. Tempelkan di mesin reader 2-3 detik. Tempelkan kartu di mesin reader sampai portal benar-benar membuka, sekitar 2-3 detik. Jika terjadi gangguan, Anda bisa memanggil petugas jaga untuk meminta bantuan.
  5. Gunakan kartu yang sama saat transaksi di gerbang masuk dan gerbang keluar. Untuk transaksi sistem tertutup, Anda hanya boleh menggunakan satu kartu untuk digunakan di gerbang masuk dan gerbang keluar. Jika tidak, Anda dianggap menerobos dan bakal dikenai denda 2 kali lipat rute terjauh.

Jika semuanya berjalan lancar, Anda hanya butuh waktu berhenti kurang dari 10 detik untuk melakukan pembayaran.

>>> Manfaat Transaksi Non Tunai Jalan Tol di Tengah Pandemi COVID-19

Foto petugas jalan tol menunjukkan Kartu uang elektronik jalan tol

Transaksi di jalan tol seluruhnya non tunai

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Manfaat Transaksi Non Tunai Jalan Tol di Tengah Pandemi COVID-19

27/06/2020

Pengemudian

3 menit

Dulu sebatas mempercepat layanan pembayaran tarif. Tapi sekarang di tengah pandemi COVID-19 transaksi non tunai jalan tol memberi manfaat yang lebih besar.

Lihat juga

Daftar Tarif Tol se-Indonesia

08/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Sebelum melewati tol sebaiknya cari tahu dulu berapa tarif jalan tol yang harus dibayarkan agar bisa mempersiapkan diri. Berikut daftar tarif tol se-Indonesia!

Lihat juga

Waktu Tempuh Lebih Singkat, Ini Total Tarif Tol Surabaya Solo

17/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Jalan Tol Trans Jawa menjadi akses tercepat dari Kota Surabaya Jawa Timur menuju Kota Solo Jawa Tengah. Berikut tarif Tol Surabaya Solo per September 2020!

Lihat juga

Daftar Tarif Tol Trans Jawa 2020 Terbaru

16/09/2020

Pengemudian

6 menit

Tarif Tol Trans Jawa mulai dari Merak hingga Surabaya per September 2020 tembus hingga Rp 727.000. Sementara dari Merak hingga ke Probolinggo Timur tarifnya Rp 805.500.

Lihat juga

Menyalip Aman di Jalan Tol, Perhatikan 5 Hal Berikut

16/03/2019

Pengemudian

4 menit

Tidak mungkin Anda yang mengemudi kendaraan di jalan tol harus selalu di belakang kendaraan lain. Kadang menyalip menjadi 'wajib' sebab kendaraan di depan terlalu lambat. Jika itu yang harus dilakukan, Anda harus tahu bagaimana cara menyalip aman di jalan tol dan apa saja yang harus diperhatikan.

Lihat juga