Tips Menggunakan Aromaterapi untuk Mobil

06/02/2018

Pengemudian
Tips Menggunakan Aromaterapi untuk Mobil
Mengemudi sendirian bisa dibilang pengalaman yang mengasyikan, namun juga bisa membosankan tergantung perjalanan yang akan teman tempuh. Memilih aromaterapi untuk mobil bisa membantu untuk perjalanan jauh.Berhadapan dengan jalanan yang macet, panas, dan kendaraan lain yang menyalip tak karuan, saat inilah aroma terapi menjadi penenang anda.

Minyak esensial yang digunakan dalam aromaterapi dapat memiliki efek fisik dan mental yang luas pada kita. Beberapa aromaterapi dapat menurunkan tingkat stress dan yang lain bisa meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Tentu saja hal ini sangat berguna jika teman berkendara untuk waktu yang jauh sendirian.

1. Bau bisa mempengaruhi suasana hati

Menurut Rachel S. Herz, professor psikologi di Brown University, bau mempengaruhi kita sesuai dengan pengalaman kita. Dengan kata lain, kita mengasosiasikan aroma dengan pengalaman emosional yang kita alami saat pertama kali mengalaminya. Hal ini terjadi karena ada hubungan langsung antara indra penciuman yang mengolah aroma dan amigdala yang berhubungan dengan emosi. Namun, hal ini berbeda ketika aromaterapi digunakan.

Gambar wanita berbaju pink yang sedang menikmati udara dari dalam mobil

Bau mempunyai pengaruh yang besar untuk suasana hati

Para ahli dalam aromaterapi merasa tidak ada hubungan aroma dengan pengalaman dalam aromaterapi. Hal ini dikarenakan ekstrak tumbuhan yang digunakan dalam aroma terapi mengandung zat bioaktif yang mudah menguap yang memiliki aksi fisiologis yang spesifik. Jadi, aromaterapi tidak hanya mempengaruhi kita, namun memberikan hasil yang berbeda bagi setiap orang.

>>> Baca juga Tips paling ampuh untuk menghilangkan mabuk kendaraan

2. Bagaimana cara memilih minyak aromaterapi untuk mobil?

Dalam memilih aromaterapi untuk mobil, teman bisa memilih aroma yang paling disenangi untuk ditaruh di dalam mobil. Namun, tidak semua aroma cocok digunakan di dalam mobil. Teman harus menghindari aroma yang bisa membuat tubuh terlalu rileks atau mengantuk. Misalnya, minyak esensial lavender sangat menenangkan dan mengurangi kecemasan, tapi bisa membuat tubuh menjadi terlalu rileks dan akhirnya mengantuk. Chamonile adalah minyak esensial yang mempunyai efek yang sama dengan lavender.

>>> Baca juga tips dan trik mengemudi lainnya disini

Beberapa bau bisa membuat tubuh menjadi aktif dan akhirnya berlaku ceroboh yang berpotensi menyebabkan kemarahan di jalanan. Eucalyptus sangat hebat dalam membersihkan udara dan menutupi bau busuk. Tapi aroma ini bisa sangat menyengat dan membuat resah.

Gambar yang menunjukan pewangi mobil yang ada di dalam botol tergantung di dashboard

Gunakan aromaterapi di dalam mobil untuk memberikan efek menenangkan

Aroma yang ada di dalam mobil harus membantu pengemudi fokus, mengantisipasi dan mengenali bahaya serta bereaksi dengan cepat, dan menghilangkan kecemasan yang berlebih. Berikut beberapa aroma yang bisa dipilih untuk diletakkan di mobil.

  • Lemon: Memberikan energi dan menyegarkan, serta menurunkan kecemasan dan frustasi. Cocok untuk dipake dalam menghadapi kemacetan lalu lintas
  • Peppermint: Meningkatkan kewaspadaan mental, tapi terlalu kuat untuk anak-anak. Gunakan dengan bijaksana dan hindari menggunakannya ketika membawa anak-anak.
  • Jeruk: Mengangkat mental dan emosional serta energi fisik. Aroma jeruk yang manis bisa membantu mengurangi rasa mual dan mabuk kendaraan.
  • Rosemary: Minyak penguat otak yang bisa membuat pengemudi tetap terjaga dan waspada dalam mengemudi. Bisa meningkatkan fokus dan membantu membuat keputusan secara rasional dengan cepat.
  • Kayu manis: membantu kewaspadaan dan membantu untuk fokus dan konsentrasi. Meningkatkan sirkulasi dengan vasodilatasi, sehingga menghilangkan sakit kepala dan kelelahan ketika mengemudi dalam waktu lama.
  • Kopi: Mempunyai khasiat yang sama dengan meminum kopi, yaitu membantu konsentrasi dan kewaspadaan. Aroma kopi panggang yang meyegarkan bisa menghilangkan rasa lelah.
  • Jahe: Terkenal dengan sifat anti mual sehingga bisa membantu mabuk kendaraan. Namun beberapa orang bisa merasakan tidak enak ketika mencium aroma jahe. Maka dari itu, sandingkan dengan minyak sitrus atau minyak sereh.

Gambar yang memperlihatkan aroma yang keluar pada pewangi di dalam mobil

Beberapa aroma mempunyai efek berbeda bagi masing-masing orang

Memilih aromaterapi untuk mobil tergantung kondisi tubuh dan kesukaan masing-masing. Selain itu, berhati-hati dalam memilih aromaterapi untuk mobil keluarga, dan pastikan semua anggota keluarga menyukai aromaterapi yang ada di dalam mobil.

Anda bisa membuat aromaterapi sendiri untuk mobil dengan melihat video di bawah ini.

 
back to top